6/30/2007

Wify meng-forward sebuah pesan via ym. Pesannya seperti berikut ini:

[Wify]: Maya Reski: Jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok/ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari atm ,maka anda bisa minta pertolongan diam2 dengan memberikan nomor pin secara terbalik ,misal no asli pin anda 1254 input 4521 di atm maka mesin akan mengeluarkan uang anda juga tanda bahaya Ke kantor polisi tanpa diketahui pencuri tsb.Fasilitas ini tersedia di seluruh atm tapi hanya sedikit orang yang tahu tolong kasih tahu info kepada yang lain.

Gwahakakakaka...aku langsung tertawa terbahak-bahak membaca pesan di atas. Jelas2 hoax ke Demak lah pesan2 kaya gini. Aje gile jika atm2 di Indonesia (bahkan dunia?) bisa melakukan hal di atas.

Lah sekarang kalo pin atm-ku 1111 atau 2222, gimana si ATM validasi?? gwakakaka...rolling on the floor

Posted on Saturday, June 30, 2007 by M Fahmi Aulia

5 comments

6/29/2007

Silakan di-unduh beberapa clips film berikut:
- Dead Silence Green
- Nancy Drew
- Rescue Dawn
- Seraphim Falls
- The Reaping
- The Vallet
- 33505300

File hanya ada 10 hari saja...

Posted on Friday, June 29, 2007 by M Fahmi Aulia

1 comment

6/27/2007

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta kian dekat. Pada tanggal 8 Agustus 2007, warga DKI Jakarta yang telah memenuhi syarat dan telah terdaftar akan menentukan pilihannya untuk kelangsungan DKI Jakarta yg (semoga) lebih baik.

Pada artikel yg lalu, aku sempat menulis bahwa menjadi gubernur DKI itu tidak enak, kemudian para balon (bakal calon) gubernur DKI yg naik turun berusaha mencalonkan diri. Jadi, seandainya ada orang yg masih mau mencalonkan dirinya untuk menjadi gubernur DKI, hal yg terlintas dalam pikiranku simpel saja:
1. Punya keyakinan dan tekad kuat untuk mengubah DKI agar lebih baik. Tentu saja calonnya mesti punya latar belakang (track record) yang membuktikan dirinya memang BERSIH serta PUNYA INTEGRITAS *thx buat Dodi untuk koreksinya*.
2. Keinginan untuk berkuasa dan mendapatkan duit selama menjabat. Kalo untuk hal ini...aku sih males komen lah...tau sendiri kan bahwa jabatan gubernur DKI memang punya usaha sampingan yg sedemikian menggoda, sehingga aku sendiri yakin bahwa kecenderungan korupsi yg dilakukan gubernur DKI sangatlah besar. Korupsi yg dilakukan termasuk di antaranya adalah menggunakan fasilitas kantor untuk penggunaan pribadi.

Setelah sekian lama waktu berjalan, diiringi dengan sepak terjang bakal calon gubernur, saling dukung dan saling tinggal serta isu mesti membayar sejumlah uang, akhirnya muncullah 2 nama calon gubernur, yang sudah mendaftar pada beberapa waktu lalu, yakni Adang Daradjatun dan Fauzi Bowo.

AD, aku sempat baca biografinya, adalah seorang MILITER dari Kepolisian. Jabatan terakhirnya adalah Wakapolri, mendampingi Jenderal Sutanto. PADA SAAT AD MEMUTUSKAN MENCALONKAN DIRI MENJADI BAKAL CALON GUBERNUR, DENGAN SERTA MERTA AD MENGUNDURKAN DIRI DARI JABATANNYA DAN BERKONSENTRASI PENUH PADA PENCALONANNYA. Pencalonan AD menjadi bakal calon gubernur DKI hanya didukung oleh partai PKS, yang meyakini bahwa mereka mempunyai koalisi rakyat yang diharapkan mampu mengatasi koalisi jakarta, lawan politik mereka.

Dalam curi kampanye yg dilakukan AD, kalimat "Ayo Benahi Jakarta" menjadi slogan dan jargon yang tertempel dan terpasang di berbagai media, baik spanduk, pamflet, iklan, dan lainnya. Bahkan, terkadang digunakan cara penyampaian yg 'menyentil' lawan mereka...yakni "Jakarta masih banjir, mana ahlinya?" yg sempat terpampang di beberapa media iklan. *belakangan iklan ini tidak aku temukan lagi, nampaknya tim kampanye AD berusaha untuk tampil lebih fair dan tidak perlu bertindak di luar etika. keyakinanku ini karena setahuku tidak ada teguran dari KPUD mengenai iklan ini.*tepuk tangan

Baru saja aku saksikan AD muncul di Metro TV, dalam acara Today's Dialogue. Aku saksikan bagaimana AD menjawab pertanyaan2 dari Najwa Shihab, tidak saja dengan jawaban yg cerdas namun juga dengan ketenangan emosi yang baik. Aku katakan baik karena meski pertanyaan dan celetukan NS terkadang begitu menyentil dan (aku yakin) membuat telinga AD marah, namun AD mampu membuat suasana tetap santai namun jawaban yg diberikan yaaa...lumayan...lumayan standar maksudnya, hehehe..

Ditilik dari jawaban dan program (dasar?) yg ditawarkan AD di acara ini, aku masih menilai jawabannya masih jawaban standar. Dengan kata lain, AD masih 'berkesan' meraba-raba solusi yang bisa dia lakukan untuk memperbaiki kondisi DKI Jakarta.

Namun demikian, ada satu jawaban (cukup penting aku rasa) dari AD yg MENYATAKAN DIA AKAN MELARANG KELUARGANYA UNTUK MEMANFAATKAN JABATAN GUBERNUR jika dia terpilih nanti. AD memberikan contoh pada saat dirinya menjadi Wakapolri, istrinya dilarang berbisnis di lingkungan kepolisian dan/atau memanfaatkan jabatan dirinya.tepuk tangan

Saat jalan2 mencari informasi lebih lanjut tentang AD, aku temukan beberapa tautan menarik:
- website Adang Dani
- Tiga buah artikel di Perspektif.net berisi wawancara dengan AD, yakni "Pertanyaan untuk Adang Daradjatun di Gubernur Kita", "Adang tidak akan menutup tempat hiburan", dan "Adang dan PKS: Cocok Soal Pluralitas Agama di Jakarta?"

Oke...dari AD, kita beralih ke FB.

FB, HINGGA SAAT INI, SETELAH MENDAFTARKAN DIRINYA MENJADI CALON GUBERNUR DKI, MASIH MENJABAT WAKIL GUBERNUR DKI. Padahal jika merujuk aturan yang berlaku, disebutkan
Sementara dengan Putusan Mahkamah Agung Nomor 41 P/HUM/2006 tanggal 21 November 2006, ketentuan Pasal 40 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 menjadi berbunyi: "Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah yang dicalonkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik menjadi calon Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah, wajib mengundurkan diri sejak saat pendaftaran oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik."
Seperti biasa, selalu saja ada cara untuk ngeles dari aturan ini.geleng2 Ok deh...kalo ga mengundurkan diri, yaa...seperti yg tertulis di undang2...MESTI CUTI. Kenyataannya? Sejak pendaftaran calon gubernur tgl 7 Juni 2007 lalu, rasa2nya aku tidak pernah membaca berita FB cuti dari jabatannya tuh...!!siyul2

Jargon "Serahkan Pada Ahlinya" menjadi pilihan FB untuk maju menjadi calon gubernur DKI. Sempat disentil habis2an oleh tim kampanye AD, FB nampaknya tidak peduli dengan sentilan itu. Dalam beberapa kesempatan, aku sempat baca bahwa FB ini mempunyai keahlian dalam mengurus Jakarta. Sederet prestasi FB ditonjolkan. Yang aku herankan adalah...prestasi2 itu sebenarnya milik FB atau Bung Yos? Atau prestasi BY = prestasi FB (atau sebaliknya)? Jika demikian, kesalahan BY = kesalahan FB juga donk?? melet

Aku sendiri BELUM PERNAH melihat FB tampil di sebuah acara (diskusi ataupun talk show), sehingga aku tidak tahu seperti apa sih jawaban yg terlontar dari mulut FB apabila ada pertanyaan yg dilontarkan oleh pembawa acara? Apakah 'bekal' kata ahlinya serta dukungan 25 partai politik sudah dirasa cukup dan membuat FB (terlalu?) percaya diri akan kemenangan sudah di depan mata sehingga dirasa tidak perlu lagi untuk hadir dan menjawab pertanyaan2 (ga penting?) yg dilontarkan oleh pembawa acara (dan terkadang pemirsa)?

