Sudah lebih dari 3 bulan ini, laptopku sudah bersih dari file2 (lagu) mp3 bajakan. Bajakan di sini, mengunduh dari internet, ataupun mengopi dari pihak lain. Sedikit beruntung, kantorku seringkali mendapat kiriman cd2 musik demo, sehingga aku masih sempat mendengar lagu2, meski mungkin sudah out of date.

Ada banyak alasan mengapa akhirnya aku mulai membersihkan laptopku dari file2 lagu mp3 bajakan. Salah satunya usai membaca buku tentang Chrisye, yg bercerita bagaimana totalitas dan upaya Chrisye untuk menjadi seorang legenda musik Indonesia. Di bagian akhir, cerita mengenai Chrisye yg sakit dan mesti dirawat, otomatis butuh biaya besar, membuatku berpikir...bahwa jika karyanya tidak banyak dibajak, mungkin Chrisye bisa lebih mendapatkan perawatan yg lebih baik.

Hal yg sama aku lihat pada Gito Rollies.

Dan sejak saat itu, aku lebih 'berhati-hati' dan membersihkan laptopku dari lagu2 bajakan (file mp3). Jadi, jika anda cek laptopku sekarang, anda tidak akan temukan file2 mp3 berisi lagu.

Sebaliknya, kini aku punya hobi baru, berburu video2 klip di youtube. Nah, untuk yg 1 ini, aku masih bingung...apakah perbuatan 'terlarang' atau tidak ya?xixixi...

Yaa...yg penting sih sekarang, KATAKAN TIDAK PADA MP3 BAJAKAN!!talk to the hand

Satu hal lagi, jika aku membuat mp3 dari cd2 yg diterima kantorku, dan aku nikmati sendiri, apakah termasuk pembajakan?