Para pengguna internet sekarang barangkali tidak terlalu akrab dengan Netscape, sebuah browser perintis yg dipakai para pengguna internet jadul dan populer di pertengahan tahun 90an. Saat itu Netscape begitu mendominasi sebelum akhirnya Microsoft meluncurkan Internet Explorer, yg 'membunuh' Netscape secara perlahan (tapi pasti).

Aku sendiri sejak awal ber-internet ria, lebih menyukai IE 3.0. Masalahnya sepele saja, IE sudah ada (terinstal) di komputerku. Meski demikian, aku sempat menggunakan Netscape selama beberapa waktu sebelum beralih lagi ke IE.

Jika diingat-ingat lagi, Netscape merupakan sebuah browser yg cukup keren lho, karena aplikasi mail sudah terintegrasi. Namun tampilannya yg terlalu kaku, membuatku malas memakainya.

Nah, dari blog ini serta artikel ini, aku dapatkan berita bahwa Netscape sudah benar2 tamat riwayatnya. Setidaknya, AOL (yg mengambil alih Netscape) sudah tidak berminat lagi mengembangkan Netscape. Terhitung 1 Februari 2008, Netscape secara resmi menghentikan produksi browsernya. Pihak Netscape menyarankan agar para fansnya berpindah (migrasi) ke browser2 lain, selain IE tentunya.

Aku sendiri saat ini menginstal Netscape juga di laptop, selain beberapa browser lain, seperti Firefox, Safari, dan Opera. IE jarang aku gunakan kecuali untuk keperluan kantor. Pokoknya, saat ini aku sudah tidak terlalu percaya dg IE. Gampang error, ga kompatibel, merupakan salah satu penyebab aku tidak menyukai IE.

Anda sendiri menggunakan browser apa?