Jika memang demikia adanya, berarti PARA PEMILIH DKI JAKARTA AKAN MEMILIH KUCING DALAM KARUNG DONG? Lho, kenapa musti kucing? Kenapa bukan anjing? *tendang yg nanya kaya gini...*

Hasil jalan2 di Perspektif.net, aku temukan juga hal yg menarik, yakni tidak hadirnya FB dalam wawancara di sebuah stasiun TV. Aku menduga kuat bahwa FB tidak cukup pede untuk menjawab apakah dia menggunakan uang pemda untuk dana kampanyenya? Ternyata ketidakhadiran FB di acara tersebut berbuntut panjang, dengan didepaknya Wimar dari stasiun TV tsb.

Aku juga temukan website FB yang dibuat tim suksesnya. Ok...FB tidak mau menghadiri acara apapun, terutama yg terkait dengan diskusi mengenai pemilihan gubernur DKI Jakarta is fine. Itu haknya dia. Tapi, seperti yg aku tulis di atas, para pemilih tentu punya keinginan untuk mengetahui apa sih (kira2) yg akan dilakukan FB jika jadi gubernur. Ok...aksi lebih penting dari sekedar janji2 muluk...tapi setidaknya biarkan masyarakat tahu dan bisa menilai laaahh...masa pemilih mesti membeli FB dalam karung sih?? hehe...

Saat ini, KPUD DKI dianggap melakukan kecurangan, dengan tidak mendata dan mensosialisasikan pemilih. Ini kata tim kampanye AD (tim oranye). Mereka menyatakan bahwa banyak pemilih potensial (dari PKS maksudnya?) yang tidak didata dan mendapatkan haknya untuk memilih dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta. Bahkan dalam sebuah iklan, tim oranye menyatakan bahwa 22% warga DKI tidak terdaftar, sementara itu ada 21% pemilih siluman. (lihat gambar)

Dua hal lagi...pertama, install linux, eh, Prijatno (cawagub pasangan FB) ternyata MASIH AKTIF MENJABAT DI TNI. Halah, ini ga cagub ga cawagub, dua2nya melanggar aturan.d'ohKedua, FB juga curi start kampanye lho...hihihih...

Well...well...aku sendiri tidak mau terlalu banyak berpolemik dalam masalah pemilihan gubernur DKI Jakarta ini. Namun, jika melihat karakteristik masyarakat Jakarta, aku kok lebih sreg jika gubernur DKI HARUS berasal MILITER. Alasannya jelas...orang militer biasanya keras...dan untuk menghadapi masyarakat DKI yg (kebanyakan) bandel2 dan suka nyeleneh...cara TEGAS ALA MILITER (terkadang) MASIH DIBUTUHKAN.

Contoh paling mudah, lihat Bang Yos. Diledek dan dikritisi habis2an pada saat proyek busway dilontarkan di hadapan publik, kini justru BY bisa balik meledek dan mengkritisi orang2 yg dulu menentangnya.

So, AD atau FB nich?? cekikikan

Posted on Wednesday, June 27, 2007 by M Fahmi Aulia

8 comments

Dari referers, aku dapati bahwa banyak yg mencari informasi mengenai penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS) di blog ini. Nah, baru saja aku dapatkan info yg lebih lengkap mengenai penerimaan PNS ini.

Informasinya mungkin sudah agak basi, tapi layak dibaca...Silakan simak berita berikut:

===

Ini kabar yang ditunggu-tunggu para pencari kerja. Kran rekrutmen CPNS 2007 bakal dibuka Agustus mendatang secara serentak. Hal ini ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), Taufik Effendi. ''Penerimaan CPNS 2007, berlangsung Agustus ini,'' tandasnya kepada Komentar sebelum mengikuti raker bersama Komisi II DPR RI, kemarin (29/05).

Rekrutmen ini, kata dia, tidak lagi mengikuti ujian secara nasional, melainkan masing-masing daerah harus proaktif mendaftarkan ke pusat. Soal formasi, Taufik mengatakan, akan sangat tergantung usulan daerah.

Oleh sebab itu, dia mengimbau usulan tersebut harus jelas dan sesuai kebutuhannya. ''Misalnya untuk tenaga juru rawat, berapa orang yang diperlukan dan untuk rumah sakit atau puskesmas mana saja? Hal itu juga disertakan tanda tangan permintaan dari dokternya (rumah sakit atau puskesmas),'' katanya. Pusat sendiri tinggal memberikan apa yang diminta dan dibutuhkan daerah.

"Kita berikan, lalu daerah sendiri yang uji CPNS itu," katanya seraya mengatakan, penerimaan CPNS 2007 yang dimulai bulan Agustus akan diangkat bulan Oktober. "Jadi sekarang prosesnya cepat terutama tenaga pendidik dan kesehatan," kata Taufik.

Menurutnya, saat ini Kementerian PAN dan Departe-men Keuangan sedang menyusun sistem penggajian nasional. Gaji terendah pegawai negeri sipil diupayakan terus naik dari Rp 1.060 juta tahun 2006 menjadi Rp 1,2 juta pada tahun 2007. Pada tahun 2008 gaji terendah pegawai negeri sipil akan dinaikkan lagi namun dia enggan menyebutkan jumlahnya.

Sedangkan bagi tenaga guru honorer, Menpan menjamin rekrutmen tahun 2007 selesai. Sedangkan honorer lainnya diharapkan tahun 2009 rampung. Sedangkan Deputi SDM di BKN, Pepen Effendy menambahkan, pembuatan soal untuk tes CPNS di daerah, melibatkan perguruan tinggi negeri setempat. BKN sendiri, katanya hanya memberikan pedoman.

Sementara bagi daerah pemekaran baru, Effendy menjelaskan, akan tergantung usulan penetapan dari penjabat setempat. "Pemberkasan yang dilakukan BKN tergantung usulan daerah, jika tidak memenuhi syarat, maka tidak dikeluarkan NIP," kuncinya.

GAJI 13
Pemerintah diharapkan me-masukkan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam revisi UU No 43/1999 tentang Kepegawaian. Sebab selama ini gaji ke-13 PNS baru kebijakan ad hoc pemerintah. "Kalau dimasukkan dalam UU kan lebih menjamin kepastian dan kekuatan yang tetap. Karena itu kami harap revisi UU No 43/1999 memasukkan gaji ke-13 dalam struktur gaji PNS," imbuh anggota Komisi II DPR Ferry Mursildan Baldan, saat Rapat Kerja dengan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, di Gedung DPR Jakarta, Selasa, (29/05).

