Lebaran ini coba cek, apakah ada kartu lebaran yg anda terima dan/atau anda kirim?1? 2? 10? 20? Atau MALAH TIDAK ADA SAMA SEKALI?

Aku sendiri sama sekali TIDAK menerima 1 pun kartu lebaran, berbeda dengan 3-4 tahun lalu, aku masih terima yaa...paling apes 1-2 kartu lebaran. Yak, betul...!! Kemajuan teknologi telah mengubah 'kebiasaan' berkirim kartu lebaran.

Dulu, aku masih ingat, selain kartu lebaran, yang sering keluarga kami terima adalah telegram lebaran. Telegram lebaran biasanya datangnya tepat waktu, sementara untuk kartu lebaran telat datang 4-7 hari, tergantung perangko yg ditempel.

Sayangnya aku tidak mempunyai telegram lebaran. Maklum, sudah jadul banget jaman telegram lebaran.

Nah, di jaman sekarang, orang cenderung sudah malas untuk berkirim kartu lebaran. Ada metode yg lebih mudah, murah, dan cepat. Anda betuuulll...teknologi SMS! Dengan 'hanya' Rp 350 (bahkan gratis jika sesama pengguna XL), selama anda mempunyai no hape teman/relasi, anda tinggal mengirim sms, dan dalam hitungan detik, sms anda akan sampai. Bahkan bisa jadi, dalam 2 menit berikutnya anda akan mendapat balasannya.

Hanya saja, 'kelemahan' teknologi SMS membuat modelnya ucapan selamat yg dikirim yaaa...sama2 saja. Tidak heran, karena lebih dari 68% sms lebaran yg dikirim pada umumnya hasil forward yg diterima. *aku sendiri kadang membuat ucapan lebaran yg sedikit berbeda dari yg aku terima. yaaa..jangan mirip2/sama banget dg kiriman orang lah...tengsin jek!!*

Free Image Hosting at www.ImageShack.usSementara itu, kartu lebaran mempunyai sentuhan yg lebih pribadi. Walau kartu lebaran dg model tertentu diproduksi cukup banyak, tapi kita bisa kirim model kartu lebaran yg berbeda untuk tiap orang. Seperti pada gambar di samping, variasi kartu lebaran aku rasa cukup banyak, sehingga kita bisa kirim kartu lebaran dg nuansa khusus untuk tiap orang.

Sekitar 8-10 tahun lalu, secara pribadi aku malah membuat sendiri kartu lebaran. Aku buat sendiri desain kartu lebarannya, lalu aku kirim ke tetanggaku yg membuka usaha percetakan. Jika aku setor desain di awal Ramadhan, waktu pengerjaannya tidak lama. Paling pol yaa...cukup 1 minggu selesai. Namun, jika aku terlupa, dan baru menyerahkan desain di pertengahan Ramadhan, alamat bakal telat dicetak dan otomatis pengirimannya juga telat.

Aku sempat cari2 kartu lebaran buatanku, namun tidak aku temukan. Kayanya sudah habis, hehhe...

Bwah, jadi kangen dengan saat-saat itu, membuat kartu lebaran sendiri, menuliskan nama dan alamat orang2 yg hendak aku kirimi, menempelkan perangko, dan memasukkan segepok kartu lebaran ke bus surat di kantor pos, hihihi.... *nostalgia jadul, ditektit*