Pengalamanku kali ini terkait dengan flash disk yang mendadak korup. Korup di sini maksudnya ada error dalam tampilan dan cara baca flash diskku.

Bingung? Ok...jadi begini, 1-2 hari lalu aku berkunjung ke sebuah warnet langgananku di Bandung. Yap..aku sempat berlibur di Bandung beberapa hari lalu. Tapi bukan itu yang hendak aku bicarakan di sini.

Sebenarnya aku terpaksa ke warnet, karena sebenarnya aku 'pantang' ke warnet, terlebih karena di rumah kontrakanku (di Jakarta) sudah dilengkapi koneksi internet yg bisa dikatakan bisa bersaing dengan warnet-warnet kebanyakan. Tapi karena tuntutan tugas, akhirnya aku menyempatkan ke warnet langganan yg terdekat dg rumah.

Saat aku pasang flash disk, si komputer kaya orang bego. Lama sekali mendeteksi keberadaan flash diskku ini. Dan ketika akhirnya berhasil mendeteksi, hasilnya malah membuatku melotot dan geleng2.no komen

Apa sebab?

Di flash diskku yg berukuran 2 gb, mendadak muncul beberapa file (lebih kurang 5 files) yg ukurannya membuatku geleng2 kepala. Bagaimana tidak, karena jumlah total 5 file itu berukuran 8 (DELAPAN) GIGA!! Dan yg membuatku terbengong-bengong adalah karena file2 itu tampil dengan karakter2 yg tidak dikenali dg baik oleh si windows.halah

Akibatnya jelas, aku tidak bisa mengakses file kerjaanku.

Akhirnya aku batalkan kerjaanku, lalu aku kembali cek flash diskku di laptop. Nah, di laptopku, si file2 keparat ini masih muncul. Dan ternyata membuat flash diskku memang sulit dibaca. Untunglah, aku berhasil memindahkan file2 penting di flash diskku itu.

Dengan berat hati, aku format flash diskku itu. Lalu aku copy ulang file kerja dan kembali ke warnet itu. Terulang lagi kasus yg sama. Aku sempat debat kusir dengan si pemilik warnet, yg tidak terima dg tuduhanku bahwa komputer di warnetnya bervirus. Jelas dia tidak terima, karena dia klaim komputernya dilengkapi deepfreeze, bla bla bla. Lalu dia berargumen, jika itu memang virus, mestinya ada extension (coba lihat kasus virus di sini, di sini, dan di sini).

Balik dia menuduh flash diskku yg bermasalah. Hwalah, aku meradang juga. Aku bantah habis2an bahwa flash diskku tidak mungkin bermasalah, karena baru diformat dan bisa diakses di banyak komputer, dg kata lain, baik2 saja.

Iseng nelpon mas Amal, barangkali bisa kasih solusi. Menurutnya, penyebabnya MUNGKIN karena windowsnya yg bermasalah.

Hmmm...si warnet ini mengklaim memakai windows original yg berlisensi. Tapi, terus terang, aku sendiri kadang ga ngeh dg tampilan si windows di warnet itu. Banyak perbedaan, baik di tampilan maupun di beberapa fungsi. Barangkali modifikasi si pemilik warnet.

Daripada puyeng, aku format lagi dan isi lagi flash diskku dg file2 yg diperlukan. Kali ini aku pergi ke warnet lain, sekitar 100 meter dari warnet 'kampring' ini. Di situ, aku pasang flash diskku, tunggu sebentar agar komputer mengenali flash diskku...dan VOILA...TIDAK ADA FILE2 KAMPRING itu!

Pikiranku langsung teringat dg ucapan mas Amal...nampaknya memang windows di warnet dodol itu 'bermasalah'....dengan GAGAL MENDETEKSI/MEMBACA FLASH DISKKU YG BERUKURAN 2 GIGA!!!

Ya sudah, berarti warnet kampring itu tidak perlu dikunjungi lagi...!! Sayangnya aku tidak sempat mengambil skrinsut dari file2 kampring berukuran melebihi kapasitas flash diskku itu. Darah keburu mencapai otak duluan, karena membuatku delay menyerahkan pekerjaan...!!