Menurut Ferry, selama ini pemberian gaji ke-13 selalu dikaitkan dalam memperingati hari besar keagamaan. Namun sebaiknya diberikan pada pertengahan tahun, karena lebih bermanfaat untuk biaya anak sekolah. Dikatakan Ferry, saat ini pemerintah tengah merevisi UU pelayanan publik, di mana PNS harus melaksanakan tugas publik, jika tidak masyarakat bisa mengadukan dan PNS tersebut bisa dikenai sanksi.

Namun pemerintah harus konsisten, jika PNS dituntut memenuhi kewajiban maka haknya harus dibenahi. Di tempat yang sama, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Taufik Effendi mengatakan, soal kenaikan atau perubahan gaji PNS masih dibahas dengan DPR. Apakah gaji ke-13 masuk dalam struktur gaji baru PNS juga belum diputuskan.

"Apakah struktur gaji PNS akan berubah pada 2008, saya belum tahu pasti. Karena masih dibahas di DPR," elak Taufik.

SO, BUAT YG INGIN MENJADI PNS, SEGERA PERSIAPKAN DIRI DENGAN SURAT KESEHATAN, SURAT KELAKUAN BAIK...INGAT..INGAT...AGUSTUS 2007 INI SUDAH MULAI PEMBUKAAN LHO...!!

Posted on Wednesday, June 27, 2007 by M Fahmi Aulia

No comments

6/26/2007

Beberapa waktu yang lalu, aku sempat tulis artikel mengenai adanya Yahoo palsu. Tujuan pembuatan website yahoo palsu ini jelas...untuk mendapatkan data dari user ym (alias phishing). Nah, ternyata setelah user Yahoo, kini user Friendster yang 'digarap' untuk diambil datanya.

Silakan bandingkan gambar kiri dan kanan. Tampilanya hampir sama kan? Namun jika diperhatikan dengan lebih teliti, website Friendster yang asli mempunyai ciri khas, yakni menampilkan para pemakainya (yang aku lingkari).

Selain itu, perhatikan alamatnya...!! Alamat Friendster palsu mempunyai alamat http://sandypt.com/assets/cookies.htm?friendster=cookies=232, berbeda jauh dengan aslinya, hanya http://www.friendster.com. Dengan demikian, kecil kemungkinan user Friendster akan salah memasukkan nama websitenya.

So, jika user Friendster lebih teliti, aku yakin mereka akan langsung menutup website Friendster palsu ini...kecuali jika ada yg 'iseng' nyebarin url Friendster palsu ini.

Update:
Prasodjo kembali memberikan sebuah alamat palsu dari Friendster. Untuk alamat palsu ini, pengguna Friendster mesti berhati-hati, karena ada unsur Friendster di alamatnya. Dan 'gilanya', tampilan depannya SANGAT MIRIP dengan Friendster, karena ditampilkan juga beberapa user Friendster. HATI2...HATI2...!!!

Kembali kredit untuk M Prasodjo.

Posted on Tuesday, June 26, 2007 by M Fahmi Aulia

3 comments

Saat aku kecil dulu, aku selalu ingat bahwa bunga selalu identik dengan wangi. Misalnya bunga mawar, bunga melati, bunga kamboja, dan masih banyak bunga lainnya, yg kadang namanya terdengar asing, seperti bunga lavender. Banyak orang 'mendewa-dewakan' wewangian yg dihasilkan oleh bunga2 tersebut. Ini terbukti dengan produk2 minyak wangi, terutama bagi perempuan, wangi2an bunga senantiasa menjadi favorit dan selalu laku dijual.

Dari sekian wangi2an yg dihasilkan bunga2 tersebut, secara umum (yg terjadi di masyarakat) manusia membagi-bagi/mengelompokkannya. Ada yg dikelompokkan bagi para kekasih/yg sedang jatuh cinta. Biasanya wangi2an yg dimasukkan dalam golongan ini adalah wangi mawar. Sementara wangi melati biasanya dianggap sebagai wangi2an yg membawa ketenangan. Meski tidak ada penelitia khusus, aku yakin wangi melati akan lebih banyak dipakai oleh ibu2 yg sudah berumur lebih dari 40 tahun, karena sifatnya yg cukup tenang.

Sementara itu, wangi bunga kamboja sudah pasti diidentikkan dg kematian. Aku sendiri tidak tahu alasan yg pasti, namun karena bunga kamboja lebih banyak ditemukan di pekuburan, barangkali membuat orang mengidentikkan wangi bunga kamboja dg kematian. Namun aku pernah melihat parfum (untuk ibu2) dg wangi kamboja, di sebuah pusat pertokoan yg cukup mewah. Aku curiga, jangan2 suami/laki2 yg membelikan parfum tersebut ingin agar istrinya/pasangannya cepet mati.nyengir

Nah, ternyata tidak semua bunga itu wangi lho...setidaknya menurut manusia.

bunga rafflesia arnoldiibunga bangkaiKita mungkin sudah pernah mendengar bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii. Oya, bangsa Indonesia (baca: mayoritas guru2) seringkali terkecoh antara bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii. Seringkali pukul rata dalam membahas dan menyampaikan informasi ttg bunga2 ini. Padahal, jika diperhatikan, bunga bangkai dan bunga Rafflesia SANGATLAH BERBEDA. Persamaan keduanya hanya 1, yakni SAMA-SAMA BERBAU BUSUK (tidak wangi, kalo menurut hidung manusia). Silakan lihat perbedaan pada gambar di kiri dan kanan ini.

Untuk lebih jelasnya, silakan baca referensi mengenai bunga bangkai (mempunyai istilah 'umum' berupa Amorphophallus). Sementara untuk Rafflesia arnoldii mempunyai padanan kata dalam bahasa Indonesia yg cukup unik, yakni Patma (atau Padma) Raksasa. Dari segi penamaan pun sebenarnya sudah terlihat perbedaannya. Bunga Rafflesia arnoldii diberi nama berdasar penemunya, Gubernur Jendral Sir Stamford Raffles yg berasal dari Inggris.

Jadi, kali lain jangan tertukar dan salah memberikan informasi antara bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii ya?cool

Posted on Tuesday, June 26, 2007 by M Fahmi Aulia

5 comments

Membaca berita di Kompas beberapa hari yg lalu, membuatku tercengang sekaligus kaget bukan kepalang. Bagaimana tidak? KITA KEHILANGAN SEBUAH SATELIT KOMUNIKASI...!! Harganya juga moahall....Rp 7 triliun..!!

Sebuah kecerobohan dari pejabat2 telekomunikasi dan yg terkait lainnya, karena tidak tahu dan cenderung membiarkan si satelit ini mengorbit pada jalur yg salah.

Pantas saja negara ini kok tidak pernah maju2...setiap infra struktur yg dimiliki ternyata tidak pernah diurus...maunya (dan cuma bisa) beli dan membangun saja.geleng2

Posted on Tuesday, June 26, 2007 by M Fahmi Aulia

5 comments

6/24/2007

Minggu siang, aku dan Wify jalan2 ke kalibata mall. Tujuan awalnya sih hanya sekedar jalan2, maklum sudah tanggal tua, aku belum gajian. Tapi ternyata Wify punya kezutan buatku...dia ngajak aku untuk nonton film Indonesia,"Maaf Saya Menghamili Istri Anda". *muah muah buat Wify*muah muah

Aku sendiri sejak awal cukup tertarik dengan film ini, meski sempat curiga bahwa film ini akan mendompleng film Nagabonar Jadi 2, karena memakai setting daerah Batak juga. "Hhmmm...ini kan taktik dagang...karena suku Batak sedang laku, para pembuat film langsung rame2 pasang orang2 Batak sebagai komoditas..",demikian pikirku.

Tapi, ternyata dugaanku agak2 salah. Pemasangan Agus Ringgo (pembawa acara Ringgo Star, yg garing ke demak) serta sedikit ulasan mengenai mode jutek Shanty terhadap Mulan, belum lagi 'kisruh' dan protes orang2 Batak di Jakarta terhadap film ini, membuatku memutuskan menonton film ini.

