Tempat sampah seperti di samping kiri ini sudah sering kita temui. Berdasarkan yg aku ketahui dan amati selama ini, tiap bagian tempat sampah mempunyai fungsi seperti yg aku gambarkan. Dengan kata lain, puntung rokok dan konco2nya dibuang di bagian atas, sementara untuk sampah seperti kotak minum, botol air mineral, dibuang di bagian sampingnya.

Seperti judul yg aku tulis, jangan salah menggunakan tempat sampah. Ini didasarkan pada kejadian beberapa waktu lalu.

Pada suatu sore, aku dan Wify mengunjungi sebuah supermarket. Tujuannya bukan belanja, melainkan mengantri di atm, maklum butuh uang buat keperluan yg mendesak.

Nah, pada saat mengantri, mendadak terdengar teriakan,"Kebakaran...kebakaran..." Ketika aku menoleh, terdapat seorang petugas supermarket itu menjinjing tempat sampah seperti foto di atas, sementara dari lubang samping keluar asap dan api kecil.

Bwah....beneran, ada kebakaran, meski kecil sih...melet

Si petugas dg sigap segera membalik tempat sampah dan mengeluarkan isinya. Api masih nampak berkobar sehingga petugas itu mencari air untuk memadamkan api.

Phewww...untunglah api berhasil dipadamkan!

Usut punya usut, ternyata ada orang yg salah membuang puntung rokok. Semestinya dia membuang puntung rokok itu di bagian atas, namun dia malah memasukkan puntung rokok yg masih menyala itu di bagian samping. Sementara di bagian samping itu, sampah kertas (mudah terbakar) sudah menumpuk demikian banyak. Walhasil, membuang puntung rokok yg menyala ke situ, ibarat sengaja cari gara2.melet

Makanya...hati2 membuang sampah! Desain tempat sampah seperti itu sudah diperhitungkan, makanya jangan salah menggunakan tempat sampah!nyengir