Saat mudik ke Bandung, aku sempat bertemu lagi dengan salah satu makanan minuman khas Sunda ini. Meski cingcau hijau merupakan minuman favorit, selain cendol dan cingcau hijau, keberadaan cingcau hijau ini cukup sulit ditemukan. Aku sendiri tidak tahu persis mengapa cingcau hijau ini sulit ditemukan.

Nah, mumpung ada tukang cingcau hijau mangkal di dekat rumah, aku berkesempatan membeli 1 pitcher cingcau. Semula aku perkirakan harganya berkisar Rp 5000, namun mang penjual malah menyebutkan Rp Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us3000. So, aku anggap harga 1 pitcher cingcau ini SANGAT MURAH. Bandingkan dg 1 pitcher coca cola atau minuman soda lainnya, yg bisa mencapai Rp 10 rebu.

'Aslinya', minuman cingcau hijau ini dicampur dengan es berwarna putih (es santan?) + gula merah cair. Namun, aku tidak begitu suka campuran es santan, sehingga biasanya aku beli hanya cingcau hijau dan gula merah cair saja.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usWell...1 pitcher cingcau hijau sudah siap disantap. Glek...glek...glek... aaaahhh...segar sekali minum cingcau hijau di siang hari. Pokoknya MANTAP lah!!!ngiler

Oya...cingcau hijau ini terbukti bisa menyembuhkan penyakit sariawan (panas dalam). Jika aku ke Bandung saat sariawan, biasanya aku cari cingcau hijau ini. Minum 2 porsi, syyuuuuuttt...insya ALLOH 1-2 hari sariawannya akan hilang.nyengir