Sedikit telat nonton, karena ternyata di Kalibata 21 DILARANG SAMA SEKALI MEMBAWA MAKANAN DAN MINUMAN DARI LUAR, akhirnya aku bisa sedikit tenang nonton. Selama kami terlambat, orang2 sudah riuh rendah ketawa2. "Hmmm...nampaknya cukup lucu nih,"batinku.

Lima menit pertama, ternyata film ini cukup lucu. Aku dan Wify bolak balik ketawa melihat adegan si Dibyo (AR) ngebohongi habis2an pedagang kaki lima (pemerannya, yg menjadi suami mpok Hindun). Belum lagi ketika si Dibyo akting dan muncul tokoh Jon (Rizky Mocil?, yg sempat nongol di iklan Fl*xy) membuat perut kami terkocok2, saking lucunya.

Ceritanya rada2 absurd, kalo mengambil istilah Wify, karena beberapa hal:
1. Bagaimana mungkin Mulan, eh, Mira yg kerja kantoran (di bilangan Sudirman pula) bisa menjadi istri dari Lamhot, seorang preman. Kecuali masalah dijodohkan sejak kecil, errr...aku kok melihat kayanya rada2 ndak mungkin lah...di jaman sekarang, ce secantik Mira mau jadi istri preman (Tanah Abang?).siyul2

2. Tidak jelas asal usul si Dibyo, kecuali diceritakan dia tukang bohong, tukang ngutang, bayar kos2an telat, bla bla bla...

3. Kerjaan si Jon, teman kos Dibyo, juga tidak jelas. Mahasiswa bukan, anak SMA jelas kagak mungkin, kerjanya kok sibuk 'fitnes' ga jelas...

Ya ya ya...mungkin mirip seperti di Nagabonar Jadi 2, tidak semua detail perlu dijelaskan. Tapi setidaknya yaa...dikasih 'basa basi' sedikit, biar lebih masuk akal getooo..

Sementara adegan2 yg cukup lucu:
1. Pas si Dibyo ngerokok, api dari koreknya gede banget. Bikin kaget..!!

2. Si Marudut Sitanggang, yg ngaku2 ada hubungan darah dengan Julius Sitanggang.

3. Acara lamaran, ketika si Jon berkata,"HORAS...!" Sumpe deee...ngakak abissszzz..hahaha...

Sayangnya, film ini banyak sekali pengambilan sudut yg, menurutku, tidak pas. Terutama saat pesta di rumah Mira. Ga jelas, mau nge-shoot sapa sih?? Kemudian, yg parah adalah saat Mulan ngobrol dg Agus, usai ketemuan bertiga dg Shanty. Kamera benar2 ga fokus, mau ngambil sapa. Terlalu banyak ruang kosong. *sorry kalo penilaianku salah...tapi ini kan blogku, suka2 aku laaahh menilainya...hihih...*

Keluar dari studio 3, sekitar jam 5 sore kurang, kesimpulan film ini cuma satu... SI DIBYO ITU PEJANTAN YG NAFSU BIRAHINYA GEDE...!!!ngakak guling2

Posted on Sunday, June 24, 2007 by M Fahmi Aulia

10 comments

Hampir setahun yg lalu, aku posting tentang lokasi2 yg rawan ranjau paku. Saat itu, banyak sekali motoris yg mengalami kebocoran ban dan akhirnya diperas oleh para tukang tambal ban yg 'kebetulan' buka usaha di sana. Teman kantorku pernah mengalami juga kejadian ini, dan akhirnya mesti merelakan uang Rp 50 rebu berpindah tangan, karena ban dalamnya ternyata (menurut tukang tambal ban) sudah sedemikian rusak dan banyak bolong2nya.sedih

Karena teman kantorku ini seorang wartawan, dia tidak tinggal diam begitu saja usai menjadi korban 'pemerasan' oleh tukang tambal ban tersebut. Dia segera melakukan investigasi alias penyelidikan. Dengan kata lain, dia langsung menyamar menjadi Tintin.hee hee

Hasil penyelidikan yg dia lakukan ternyata cukup mencengangkan..!!! Dia berkesimpulan: HATI-HATI TERHADAP TUKANG TAMBAL BAN...!!

Apa pasal?

Dari hasil penelusuran yg dilakukan temanku, ternyata banyak tukang tambal ban yg melakukan kecurangan. Praktik kecurangan ini justru dilakukan tepat di depan mata si pemilik motor...dan gilanya praktik ini dilakukan dg tenang.

Praktik kecurangan apa yg dilakukan si tukang tambal ban?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, aku beri petunjuk (clue)...pernahkah anda2 (motoris) memperhatikan tempat air yg digunakan si tukang tambal ban memeriksa kebocoran ban? Jika kita perhatikan, air yg berada di tempat air tersebut berwarna keruh dan kecoklatan. Ah, anda sudah bisa mengerti maksudku kan?

Yappp...si tukang tambal ban melakukan praktik kecurangannya di dalam tempat air tersebut...!!

Menurut temanku itu, di dalam tempat air tersebut, ADA tukang tambal ban yg menyimpan paku (atau peralatan sejenis). Pada saat dia memeriksa bagian ban yg bocor, ada tangannya yg ikut bekerja dg menusuk2an paku tersebut ke ban. Walhasil, bagian ban yg bocor jelas akan bertambah...tidak 1-2, bahkan temanku pernah mengalami...mendapat laporan ada 9 bagian ban yg bocor...padahal, menurut temanku, ban dalamnya tersebut baru...dan kebetulan saja dia apes terkena ranjau paku di daerah Pasar Minggu.

Saat dia dicurangi, dia tidak sadar...bahkan asyik ngobrol dengan si tukang tambal ban tersebut. Wah, gila juga ya...benar2 dicurangi di depan hidung sendiri...dan TIDAK SADAR...!!dzigh Benar2 nekad dan gila perbuatan si tukang tambal ban ini. Nyaris serupa dengan perbuatan tukang parkir tempo hari...mencari jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan, ga peduli dengan halal haram. Benar2 tidak tidak tahu malu dg pengamen...yg meski hasil yg didapat tidak seberapa, tapi berusaha mendapatkan harta yg halal.

Tentu saja TIDAK SEMUA tukang tambal ban berbuat curang seperti yg dialami temanku ini. Tapi tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati.cool

Posted on Sunday, June 24, 2007 by M Fahmi Aulia

5 comments

6/22/2007

Satu lagi, sebuah lagu dari Project Pop yg asyiiiik banget. Membuat badan jadi goyang2 sendiri...mengikuti irama lagunya. Tidak kalah nge-beat dari lagu Kucing Garong, tapi liriknya lebih lucu dari lirik Kucing Garong. Silakan dinikmati lirik Dugem vs Metal ini.

