Bagi para pemilik gmail (google mail), tentunya akan SANGAT dimanjakan dengan kapasitasnya yg 'gila-gilaan'. Di awal kemunculannya, 2004, Gmail menyediakan kapasitas 1 Giga, sebuah ukuran webmail (gratis) yang sangatlah mencengangkan saat itu. Bagaimana tidak, karena pada saat itu, rata2 para penyedia mail gratis, paling banter memberi paling banyak sekitar 100mb (jika tidak salah, disediakan oleh Yahoo).

Kemudian kapasitas ini kian bertambah, menjadi sekitar 2Gb, usai Yahoo memberikan juga kapasitas 1Gb bagi para usernya. Jika tidak salah, ini sekitar pertengahan 2005. Sejak sekitar 2006, kapasitas gmail terus bertambah dan bertambah.tepuk tangan

Dan kini, awal 2008, aku lihat kapasitas gmail milikku sudah mencapai 6 (ENAM) GIGA!! DAN INI MASIH TERUS BERTAMBAH!!yihaaa...!!

Terus terang, perkembangan pertambahan kapasitas gmail ini membuatku senang dan cemas.

Eh, eh....cemas? Apa ga salah tuh?

Senang sih sudah pasti, karena dengan demikian, aku tidak perlu repot2 lagi dengan kapasitas email akan penuh.

Sementara cemas, karena penambahan kapasitas gmail ini membuatku KIAN TERGANTUNG pada gmail. (hampir) Semua emailku ada di gmail, entah itu email pribadi, pekerjaan, mailing list, bla bla bla.

Yang aku bayangkan, apabila satu saat gmail error, lantas, apa yg akan terjadi?auk ah!

Entah dari siapa atau ada yg kirim, aku lupa, aku dapatkan alamat berikut. Ternyata isinya adalah kisah seseorang (David) yang gmailnya DISABOTASE!!! Bahkan dia klaim bahwa keamanan gmail sangat payah, sehingga accountnya dihacked!halah

SANGAT MENGERIKAN, HUH?!

Dan ini merupakan salah satu bukti nyata akan 'ketakutanku' (kecemasan?) bahwa gmail akan 'berdampak BURUK' terhadap data yang kita miliki!

Bayangkan, seseorang punya niat jahat kepada kita, dan berhasil meng-hack account gmail kita. Lalu, dg 'entengnya' dia mengubah password atau bahkan, seperti yg terjadi pada David. So, data kita gimana donk nasibnya?

Lalu, apa solusinya?

Hmmm...sebenarnya solusinya (menurutku) adalah dg 'menarik' semua email kita di gmail. Tapi, dengan kapasitas 6Gb dan ukuran bandwidth Indonesia (terutama buatku), butuh waktu berapa lama untuk menyedot semua email2ku?

Solusi lain, errr...meng-cc setiap email kita ke alamat email lain yg 'dirasa' lebih aman, seperti Yahoo (eh, aman ga ya?).

btw, hal yg 'paling mengerikan' dari cerita ini adalah adanya blog yg memuat artikel ttg cara meng-hack account gmail orang.

Ah, entahlah, mungkin sering mengubah password (secara berkala) bisa jadi merupakan cara paling ampuh. Setidaknya mempersulit usaha orang2 'iseng' (dan tidak bertanggung jawab) .