Hampir 2 minggu ini, aku sakit tenggorokan, sebuah penyakit 'langganan' yg meski belakangan ini (alhamdulillah) jarang menyerangku, namun begitu menyerang, aku bisa teler dibuatnya.

Ini dimulai sekitar 2 minggu lalu. Seperti biasa, usai gosok gigi, aku teruskan ritual tersebut dg berkumur menggunakan obat kumur. Kali ini obat kumur merk P yg aku pakai, biasanya aku gunakan merk TC (sengaja tidak ditulis lengkap, silakan tebak sendiri ya?).

Nah, setelah 2hari menggunakan obat kumur itu, langit2 mulutku terkikis. Ada beberapa penyebabnya, aku duga. Yg pertama, kondisi tubuhku sedang kurang fit, sehingga langit2 mulut menjadi terkikis. Biasanya sih, yg lalu2 tidak ada masalah. Yg kedua, aku berkumur terlalu lama, sehingga lapisan langit2ku menjadi aus.

Akibatnya jelas, aku mulai kesulitan menelan makanan. Jika aku menelan makanan, langit2 yg terkikis tersebut akan terasa perih karena kurangnya kelenjar ludah serta menipisnya lapisan langit2. Biasanya, jika ada gangguan di tenggorokan, solusinya adalah mengonsumsi makanan/minuman yg bersifat 'mendinginkan' perut dan tenggorokan, seperti jus sirsak, jus belimbing, cingcau hijau. Namun setelah beberapa lama mengonsumsi jus (cingcau hijau agak sulit didapat di Jakarta), ternyata sakit tenggorokan ini masih setia.sedih

Untuk mencegah dari hal2 yg tidak diinginkan, aku kontak saudaraku yg berprofesi sebagai dokter. Dia menyarankan 3 buah obat, yakni Troches, Amoxicillin, dan Asam Mefenamat. Usai minum ketiga jenis obat tersebut, alhamdulillah, lapisan langit2 mulutku sembuh.joget2

Namun, ternyata ada efek sampingnya!halah

Kini kelenjar di tenggorokanku yg radang! Mula2 tidak terlalu terasa, hingga hari Sabtu kemarin, 29 Maret 2008, aku mulai kesulitan untuk makan dan berbicara. Seringkali omonganku menjadi tidak jelas karena rasa sakit yg menyerang tenggorokanku. Untunglah Wify mengerti bahasa2 tarzanku ini, hahahaa..nyengir

Puncaknya, hari Senin pagi, 31 Maret 2008, aku sama sekali terkulai lemas dan tidak bisa bersuara. Ditambah lagi dg badan panas seraya sedikit demi sedikit mengeluarkan keringat dingin.

Akhirnya aku minta ijin kepada bos dan rekan kerja serta client, karena aku tidak bisa ngantor. Usai dipikir2 dan menimbang untung rugi, akhirnya aku dan Wify memutuskan untuk pulang ke Bandung, menemui dokter keluarga, yg sudah tahu dan menangani penyakitku ini.

Walhasil, Senin siang, kami berdua pulang ke Bandung, sorenya aku ke dokter untuk periksa. Dokter keluargaku hanya bisa geleng2 kepala melihat tingkat keparahan sakitku ini. Bagaimana tidak? Tenggorokanku ternyata PENUH DENGAN JAMUR! Ditambah lagi dengan lidah dan bagian dalam mulutku sudah penuh dg SARIAWAN! Tidak heran aku begitu kesulitan untuk makan dan berbicara!sakiiitt...

Sang dokter memberikan obat yg lebih jitu untuk mengatasi penyakitku ini. Mengapa aku bilang lebih jitu? Karena dari 4 jenis obat yg diberikan, hanya 1 obat yg aku kenali sbg obat penyembuh penyakitku selama ini. Obat lainnya aku baru lihat.

Tidak lupa, aku minta surat dokter, karena dengan kondisiku seperti sekarang, jelas aku tidak bisa ngantor untuk beberapa waktu.

Usai minum obat, alhamdulillah, penyakitku berangsur sembuh. Aku sempat batuk beberapa kali dan dari batukku itu keluar benda2 putih seperti nasi. Itulah jamur yg menjadi biang penyakitku! Aku tahu itu jamur, karena saat sakit dahulu, dokter yg sama pernah menceritakan apa yg menyerangku dan bagaimana bentuknya. *sorry ga ada skrinsut, menjijikkan soalnya...*

Mengerikan ya? Jamur bisa sampai bercokol di tenggorokan!!whew!

Tapi ada hikmahnya aku sakit tenggorokan ini. BERAT BADANKU TURUN 5 KG! Kini menjadi 68 kilogram saja! Hahhaha... Perutku yg semula membuncit, kini berangsur normal kembali, dan Wify tidak perlu ngomel2 lagi melihat perutku yg semula nampak buncit.melet

Nampaknya di waktu mendatang aku mesti hindari menggunakan obat kumur. Ataupun jika menggunakan obat kumur, lebih baik yg merk TC serta tidak terlalu lama kumur2nya. Hal lainnya, tetap menjaga kebersihan mulut. Gosok gigi sebelum tidur adalah salah satu langkah pencegahan. Di samping itu, mengurangi makanan dg bumbu yg 'merangsang' merupakan salah satu langkah pencegahan yg terbaik. Minum air hangat merupakan salah satu cara pencegahan penyakit ini muncul (lagi).

Tapi yg paling penting adalah MENJAGA KEBUGARAN/KONDISI TUBUH!

Semoga artikel penyakit tenggorokan ini bisa berguna bagi anda2 semua, terutama agar tercegah dari penyakit yg 'menyebalkan' ini. Kecuali anda ingin cepat turun berat badan, karena dg sakit sekitar 10 hari, anda bisa turun 5 kg, hehehe..