==anak metal beraksi==
Kita anak metal
Kita kalo joged sukanya mental2
Tabrak sana, tabrak sini seperti kuda binal
Kita bisa lincah walaupun cuma pakai sendal
Abis joged pegal2

Kita selalu optimis
Ayo semua ngangguk2
Apa saja kita setuju
Ayo semua ngangguk2

reff 1:
Guk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Guk
Guk, Ngangguk, Ngangguk, kayak ayam lagi ngantuk, tuk
Guk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Guk
Guk, Ngangguk, Ngangguk, kayak orang lagi batuk, tuk tuk

==giliran anak dugem beraksi==
Kita anak dugem, pagi atau malem
Bisa tetep dugem walau badan bau asem
Kita anak dugem tidak macem2
Tetep bisa kalem walau diajak berantem

Kita anak dugem, pagi atau malem
Bisa tetep dugem walau badan bau asem
Kita anak dugem tidak macem2
Tetep bisa kalem lek gelud ora gelem

Kita selalu pesimis
Ayo semua geleng2
Apa saja tidak setuju
Lebih suka geleng2

reff 2:
Leng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng
Leng, Geleng, Geleng, kayak ayam lagi jereng
Leng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng
Leng, Geleng, Geleng, kayak orang di tempeleng

==anak metal==
Bagaimana kalo diadu ’pala siapa yg paling batu
Anak metal gak takut, anak dugem pasti takut
==anak dugem==
Sopo bilang kita takut, ’pala kita memang paling batu
Anak metal ngangguk2, anak dugem ayo geleng2

Ulangi reff1
Ulangi reff2

Guk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Guk
Leng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng
Guk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Ngangguk, Guk
Leng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng, Geleng

Lagunya kok jadi gini?
Ter Muter Muter Muter Muter Muter Muter Ter
Ter Muter Muter Muter Muter Muter Muter Ter
Ter Muter Muter Muter Muter Muter Muter Ter

Aku pusing
Sama...

Posted on Friday, June 22, 2007 by M Fahmi Aulia

1 comment

Sekitar sebulan ini, aku merasa sebal sekali dengan knalpot2 motor. Sebalnya terutama kepada knalpot motor2 yg telah dimodifikasi, diubah sedemikian rupa, sehingga berubah cukup 'jauh' dibanding sebelumnya. Namun kekesalan juga aku tujukan kepada motor2 model 2 tak, yg bisingnya bikin kepala jadi puyeng ga keruan.mencak-mencak

Modifikasi yg dilakukan bermacam-macam, mulai mengganti ujung knalpot saja, atau sebagian (lebih kurang 1/3 ujung knalpot) atau bahkan seluruh knalpot. Sementara motor2 2 tak, rata2 memiliki ujung knalpot yg sedikit berbeda dg motor2 yg 4 tak.

Sebenarnya punya motor 2tak atau modifikasi knalpot itu sah2 saja, toh itu duit2 mereka...namun jika diperhatikan dan mengalami sendiri, ternyata knalpot2 mereka itu justru menyebalkan. Lho, mengapa?
1. Suara menjadi lebih bising.
Suara 'cempreng' yg dihasilkan, seringkali membuat jengkel. Belum lagi jika si motorisnya meng-gas berulang2, seperti yg bisa kita lihat di sebuah iklan oli motor. Benar2 polusi suara yg aku yakin tingkat kebisingannya cukup melewati batas ambang yg diperbolehkan.

Saingan suara knalpot ini adalah suara knalpot bajay. Bener2 ga mau kalah...bikin telinga bisa budek deh.dzigh

2. Asap yg cukup tebal.
Selain menjadi produsen polusi suara, asap dari knalpot modifikasi dan knalpot motor 2tak ini ternyata menjadi produsen polusi udara. Buat anda2 yg bermobil, jelas tidak akan pernah merasakan sesaknya 'menghisap' asap yg dihasilkan.

Coba deh, sekali-sekali pake motor, lalu saat lampu merah berhenti di belakang motor 2tak atau motor dg knalpot modifikasi. Tutup mata...lalu coba tarik nafas dalam2 saat asap buangan knalpot itu menyembur keluar. Dijamin, anda akan terbatuk2.siyul2

Silakan lakukan ini dengan rutin, selama 1-2 bulan...aku yakin paru2 anda akan menjerit2 dah..!!

Sementara untuk asap, saingannya adalah metromini P75, jurusan Blok M - Pasar Minggu. Bener2 serupa tapi tak sama, tingkat kehitaman knalpotnya.

3. 'Ditampar' angin knalpot.
Salah satu knalpot hasil modifikasi ternyata mempunyai kemampuan yg tidak kalah spektakulernya...yakni angin yg keluar dari knalpot bisa 'menampar' anda. Aku sudah berkali-kali merasakan tamparan angin knalpot ini, terutama ketika pulang dari kantor.

Aku sempat perhatikan, knalpot jenis ini, yg bisa menampar, memiliki bentuk dengan diameter yg cukup besar di bagian ujung knalpot (lihat gambar). Dengan knalpot demikian, aku lihat hanya motor 'cowo' yg memasang knalpot tipe ini. Sementara motor bebek, apalagi motor otomatis, tidak ada yg memasangnya. Tamparan akan semakin keras jika ujung knalpot mengarah ke atas, seperti gambar di sebelah kanan.

Aku sendiri sedikit heran, mengapa pemerintah (dan polisi) tidak mengambil tindakan? Saat aku hendak memuat artikel ini, aku sempat melihat sebuah tautan yg menarik saat berkunjung ke blognya Harry Sufehmi. Isi tautan tersebut, polisi CILACAP hendak menertibkan knalpot sepeda motor.

Sejenak aku tidak percaya...OMG, POLISI CILACAP SAJA PUNYA KESADARAN UNTUK MENERTIBKAN KNALPOT SEPEDA MOTOR. MENGAPA POLISI DKI CENDERUNG CUEK?? Ayo donk pak polisi..jangan kalah...!! *komporin aahh...hihihih...*cekikikan

Posted on Friday, June 22, 2007 by M Fahmi Aulia

5 comments

6/21/2007

Spesialis Anak
Dr. Adi Tagor, Sp.A,
RS. Pondok Indah,
Jl. Metro Duta kav. UE, Pondok Indah,
Jakarta Selatan. Tel. (021) 7692252

Dr. FJ Suryapranata, Sp.A,
RS Medistra
Jl. Gatot Subroto Kav.59,
Jakarta Pusat. Tel. (021) 5210200

Dr. Hermansyah Irwan, Sp.A
S.O.S International
Jl. Puri Sakti 10, Cipete, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 7505980

Dr. Igan Pratiwi, Sp.A,
RS Bunda
Jl. Teuku Cik Ditiro 28, Jakarta.
Tel. (021) 322005

Dr. Indra Rumaja, Sp.A
Medialoka
Indorama Building, Jl.H.R Rasuna Said
Blok X 1 Kav. 1-2 Kuningan, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 5261118

Dr. Jimmy Passat, Sp.A
RS Mitra Internasional
Jl. Raya Jatinegara Timur 85-87, Jakarta Timur.
Tel. (021) 2800888

Dr. Lineus Hewis, Sp.A,
The Jakarta Women and Children Clinic
Jl. Prapanca Raya No.32 A,
Jakarta Selatan . Tel. (021) 727 99911

Dr. Mariana Lidwina, Sp.A
Siloam Gleneagles
Jl. Siloam No.6 Lippo Karawaci, Tangerang.
Tel. (021) 546 0055


===

Spesialis Saraf Anak

Dr. Dwi Putro Widodo, Sp.A
RS. Pondok Indah
Jl. Metro Duta kav.UE, Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 769 2252

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A
Specialis Neurologi Anak,
Klinik Anakku
Kelapa Gading Boulevard Blok LA 6 No.34-35,
Jakarta Utara. Tel. (021) 450 2355

Dr. Leonard Napitulu, Sp.A
RSAB Harapan Kita
Jl. Letjen S Parman Kav.87,
Jakarta Barat. Tel. (021) 566 8284

Spesialis Bedah Anak

Dr. Ariono Arianto, Sp.A,
RS Mitra International
Jl. Raya Jatinegara
Timur 85-87, Jakarta Timur. Tel. (021) 280 0888

Prof. Dr. Darmawan Kartono, Sp.A,
RS Pondok Indah
Jl. Metro Duta kav.UE,
Pondok Indah, Jakarta Selatan. Tel. (021) 769 2252

