Semua ini berawal dari sms yang masuk ke inboxku. Isi sms bisa dibaca di sebelah kiri. Intinya, operator seluler, XL, berniat menghentikan salah satu layanan mereka, yakni paket extra bebas, sejak 18 Januari 2008 mendatang.

Keruan saja pemberitahuan ini membuatku kebakaran jenggot kesal setengah mati buanget...!!arrrgg! Bagaimana tidak kesal, karena jika layanan ini dihentikan, otomatis aku mesti membayar (lagi) jika hendak mengirim sms ke orang2 yang sama2 menggunakan nomor XL. DAN INI JELAS MENYEBALKAN!!!dzigh

Aku sendiri sudah menggunakan layanan extra bebas ini sejak tahun 2004. Sedikit lupa kapan mulai memakai, tapi seingatku tidak lama setelah XL meluncurkan paket ini, aku segera mulai menggunakannya. Bukan apa2, keuntungan yg ditawarkan benar2 menggiurkan! Bagaimana tidak, dg paket extra bebas ini, aku mendapat jatah 100 sms/hari, GRATIS, untuk dikirim ke sesama pemakai nomor XL! Dan ini jelas menguntungkan, terutama untuk side A, hehehe...

Bisa dibayangkan, berapa duit yg mesti aku keluarkan jika layanan ini dihentikan? Setidaknya sekali dalam 1 minggu, aku 'nyepam' ke sekitar 50 pemakai XL. Berarti sebulan 200 sms aku kirim ke mereka. Itu berarti 200 * Rp 350 = Rp 70ribu yg mesti keluar dari kocek. Belum lagi sms2 'gendeng' yg aku kirim.

Wah wah wah...XL rupanya hendak menghentikan aktivitas 'ngejunk'ku via sms ya???geleng2 kepala

Semula, sebagai seorang pengguna, aku hendak 'pasrah' saja. Lha wong bagaimana lagi? Posisi customer di Indonesia kan emang payaaaaah banged...jika tidak dikatakan super apes! Cuma bisa manggut dan nurut saja terhadap 'kegilaan' para operator.

Hingga satu waktu, seorang temanku mengirim sms seperti berikut (lihat gambar sebelah). Isinya, mengajak semua pengguna paket extra bebas XL untuk 'nyepam' dan 'ngejunk' di 818, dengan mengirim sms berisi PERNYATAAN MENOLAK PENGHENTIAN PAKET EXTRA BEBAS.

Meski pesimis, aku kirim sms ini, dg meng-forward sms ini ke no 818, selain tentunya kepada 'korban2'ku yg aku sepam tiap minggu. Toh, tidak ada salahnya mencoba, sapa tau berhasil? Salah seorang teman sempat pesimis juga, dg mengatakan apakah tindakan ini bukan hoax semata?? Aku sendiri hanya cengengesan.

Eh, tak dinyana, datang sms dari XL, yg menyatakan bahwa MEREKA MEMBATALKAN KEPUTUSAN MENGHENTIKAN PAKET BEBAS, KARENA PELANGGAN MENOLAK KEPUTUSAN MEREKA!!!

YEEEEEEEEEEESSSSSSSSSSSS....!!!


Wah, salut kepada XL!! Anda benar2 layak menjadi operator yang mau mendengarkan aspirasi pelanggannya! Semoga kian banyak orang yg mau menjadi pelanggan XL!!

PELANGGAN BERSATU, OPERATOR MENGALAH!!