Aku lupa dari siapa aku dapatkan informasi mengenai yahoo messenger versi terbaru ini. Yang jelas, tiba2 malam kemarin aku mendadak penasaran dan ingin mencoba ym versi terbaru ini.

INFORMASI PENTING:
YAHOO MESSENGER 9 JUGA MUNCUL DALAM BAHASA INDONESIA!


Free Image Hosting at www.ImageShack.us'Sialnya' (atau malah untungnya) pertama kali aku menginstall ym 9 dalam versi bahasa Indonesia. Penyebabnya sepele...aku tidak perhatikan alamat web tempat aku mengunduh ym 9 ini. Aku tidak sadari hal ini, hingga muncul pesan seperti di samping kiri ini.

Proses berikutnya adalah 'ritual' menekan tombol 'BERIKUT' (karena biasanya kita malas untuk mengubah setting yg telah disediakan oleh Yahoo). Aku sendiri perhatian dg tiap halaman yang tampil, karena seringkali Yahoo menawarkan hal2 'tidak perlu' dan 'tidak penting'.
Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us




Setelah itu proses instalasi yang berjalan dengan normal dan lancar2 saja. Seperti biasa, Yahoo menawarkan adanya fitur2 baru yg diharapkan membuat penggunanya tidak berpindah ke aplikasi IM yg lain. Berikut ini adalah beberapa tampilan dari fitur2 baru yg ditawarkan Yahoo.
Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us





Free Image Hosting at www.ImageShack.usDi bagian akhir, setelah proses instalasi berhasil akan muncul gambar di samping ini. Dengan demikian, kita bisa mulai mencoba ym 9 ini!!

Free Image Hosting at www.ImageShack.usTidak sabar menanti, aku segera login. Dan sesaat setelah aku berhasil login, muncullah pesan-pesan 'tidak penting' dari Yahoo...seperti yg bisa anda lihat, ada Free Image Hosting at www.ImageShack.usYahoo! Messenger Insider dan Riwayat Panggilan (bah..emangnya aku cowo panggilan apa??feeling beat up)

Aku mulai mencoba ngoprek aplikasi ym 9 ini. Berikut ini adalah beberapa screenshot dari fitur2 yg tersedia di ym9. Beberapa tidak banyak perubahan...menurutku sih, hehehe...
Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us









Free Image Hosting at www.ImageShack.usYang langsung aku coba adalah EMOTICON!! Aku 68% yakin bahwa ada tambahan emoticon di ym 9 ini! Dan benar saja, saat aku click bagian emoticon, tampak 5 emoticon baru yg tampil di daftar emoticon. Tidak menuggu lama, aku segera coba 'mengetikkan' emoticon ini. Di bagian kiri adalah karakter yg dipakai dan di bagian kanan adalah emoticon yg muncul. Lucu juga...

Free Image Hosting at www.ImageShack.usDi bagian 'About', aku temukan informasi bahwa ym9 yg aku unduh adalah versi 9.0.0.797 Beta. Berarti memang masih versi awal ya?? Nampaknya YM9 ini diluncurkan terkait dg mikocok vista *dugaan sahaja*.

Nah, aku yg tidak terbiasa dg bahasa Indonesia (maaf...bukan berarti saya tidak nasionalis) mulai merasa sebal dg tampilan berbahasa Indonesia ini. Saat aku berusaha mencari informasi ttg bagaimana mengubah bahasa yg digunakan, ternyata yahoo.co.id dan yahoo.com TIDAK MENYEDIAKAN informasi ini.

Untunglah, aku sempat 'iseng', dengan menghapus 'id' di url http://id.beta.messenger.yahoo.com/download.php menjadi http://beta.messenger.yahoo.com/download.php. Ternyata url tersebut menampilkan tempat mengunduh ym9 berbahasa Inggris..!! YESSS....!! Tidak menunggu lama, aku segera unduh dan install ym9 dg bahasa Inggris sebagai pengantar.

Melihat kejadian ini, aku punya usulan bagaimana jika Yahoo menyediakan fitur perubahan bahasa di YM-nya. Banyak keuntungan dg menyediakan fitur perubahan bahasa di YM, yakni user/pemakai tidak perlu repot2 mencari sumber ym yg sesuai dengan bahasa yg dia kehendaki.

So, bagi yg ingin mengunduh ym9, click di sini untuk bahasa Indonesia dan di sini untuk bahasa Inggris.

Selamat mengeksplor ym9!!
*lagi asyik mengeksplor...*