Halah, judulnya gaya banget ya...MEMBEDAH...kesannya aku sudah jadi pakar. Tapi sebenarnya bukan karena aku berlagak jadi pakar atau ingin disebut pakar, namun masalahnya adalah karena aku ingin berbagi pengalaman menggunakan fasilitas kamus online.

Aku mulai dengan mengetikkan kata KAMUS di google.co.id (merefer ke co.id berhubung sudah default dari browserku, jadi aku terima sahaja deh..). Hasil pencarian bisa dilihat di sebelah kiri.

Dari sekian banyak hasil, aku ambil 8 website yang menurutku cukup layak disebut kamus.
1. Kamus.net
2. Sederet.com
3. Kamus.ugm.ac.id
4. Kamus.itb.ac.id
5. Inbahasa.com
6. Kamus-online.com
7. Kamus.landak.com
8. Kamus.orisinil.com
Dua kamus online tidak aku lirik, bukan karena sentimen pribadi, tapi karena aku melihat salah satunya tidak fokus di kamus, sementara yg satu lagi domainnya sudah expired.cekikikan

Aku lakukan pengujian sederhana dengan kriteria sebagai berikut:
1. Masukkan 1 kata, 2 kata, 1 idiom. Semuanya dalam bahasa Indonesia
2. Lakukan proses terjemah di masing-masing website, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris
3. Lihat hasil yang ditampilkan masing-masing website! Makin banyak arti yang bisa ditampilkan oleh website tersebut, kriteria penilaian akan makin tinggi.
4. Lihat apakah ada info tambahan yang ditampilkan oleh website tersebut.

Kata yang aku masukkan:
1 kata = semangat.
2 kata = kebun raya
1 idiom = buah hati

Hasil pencarian, membuatku memilih http://kamus.orisinil.com/indonesia-english/ menjadi pilihan pertama, kemudian http://www.sederet.com/translate.php dan terakhir http://kamus.ugm.ac.id/english.php. Alasannya sederhana saja, hasil yang ditampilkan ketiga kamus online tersebut cukup membantu dan relatif lebih jelas dibandingkan dengan kamus online lainnya.

Well, tentu saja penilaian ini sifatnya subyektif. Namun percaya deh, jika anda2 cukup sering menggunakan kamus online, anda akan melihat http://kamus.orisinil.com/indonesia-english/ mempunyai nilai lebih.

Jika anda tidak percaya, silakan coba masukkan kata yg hendak diterjemahkan ke masing2 kamus online tersebut dan bandingkan hasilnya. Aku yakin, minimal 68% anda2 akan setuju dengan pendapatku.siyul2