Dr. Qomarudin Bausat, Sp.A
RS Medistra
Jl. Gatot Subroto Kav. 59, Jakarta Pusat.
Tel. (021) 521 0200

Spesialis Jantung Anak

Dr. Sarifprohimi, Sp.A,
RSAB Harapan Kita
Jl. Letjen S PArman Kav. 87, Jakarta Barat.
Tel. (021) 566 8284

Dr. Karmonti, Sp.A,
RSIA Hermina Daan Mogot
Jl. Kintamani Raya No.2 Perum.Daan Mogot Baru,
Jakarta Barat. Tel. (021) 540 8989

Prof. DR. Dr. Sudigdo Sastroasmoro, Sp.A(K),
RS Medistra
Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
Tel. (021) 521 0200

===

Spesialis Gizi

Dr. Aryono Hendarto, Sp.A,
RSIA Hermina Jatinegara
Jl. Jatinegara Barat 126,
Jakarta Timur. Tel. (021) 819 1223

Dr. Lanny Ch. Salim, Sp.GK,
RS Pondok Indah
Jl. Metro Duta Kav.UE,
Pondok Indah, Jakarta Selatan. Tel. (021) 769 2252

Spesialis Kulit dan Kelamin

Dr. Devy Amelia, Sp.K
RS Pondok Indah,
Jl. Metro Duta Kav. UE, Pondok Indah,
Jakarta Selatan. Tel. (021) 769 2252

Dr. Poris Suryadi, Sp.A
RS Medistra
Jl. Gatot Subroto Kav. 59, Jakarta Pusat.
Tel. (021) 521 0200

Spesialis Haematologi
Dr. F.X. Koesrijati, Sp.A
RS Pondok Indah
Jl. Metro Duta Kav.UE, Pondok Indah,
Jakarta Selatan. Tel. (021) 769 2252

Dr. Hermien W. Moeryono, Sp.A
RSAB Harapan Kita
Jl.Letjen S PArman KAv.87,
Jakarta Barat. Tel. (021) 566 8284

Dr. Bulan Ginting Munthe, Sp.A
RSCM
Jl. P Diponegoro 71, Jakarta Pusat.
Tel. (021) 391 8301

Spesialis Kanker Anak

Dr. Djayadiman Gatot, Sp.A(K),
Spesialis Leukimia, RSCM,
Jl. P Diponegoro 71, Jakarta Pusat.
Tel. (021) 391 8301

Dr. Hj.Maria Abdulsalam, Sp.A(K),
Spesialis Kanker Anak, RSCM,
Jl P Diponegoro 71, Jakarta Pusat.
Tel. (021) 391 8301

===

Spesialis Penyakit Tropikal

Dr. Hinky Satari
RS Pondok Indah
Jl. Metro Duta Kav.UE, Pondok Indah,
Jakarta Selatan. Tel. (021) 769 2252

Prof. Sri Rezeki Harun, MD, PhD
RS Medistra
Jl. Gatot Subroto Kav.59,
Jakarta Pusat. Tel. (021) 521 0200

Spesialis Hepatologi, Gastrologi, Endokrinologi

Dr. Hadjat S. Digdowirogo, Sp.A,
RSAB Harapan Kita
Jl.Letjen S Parman Kav.87,
Jakarta Barat. Tel. (021) 566 8284

Dr. Aman Bhakti Pulungan
spesialis endokrinologi RS Pondok Indah
Jl. Metro Duta Kav.UE,
Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 769 2252

Prof. Agus Firmansyah
spesialis gastrohepatology RSCM
Jl. P Diponegoro 71, Jakarta.
Tel. (021) 391 8301

Dr. Aswitha D. Boediarso
Spesialis gastrologi RSIA Jatinegara
Jl. Jatinegara Barat 126,
Jakarta Timur. Tel. (021) 819 1223

Dr. Purnamawati Sujud Pujiarto, SpAK, MMped,
Specialis hepatologi, Cikal Sehat- Sehat,
Jl. Kemang Raya No.70, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 718 1387

===

Klinik Tumbuh Kembang dan Pusat Fisioterapi
Child Growth & Development Center,
Klinik konsultasi dan terapi untuk anak
Praktek pada hari Selasa, Medika Plaza International Clinic
Kartika Chandra Hotel Lt.3.
Jl. Gatot Subroto kav.18-20, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 525 1207

Dr. Soedjatmiko SpA(K), MSi.,
Dokter Tumbuh kembang anak
Cikal Sehat-Sehat
Jl. Kemang Raya No.70, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 718 1387

Indocare
Khusus bagi anak-anak usia 2,5 - 12 tahun yang mengalami gangguan
autisme
Ruko Selatan Timur Blok G-A20,
Jl. Camar Elok 1 Pantai Indah Kapuk
Jakarta Utara. Tel. (021) 588 3072

Kids Autis-JMC
Pusat Terapi untuk anak dengan
Kebutuhan khusus.Konsultasi, JMC Jl. Buncit
Raya No.15, Jakarta Selatan, Tel. (021) 794 0836/7
Dan terapi Jl. Otista Raya No.82, Jakarta Timur.
Tel. (021) 819 8691/93

Kitty Centre
Pusat terapi wicara, okupasi dan fisioterapi, serta sekolah khusus
autisme,
Pertokoan Bona Indah A2/A10, Jl.Karang Tengah Raya, Jakarta Selatan
Tel. (021) 765 5129

Picky Eater Clinic
Klinik yang menangani anak - anak dengan gangguan sulit makan,
seperti kurang berat badan,
tidak mau makan, atau memilih-milih makanan
Jl. Rawasari Selatan No.20, Jakarta Pusat
Tel. (021) 426 4126/700 81995

Posted on Thursday, June 21, 2007 by M Fahmi Aulia

2 comments

6/20/2007

Free Image Hosting at www.ImageShack.usPagi ini baru selesai mengedit dan menampilkan sebuah artikel di blog ini. Ketika aku pindah menu, aku melihat tampilan menjadi berbeda...

YAK...TAMPILAN BLOGGER.COM MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA..!!!tepuk tangan

Free Image Hosting at www.ImageShack.usSejenak aku bingung, kapan aku mengubah settingnya? So, aku segera menuju ke dashboard...dan ternyata memang sudah ada pilihan bahasa Indonesia.

Wah, nampaknya nanti bisa masang google adsense nih...ihihii...

Free Image Hosting at www.ImageShack.usHanya saja, FITUR PENCARIAN ARTIKEL KOK MENGHILANG??arrrgghhh

Posted on Wednesday, June 20, 2007 by M Fahmi Aulia

1 comment

Selama ini, kita sangat akrab dengan ungkapan "Kembali Ke Laptop" yg dipopulerkan oleh Tukul (baca artikelku yg nonton Tukul secara live), kemudian "Ceriwis...Yo Wiss..." yg menjadi trade mark acara Ceriwis (Indra Bekti dan Indi Barens), dan (seperti judul artikel ini) "Mak Nyus..." yg dipopulerkan Bondan pembawa acara Kuliner.

Ternyata ungkapan "Mak Nyuss" ini kali pertama muncul di sebuah buku karangan Umar Kayam, berjudul Mangan Ora Mangan Asal Kumpul. Sebenarnya istilah ini tidak asing di telinga orang Jawa, karena "Mak Nyus" merupakan istilah untuk menggambarkan (mendeskripsikan) sesuatu yg segar. Sedikit berbeda dg aku yg tangkap dari istilah Mak Nyus yg diucapkan Bondan, yg (menurutku) selalu berkonotasi ke arah enaknya(?) makanan (atau bumbu) yg dirasakan.

Mak Nyus...sebagai contoh bisa kita lihat seperti berikut. Suasana sedang panas2nya, kemudian kita minum air dingin. Nah...rasa segar yg kita rasakan bisa 'diganti' dg istilah Mak Nyus.

