Sudah lebih dari 2 tahun, hampir 3 tahun, aku kecanduan ini. Lumayan juga tingkat kecanduannya, dalam 1 hari aku bisa butuh pelampiasan 2-3 buah untuk mengatasi kecanduanku ini.

Kecanduan yg aku maksud adalah kecanduan nulis!nyengir Seperti yg anda2 ketahui, aku punya 2 blog yg cukup rajin aku isi, yakni side A dan side B (blog lainnya ada juga kok..3-4 blog lain, heheh..). Entah kenapa aku cukup kecanduan ngisi blog, kadang nulis (pemikiranku) sendiri kadang juga copy paste artikel dari email2 yg masuk ke inbox atau inspirasi dari manapun, heheh..

Salah satu efek kecanduan nulis ini, aku 'terpaksa' bergabung ke kampung, sebuah milis ngejunk yg (nyaris) tanpa aturan. Pokoknya posting posting dan posting. Tidak heran akhirnya aku menempati top poster, gara2 keasikan nulis.

Belakangan ini sih sudah berkurang kegiatan ngejunk di situ. Selain karena sibuk dg pekerjaan, sejak pertengahan 2007 lalu aku menerima tawaran untuk bergabung dengan Asia Blogging Network (ABN), sebuah grup blogging (errr..emangnya ada istilah itu ya?) yg dibuat oleh Budi Putra. Kegiatannya jelas, ngeblog en nulis juga, bedanya, kali ini aku dapat bayaran.

Di situ aku diminta menulis di beberapa kategori. Lumayan juga usaha yg mesti aku lakukan. Mencari inspirasi, mengumpulkan referensi2 (jika dibutuhkan), menuliskannya dalam wacana yg layak untuk dibaca dan dimuat, dan akhirnya dimuat.

Dengan kata lain, aku menjadi blogger part time. Di sela2 kesibukan dan kebosanan kerja rutin, ngeblog bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kejenuhan. Dan, alhamdulillah, aku dapat kesempatan ngeblog...dibayar pula.money eyes

Di samping menulis di ABN, aku terkadang diminta menulis juga di beberapa tempat, katakanlah di NetSains. Untuk NetSains, terus terang agak berat juga tugasnya karena aku mesti menulis artikel ttg sains/pengetahuan dg cara yg (lebih) mudah untuk dipahami masyarakat awam. 'Sialnya', hingga hari ini aku belum punya kontribusi yg cukup ok di Netsains, karena keterbatasan waktuku untuk melakukan riset dan mengirim artikel ke Netsains (sorry Mer, hehehe...).

Anda sendiri kecanduan menulis ga? Buatku, menulis, terutama menulis di blog lumayan bermanfaat lah. Setidaknya uneg2 dan buah pikiranku bisa tersalurkan. Masalah ada penghargaan atau rejeki atau duit atau apapun namanya, itu adalah efek samping buatku. Saat ini terus terang, duit bukan tujuan utamaku ngeblog. Tapi jika ada kegiatan ngeblog/nulis yg menghasilkan duit/income tambahan, aku tidak nolak kok, hehehe...

Meski mengalami kejadian 'menyebalkan' seperti ini, toh aku tidak kapok untuk ngeblog (menulis maksudnya). Pokoknya...tetep nulis euy!!