Trademark atau merk dagang suatu produk atau layanan (service) yang tepat ternyata sangat berpengaruh dan melekat (kuat) di benak banyak orang. Sebagai contoh, Rolls Royce. Mendengar namanya, orang (yg tahu) akan langsung terbayang sebuah mobil mewah dengan fasilitas yg sangat nyaman, harga yg selangit, dst dst.

Atau produk Coca Cola yg selalu diidentikkan dengan fun/senang-senang atau ceria. Untuk sepatu orang biasanya lebih mudah mengingat merk Bally daripada Edward Forrer (EdFo), padahal produk dari EdFo tidak kalah kualitas dan layanannya dibandingkan produk Bally. Hal yg sama jika kita menyebut merk Bata, orang akan langsung teringat dg sepatu bagi anak2 SD, SMP (karena sepengetahuanku, Bata lebih membidik konsumen2 di kalangan itu).

Lalu, bagaimana dg teknologi informasi, dan konco-konconya?

Untuk layanan email (gratis), orang akan mudah menyebutkan nama Hotmail (kini menjadi Windows Live Hotmail), Yahoo (dan kini) Gmail. Tentu saja, masing-masing penyedia jasa tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk layanan lokal, yg masih aku ingat adalah telkom.net. Dg layanan yg masih 4mb (sementara Gmail sendiri sudah berukuran 1000 kali lebih besar), layanan telkom.net ini nampaknya masih dibutuhkan para pengguna internet (email) di Indonesia. Barangkali faktor kecepatan menjadi prioritas.

Sementara jika kita menyebut Iphone atau Ipod, kita secara otomatis akan langsung 'terhubung' dengan Apple, atau bahkan Steve Jobs.

"Mas Fahmi...Mas Fahmi...sampeyan ini mau ngomong en mbahas apa seeehh??"

Ok..ok..maaf melantur.

Beberapa hari yg lalu, di milis SMA, ada yg bertanya mengapa tidak ada mailing list (milis) angkatannya dia. Lalu ada komentar juga, mengapa koordinator angkatan tersebut belum me-respond. Disusul dengan komentar2 lain (yg ga penting).

Nah, kebetulan aku seangkatan dg si penanya. Ya sudah, agar tidak menjadi polemik berkepanjangan, aku buatkan milis untuk angkatanku di GROUPS.GOOGLE.COM. Beberapa undangan aku sebar, termasuk beberapa orang teman sekelasku dulu dan si penanya.

Tunggu punya tunggu, selama 2 hari tidak ada undangan yg dibalas...SATUPUN...!! Dg sedikit menahan dongkol, aku posting lagi di milis SMA, intinya yg kemarin complain ga ada milis angkatannya, setelah dibuatkan milisnya, kok tidak gabung2 juga?bingung

Eh, ternyata ada teman sekelasku yg menulis email seperti ini:
jujur urang meureun teu apal,.tapi mun kudu nyieun account google jang ngiluan,. isuk deui ah,..tapi mun teu kudu sok daptarkeun weh,

*terjemahan: jujur saya mungkin tidak hapal, tapi jika mesti membuat account google untuk bergabung, kapan2 saja deh...tapi jika tidak perlu, daftarkan saja*

diikuti dg email berikut:
ieu jadi penting mi, soalna maenya urang kudu nyieun account anyar jang ngiluan milis angkatan wungkul,..pikirkeun oge batur nu jiga urang,.. cari yang simple deh di yahoo ceuk urang mah,..terus mun geus tinggal di jieun jorjoran di milis alumni 2 ,..ku urang di dukung pisan

kecuali mun di google oge teu kudu nyieun account bisa mah oke saja..

*terjemahan: ini jadi penting mi, soalnya masa saya mesti membuat account baru untuk ikutan milis angkatan saja...pikirkan juga teman seperti saya. cari yg simple deh di yahoo kata saya sih...terus jika sudah tinggal umumkan di milis alumni 2, saya dukung

kecuali jika di google juga tidak perlu membuat account sih oke saja*
GUBRAAKKK...!!!

Ternyata ada 'salah paham' antara account email dg group mailing list. Maksudku, temanku tidak mengerti bahwa untuk bergabung di milis angkatan, TIDAK DIBUTUHKAN account google (dia menggunakan layanan yahoo untuk emailnya). Account google hanya diperlukan apabila kita hendak meng-explore lebih jauh layanan groups di google.

Hal yg lebih ekstrim pernah aku baca, email dari seseorang (aku lupa) yg menyatakan group-group yang dibuat di groups.google.com TIDAK BISA DISEBUT MAILING LIST! MAILING LIST ITU YAHOO!! Wahaakakaka...aku langsung ngakak...ngakak

Bah, akibatnya aku mesti membuat lagi milis yg serupa di Yahoo, demi memenuhi tuntutan orang2 yg sudah dicuci otaknya oleh Yahoo(di). Eh, benar saja, ternyata tidak sampai 1 hari, sudah ada beberapa member yg bergabung.halah

Padahal layanan groups.google.com tidak kalah canggih dengan yahoo. Cukup canggih dan, relatif, lebih sederhana serta mudah digunakan.

Intinya, Yahoo telah berhasil memikat bahwa MILIS ITU YAHOO dan YAHOO ITU MILIS.dzigh

*sorry jika postingan ini terlalu 'dangkal'. kepala sedang butek dengan kerjaan, hihihih..cekikikan*