Sedikit berbeda dg Mak Nyos. Meski hanya berbeda 1 huruf (vokal), namun artinya sangat 'jauh'. Mak Nyos biasa digunakan sebaliknya...menggambarkan sesuatu yg panas. Misalnya besi panas ditempelkan ke kulit. Maka 'suara' yg terdengar saat besi menempel ke kulit, bisa 'digantikan' dg istilah Mak Nyos.

Dari sebuah email yg aku terima, dari seorang Deny, dia menuliskan beberapa Mak-mak yg lain (berikut artinya)
Mak Jegagik .... (menunjukkan keadaan yang tiba-tiba atau mengagetkan) ..... Mak Bress (menunjukkan hujan deras yang tiba-tiba) .... Mak Pliuttt .... (untuk menggambarkan keadaan pohon bambu yang ditarik ujungnya hingga melengkung sekali...) ...... Mak Nginggg...(untuk menunjukkan suatu suara yang tidak keras tapi sangat mengganggu .... misalnya bunyi telepon yang tidak diangkat....maka setelah bunyi "tut-tut ...." maka akan disusul bunyi "Mak Ngingggg....")
Sementara, seorang Edi, menuliskan sebagai berikut
Kalau ada orang membuka kran, dan airnya mengalir lancar, saya akan bilang airnya *mak cur*. Kalau airnya tersendat, dibilang *mak cret*. Tapi, kalau air itu keluar dari pipa yang bocor, *mak crot* lah namanya. Kalau ada sedikit air keluar dari sebuah lubang kecil, disebut *mak crit*. Dan jika Anda kesemprot adonan kue yang agak kental akibat putaran mixer, itu istilahnya *mak jrot*.

Pernah merasakan kepanasan lantas minum es? wahhh rasanya benar-benar *mak nyes*(di beberapa daerah menggunakan istilah mak nyes, tapi yg aku tau banyak memakai mak nyus). Tapi, kalau ada yang mau coba-coba dan berani menempelkan seterika panas ke kulit sendiri, saya berani jamin, rasa panasnya di kulit pasti akan *mak nyos* (sama seperti yg aku tulis kan?? hihihhi..).

Kalau tiba-tiba otak di kepala saya mengingat sesuatu, itu *mak deg* namanya. Namun, rasanya *mak nyut* jika kepala mendadak jadi pusing. Saya akan *mak jegagik*, kaget, jika Anda tiba-tiba *mak bedhengus*, muncul dihadapan saya secara tiba-tiba dan tanpa saya sadari.

Nah, kalau kata-kata baru di atas bisa dimengerti dengan jelas, itu namanya *mak plong* ...............

Oya...tentu saja, istilah Mak ini khusus. Untuk Mak Comblang, tentu maknanya tidak sama dengan Mak-Mak di atas... apalagi Mak Donal...*tengs buat Wify untuk ide Mak-nya...xiixixi...*cekikikan

Posted on Wednesday, June 20, 2007 by M Fahmi Aulia

8 comments

6/19/2007

Bermula dari email yg aku terima seperti berikut, yg mempertanyakan apakah BJ Habibie (Presiden ketiga RI) benar2 pintar atau hanya sekedar membuang negara, terkait dengan pembuatan pesawat terbang N250.

Di bawah email ini, ada jawaban yg menunjukkan bahwa BJ Habibie itu BENAR2 PINTAR..!!

Silakan dibaca...

[email yg mempertanyakan 'kepintaran' BJ Habibie]
From: Muskitawati
Date: Jun 13, 2007 10:17 AM
Subject: [mediacare] Re: Habibie Ingin Desain Ulang Pesawat N-250


= "Paulus Tanuri" wrote:
= Misalkan saja sebagai contoh, dia minta dibelikan baut dari besi
= baja kwalitas nomor satu. Tapi oleh purchasing dibelikan yang
= kwalitas nomor 3. Lalu saat uji terbang, baut itu gak kuat, memuai
= karena kepanasan dan lepas, masuk ke turbin. Lalu kecelakaan. Salah
= habibie kah kalau itu terjadi ?dia ini kan gak bisa ngontrol semua
= sampe ke baut2 nya. nah saya kira hal hal seperti itu yang juga
= harus diperhatikan. Habibienya sendiri secara pribadi saya yakin dia
= hebat. Tapi memang untuk sdm kita yang lain itu yang tidak
= meyakinkan.

Sebagai seorang ilmuwan, terikat dengan etika profesi. Jadi kalo menjadi project officer dari sebuah design, maka tanggung jawab itu berada di tangan project officer bukan di tangan purchasing. Kepala Purchasing diangkat oleh project officer bukan sebaliknya. Setiap project officer medesign apapun juga yang dalam kaitan professinya selalu memiliki prioritas dalam menyusun team-nya. Dimulai dari planning, organizing, staffing.....dlsb.

Kalo Habibie minta baut kualitas nomor satu, meskipun oleh bagian purchasing sudah diberikan baut yang benar2 kelas satu sesuai dengan permintaan, tetap saja Habibie harus melakukan test, karena dalam manufacturing tetap ada fault sekian persen yang besarnya tergantung pabriknya. Makin reliable pabriknya, makin rendah persen fault-nya.

Saya pernah bertemu dengan sarjana2 ITB yang dikirim Habibie ke Amerika untuk memproduksi pesawat N-250 di Amerika agar bisa diluluskan sertifikat izin terbangnya agar pesawat tsb laku dijual. Ternyata meskipun pesawat tsb 100% dibuat oleh Northrop yang merupakan salah satu pabrik pesawat terbang terbesar dan terpercaya di dunia ini, ternyata N-250 itu tetap tak lulus untuk bisa diterbangkan, dalam test-nya dinyatakan gagal. Yang menentukan bukanlah pabrik pembuatnya melainkan designnya memang salah !!!

Design-nya itu merupakan jiplakan yang di-ubah2 disini sana agar se-olah2 merupakan ciptaan Habibie. Sama saja dengan mobil2 buatan Indonesia, meskipun mesinnya 100% buatan jepang, ternyata ditolak untuk masuk ke pasaran Amerika, semua mobil kijang buatan Indonesia tidak lulus masuk jalan raya di Amerika karena tidak stabil designnya mencong kiri kanan.]

Habibie itu linglung tapi berambisi. Dia dihargai di Jerman karena backingnya adalah uang korupsi, dan jabatannya Suharto. Banyak pesawat2 lapuk yang sudah tak laku lagi dijual, ternyata dibeli Habibie dan Suharto sehingga pabrik pesawat tua di Jerman yang sudah bangkrut bisa bangun lagi. Pabrik itu sendiri tidak pernah dapat order dari pemerintah Jerman, tapi banyak ordernya dari Indonesia.

Merekayasa diri jadi ilmuwan di Jerman tidak susah asal ada duit, tidak demikian halnya di Amerika. Kenapa Habibie tidak terkenal di Amerika? Semua orang genius dan berbakat pasti dibeli oleh Amerika. D iseluruh dunia ada employment agencies dari Amerika yang mengawasi orang2 genius, berapapun harganya akan dibeli. Tapi Habibie enggak pernah ditawar, bahkan dihubungi pun belum pernah. Malah sebaliknya, Habibie mondar mandir menghubungi Northrop di Amerika agar bisa kerja sama tapi tanpa hasil.

[email bantahan]
Forwarded message follows
Date sent: Mon, 08 Oct 2001 11:15:40 -0400
From: "Sigit P. Santosa"
To: Priyo Pujiwasono
Copies to: Ismoyo@...
Subject: Re: Habibie

Assalamau'alaikum wr.wb.

