Saat pulang ke Bandung (untuk nyoblos), aku temukan hal menarik. Sebuah buku saku berisi jadwal perjalanan kereta api. Bentuknya cukup menarik dan dicetak di kertas yg cukup berkualitas, sehingga aku yakin jadwal ini tidak akan mudah rusak.

Hanya saja, usai melihat isinya, aku kok melihat hanya jadwal kereta yg berangkat dari Bandung yg lebih banyak ditampilkan. Kecuali Bandung - Jakarta, tujuan perjalanan kereta api lainnya, jika aku tidak salah, lebih banyak yg berangkat dari Bandung saja.

Bagaimanapun, usaha PT KAI untuk menyebarluaskan informasi jadwal perjalanan kereta api ini, cukup layak diacungi jempol. Di tengah persaingan dengan travel, PT KAI masih berusaha (dan yakin) bahwa dirinya masih bisa mengajak warga negara Indonesia untuk menggunakan jasanya.

Penurunan tarif kereta api dilakukan, terutama di jalur 'gemuk', yakni Bandung - Jakarta. Seperti terlihat di gambar samping kiri ini. Argo Gede, yg semula Rp 75 ribu menjadi Rp 45 ribu. Lalu Parahyangan eksekutif menjadi Rp 35 ribu dari semula Rp 65 ribu. Dan kelas bisnis, dari Rp 45 ribu menjadi Rp 20 ribu. Murah banget kan?mata duitan

Apakah taktik potong tarif ini berhasil? Mari kita tunggu.