Sudah lebih dari 2 minggu ini, aku merasakan kemacetan di Jakarta kian parah. Ya ya ya...Jakarta tanpa macet adalah mimpi di siang bolong, tapi seperti aku tulis di atas, KEMACETAN KIAN PARAH! Tidak hanya di siang hari, bahkan juga di malam hari!stres!

Sebagai contoh, aku alami sendiri perjalanan dari blok S ke rumah, yg biasanya hanya butuh waktu 20 menit, kini meningkat sampai 2x lipat, yakni 40 menit! Padahal aku pulang jam 7 malam, yg biasanya jalanan sudah kosong.

Aku sendiri perhatikan, sekarang waktu kosongnya jalan juga ikut bergeser. Jika biasanya jam 7 malam (usai magrib deh) jalanan di belakang SCBD, Suryo hingga ke Tendean sudah kosong, maka kini jalanan baru mulai terasa lengang setelah pukul 8.30 malam!

Ini berarti pilihan untuk pulang hanya tinggal 2, pulang sebelum jam pulang kantor yg umum (jam 5) atau pulang malam sekalian (lebih dari jam 8 malam). Beuh, pilihan yg sama2 bikin puyeng!

Sementara untuk berangkat kerja, kondisinya jauh lebih buruk. Pasalnya titik2 macet di jl Mampang kian parah. Bahkan aku pernah terjebak macet, hingga diam di tempat selama lebih kurang 15 menit! Saat ini, aku gunakan jalur alternatif, lewat Kemang. Sedikit lebih jauh, tapi kemacetannya lebih berkurang daripada lewat Mampang.

Bagaimana kondisi jalanan di daerah anda? Apakah terasa kian macet atau masih biasa2 saja?