Penderitaan yg diderita oleh pengguna jalan, terutama motoris seperti diriku, rupanya masih akan bertambah. Usai kemacetan yg kian merajalela, terutama setelah pemda DKI dan polisi (nampaknya) sudah mulai konsisten menjaga jalur busway bersih dari kendaraan non busway, kini jalanan berlubang ikut menambah kesengsaraan.

Di artikel ini, aku sudah peringatkan bahwa para pengguna jalan, terutama motoris, bahwa di saat musim hujan tiba, jalanan sedikit banyak akan berlubang. Dan ternyata dugaanku ini terbukti!

Banyak jalan di ibukota ini yg 'mendadak' berlubang. Yg lebih parah, jalanan protokol pun tidak luput dari serangan lubang2 ini. Jalan Gatot Subroto, Husni Thamrin, dan Sudirman belakangan ini, jika aku telusuri dan amati, sudah mulai bopeng2 akibat banyak lubang bermunculan di sana sini.sedih

Bahkan, seperti yg aku tulis, di artikel yg sama, lubang di jalanan bisa mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Dan ini ternyata terbukti. Dari hasil googling, aku temukan beberapa berita terkait jatuhnya korban jiwa akibat lubang-lubang di jalan ini.

Oleh karenanya, aku senantiasa berhati-hati jika sudah meluncur di jalan, terutama jika hujan baru saja turun (atau malah saat hujan sedang turun).

Masalahnya, sekarang jalanan berlubang itu aku anggap biasa saja. Penyebabnya, ada jalanan yg lebih membahayakan, yakni jalanan yg miring. Yak...anda tidak salah membaca. Jalanan miring!

Bagaimana bisa?

Jika anda penasaran, coba susuri jalan Mampang dari arah Tendean ke arah Ragunan. Usai perempatan Seven Grain, anda akan mulai bertemu dengan jalanan miring. Jalanan miring ini timbul dengan penyebab yg sama, hujan, namun efeknya lebih membahayakan karena sebagian badan jalan menjadi amblas, sehingga jalan menjadi miring.

Dampaknya jelas, motoris mesti lebih ekstra hati2 jika melintas. Karena salah memposisikan diri, kecelakaan lah yg akan didapat.

Jika lubang di jalanan relatif lebih mudah diperbaiki (ditambal), maka jalanan yg miring akan lebih sulit diperbaiki, karena itu berarti (menurutku) SEMUA badan jalan mesti diperbaiki.

Mari kita tunggu perbaikan dari pemerintah DKI...mudah2an ada ya?xixixi...