Bagi para pengguna Blogspot (www.blogger.com), mungkin ada di antara anda yang mendapati huruf-huruf di samping ini ketika hendak memuat artikel anda. Banyak di antara anda yang merasa jengkel, terutama jika setelah anda ketikkan huruf-huruf konfirmasi tersebut, si mesin blogspot malah menganggap huruf yang anda ketikkan itu salah.

Kesalahan memasukkan huruf konfirmasi akan membuat si mesin blogspot menampilkan lagi sederetan huruf konfirmasi yang baru dan mesti anda ketik lagi di kotak teks yang tersedia. Semakin sering kesalahan pengetikan huruf konfirmasi yang diketikkan oleh anda, maka si mesin akan terus menampilkan huruf konfirmasi. Walhasil, alih-alih memuat artikel anda di blog, waktu anda akan lebih banyak terbuang untuk mengetikkan huruf konfirmasi.

Lantas, apakah kita mesti menyerah?

Oh, tentu saja tidak. Tentu selalu ada cara untuk menyiasati hal ini. Tapi sebelumnya, kita mesti ketahui mengapa mesin blogspot menampilkan huruf-huruf konfirmasi itu.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, huruf konfirmasi ini muncul karena di satu waktu kita pernah memuat artikel dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu yang relatif singkat. Mesin blogspot menganggap ini sebagai artikel spam (sampah) sehingga dia memasang huruf konfirmasi.

Kembali ke laptop...

Untuk menghilangkan huruf konfirmasi ini, caranya mudah. Di dekat huruf konfirmasi itu ada tautan yang akan menghubungkan anda dengan sebuah halaman. Melalui halaman anda bisa konfirmasi kepada mesin blogspot bahwa artikel-artikel yang anda postingkan BUKAN artikel sampah.

Ikuti saja petunjuk yang tertera di situ (semuanya ditampilkan dalam bahasa Inggris). Di bagian akhir, mesin blospot akan memberitahukan kepada anda bahwa mereka akan meng-cek blog anda dan artikel-artikel yang akan anda muat. Pengalaman saya, hanya butuh 1-2 hari sebelum akhirnya huruf-huruf konfirmasi itu hilang.

Nah, kini anda bisa memuat artikel lagi di blogspot dengan bebas.

Oya, artikel ini pernah dimuat di sini.