Kali pertama melihat tampilan film ini, aku tidak tertarik untuk menonton. Karena kesan yg aku dapatkan saat melihat gambar2nya, kayanya ini film untuk anak-anak. Ya ya ya...pandangan sekilas seringkali salah, terutama karena aku melihat tokoh utamanya anak perempuan.

Namun akhirnya aku menyadari 'kesalahan' ini usai menonton film ini hari Jum'at lalu. Ada beberapa kejutan yg aku temukan dari film ini:
- Film bernuansa 'gelap'. Meski dari websitenya kesan gelap ini sudah terlihat, tapi 'kegelapan' akan lebih terasa saat menonton film ini, bahkan jauh lebih 'gelap' dibanding Harry Potter 5.
- Film ini menggunakan bahasa Spanyol. Suatu kejutan, mengingat sangat minim film dg bahasa non Inggris yg bisa melejit.
- Film ini ternyata meraih beberapa penghargaan, Best Cinematography, Best Art Direction, Best Makeup.

Alasan film ini tidak cocok untuk anak2:
- Nuansa 'gelap' yg aku ungkap di atas
- Terlalu banyak darah dan kekerasan yg ditampilkan
- Alur yg cukup njelimet buat anak kecil (menurutku)

Jadi, jangan ajak anak kecil (entah itu ponakan atau adik pacar anda) untuk nonton film ini...karena banyak adegan yg bikin merinding dan seram...seperti (SPOILER ALERT) si Kapiten sobek mulutnya, lalu menjahit mulutnya yg sobek, kemudian adegan penyiksaan, dan masih banyak lagi.