Wah....jangan-jangan Priyo ini sudah terkondisikan oleh teman-teman Bappenas yang sangat apatis terhadap kerabat Engineer sendiri. Waktu di MIT dulu, Saya banyak mendapatkan pertanyaan serupa dari teman teman alumni ITB yang bekerja di Bapenas, kemudian sekolah di Boston area mendalami bidang non-teknologi.

Pertama, patent BJH itu tidak di Boeing, tapi di MBB, germany, dan diregister pada EPO (European Patent Office) dalam bidang damage tolerant untuk predicting/scheduling crack propagation di aircraft structure.

Waktu kuliah di MIT dulu, habibie model ini termasuk salah satu yang diajarkan dalam mata kuliah structural longevity & damage tolerant. Hanya ada 3 model untuk crack propagation prediction theory di dunia ini: Francis model, goodman, and habibie model. Ada beberapa paper yang dipublished di international journal. Saya kira ini standard di dunia pendidikan dimana sebelum PhD disertation, Doctoral comittee tidak akan memberikan doctoral defense clearance sebelum studentnya mempublish sejumlah paper di international journal. Jadi Karena BJH lulus Dr. Ing dari Achen, prestigeous univ. in germany, sudah pasti dia publish scientific paper sebelum dia lulus dari sana. Di MIT sendiri kalau belum publish 4-6 paper, studentnya nggak akan dikasih defense. Sayasendiri sebetulnya ada beberapa reference papernya BJH, tapi ada didalam box buku waktu pindah-pindah dari Boston ke Michigan dulu. Nanti deh kalau sempat saya carinya.

Jadi kesimpulannya, actual fact bahwa BJH contribute dibidang fracture mechanics science, tidak cuma di indonesia saja, tapi in the world, itu memang ada, bukan hanya nyanyian BJH sendiri. Waktu itu saya joking ke teman bapenas yang sekolah di North Eastern Univ (NEU), Boston, yang kebetulan istrinya keponakannya ketua bapenas (GK): Ah.., mungkin ini untuk menutupi inferiority complex ketua dan wakil ketua bapenas (rahardi) yang dapat gelar Doctor gratisan dari NEU ....,

Ok.., deh sampai disini dulu.

wassalam,

sigit

============================================

tulisan 2:
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Forwarded message follows
Date sent: Wed, 10 Oct 2001 10:02:45 -0400
From: "Sigit P. Santosa"
To: Priyo Pujiwasono
Copies to: Ismoyo@...
Subject: Re: Habibie

Aww.,

Dibawah ini ada tiga paper beliau yang saya dapatkan dari on-line journal (published after 1970). Ada puluhan paper beliau yang dipublished sebelum 1970. Mudah-mudahan bisa "menyadarkan" rasa ketidak percayaan pada kemampuan bangsa sendiri oleh teman-teman Bapenas. Saya percaya dengan sistem pendidikan Achen, which is very high standard, published paper first, than you do doctoral defense later. Publish paper di international journal tidak mudah, karena harus di refereed oleh paling tidak 5 pakar dalam bidangnya, dan kalau satu saja memberikan comment tidak memberikan significant contribution, biasanya ditolak. Beberapa kali selama di MIT saya berkesempatan ke Germany untuk conference/research, dalam bidang fracture mechanics mereka selalu recognize BJH. Seperti juga yang saya jelaskan di MIT, Habibie Phi factor juga masuk dalam kurikulum pengajaran.

Sayangya, teman-teman bapenas yang dari ITB belajar engineering berubah belajar social science di US, tentu saja mereka tidak mengenal kepakaran BJH dalam engineering, atau tidak percaya pada kemampuan bangsa sendiri.

Wassalam,

Sigit

1. ON THE INTEGRATION OF CRACK PROPAGATION IN ELASTO-PLASTIC MATERIAL UNDER OPERATIONAL LOADS AND PLANE STRESSES, Z Flugwiss, Volume 22,
Issue 4, April 1974,
Pages 120-127
Habibie, Bacharuddin J.
Abstract

2. BEITRAG ZUR THEORETISCHEN BERECHNUNG VON SANDWICHBAUWEISEN MIT TUBUSKERN.
(Contribution to Theroretical Calculation of Sandwich Structures
with a Tube Core), Z Flugwiss, Volume 20, Issue 6, June
1972, Pages 213-220
Habibie, Bacharuddin J. Abstract

3. THERMOELASTIC REDUCTION FACTORS FOR TUBE SECTIONS,, Z Flugwiss,
Volume 18, Issue 7, July 1970, Pages 268-72
HABIBIE BJ
Abstract
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

FYI, kedua tulisan diatas ditulis sigit puji santosa. mendapat gelar master dan doktor dari MIT taun 1997 dan 1999.
beliau tercatat sebagai dosen pn:
http://www.ae.itb.ac.id/indonesia/dosen/sigit_s.php

kawan2 yg belajar retak ato struktur pernah tau ga teorinya habibie itu. saya sih dulu cuma dengar dari mulut ke mulut eh mulut ke telinga, bahwa habibie punya teori yg sakti mandraguna, tapi blm pernah liat apalagi ngerti. saya udah coba cari2 tulisan beliau, cuma blm dapat. kalo kawan2 ada yg punya ato ngerti ttg teori beliau, bagi2 ya...

saya cuma dapat judul disertasinya aja:
http://dispatch.opac.ddb.de/DB=4.1/SET=1/TTL=1/SHW?FRST=2
disertasinya terbit taun 1965, 54 halaman.
kalo anaknya: http://dispatch.opac.ddb.de/DB=4.1/SET=1/TTL=1/SHW?FRST=1

hormat saya,
rhmn

Posted on Tuesday, June 19, 2007 by M Fahmi Aulia

6 comments

6/18/2007

Kejadian ini sudah aku alami beberapa kali. Salah satunya, begini...aku jalan2 dengan Wify ke sebuah pusat perbelanjaan di daerah Kuningan. Kemudian parkir motor, si Red Banzai, di bagian bawah pusat perbelanjaan tersebut. Seingatku, aku parkir jam 2 siang...lalu pulang jam 4an, setelah sholat Ashar dulu di situ.

Nah, yg jadi permasalahan, ketika bayar parkir, saat si petugas mengetikkan no plat, TIDAK ADA ANGKA (nominal yg mesti aku bayar) yg muncul di layar. Lalu si petugas dg enaknya bilang Rp 3000. Seraya terheran-heran dengan nominal yg diucapkan si petugas, saat itu aku bayar begitu saja. Keherananku bertambah, saat aku pergi ternyata aku tidak diberi tiket bayar parkir yg biasanya diberikan.

Ternyata kasus ini terulang lagi, di pusat perbelanjaan di daerah Bunderan Semanggi. Nominal yg mesti aku bayar, jika aku hitung, ternyata tidak sesuai dengan itung2anku.

Seingatku, 1 jam pertama parkir, untuk motor adalah Rp 1000, dan tiap jam berikutnya bayar segitu juga (Rp 1000). Biasanya pihak pengelola parkir menerapkan Rp 1000 per 2 jam parkir (ini di Bandung). Dengan itungan seperti itu, seharusnya aku cukup membayar Rp 2000 untuk 2 jam parkir. Lah ini kok disuruh mbayar Rp 3000 ya? Yang serebu 'hilang' kemana ya??

Ah, nampaknya kejujuran tukang parkir yg bekerja di pengelola parkir (yg katanya ternama) mulai diragukan. Apakah mereka tidak bisa mencari uang dg cara yg lebih halal? Apakah mereka tidak malu dg pengamen yg berusaha uang yg mereka terima adalah uang yg halal dengan mengharap pemberinya memberi dg hati yg ikhlas?ndak tau

Posted on Monday, June 18, 2007 by M Fahmi Aulia

3 comments