Kebetulan nemu file foto ini, jadinya aku teringat pengalaman makan nasi gandul ini. Nasi gandul, hmmm...sebuah nama menu yg aneh kan? Aku jadi teringat gundal gandul, hihihih.. Apakah itu yang gundal gandul?? xixixix..cekikikan

Aku sendiri baru tahu ada menu nasi gandul ini, ketika mencoba bebek bakar tempo hari. Namun karena saat itu aku sedang ingin mencicipi bebek bakar, si nasi gandul ini aku skip saja. Lokasi warung nasi gandul ini dekat dengan bebek bakar. Jika aku tidak salah, hanya beda 1 tenda/warung saja. Oya, hampir lupa, lokasi kedua tempat makan ini ada di depan TMP Kalibata Jakarta Selatan.

Nah, beberapa hari kemudian, aku dan Wify berkesempatan lagi berwisata kuliner. Dan kali ini, aku mencoba makan nasi gandul ini. Sementara Wify pesan bubur karena sedang sariawan, aku pilih menu nasi gandul ini.

Agak lama menunggu sajian ini, sekitar 15-20 menit. Dan akhirnya setelah perutku sudah mulai berontak dan protes, akhirnya datang juga menu nasi gandul ini.

Seperti yg terlihat pada foto di sebelah kanan ini, 1 porsi nasi gandul tidak banyak (dan ini terbukti kemudian). Menggunakan daun pisang sebagai alas, nasinya lembek tapi masih cukup padat, kemudian ada beberapa jeroan+daging serta kuahnya yg (menurut laporan lidahku) mengandung santan cukup banyak. Vetsin (penyedap rasa/msg) aku rasakan cukup kentara juga, meski tidak terlalu banyak, nampaknya.

Langkah pertama, hirup dalam2 aromanya...karena kuahnya masih cukup panas. Hmmm....sedaappp sekali menghirup aroma kuah santan yg ditempatkan di atas daun pisang. Kemudian kuahnya yg agak kental aku cicipi sedikit...sluurrrpp...hmmm...GURIH, DG RASA SANTAN SANGAT TERASAngiler. Kebetulan, daging yg ada di piringku kebanyakan berupa paru-paru dan sedikit daging biasa.

Daging paru2nya agak kenyal, jadi kita bisa kunyah agak lama sebelum akhirnya ditelan. Mirip dg 'makan' dan mengunyak permen karet. Tapi ini jelas lebih enak lhoooo...hihihih..ngiler Lalu suapkan 1 sendok nasi...jangan lupa dicampur dulu dg kuahnya itu, lalu telan dan biarkan lidah anda yg berkomentar.

Dijamin, mak nyussszzzzz....ngiler

Namun, seperti aku tulis sebelumnya, porsinya terlalu sedikit. Tidak sampai 5 menit, 1 porsi nasi gandul ini sudah 'pindah alam'. Hanya saja, aku sarankan untuk tidak menambah makan, karena cukup lama menunggu. Jadi, jika anda memang hendak makan 2 porsi, lebih baik anda pesan 2 sekaligus saat datang, jadinya bisa 2 porsi disikat langsung tanpa pake lama.

Silakan datang ke seberang TMP Kalibata dan cicipi menu ini. Aku jamin ketagihan deehhh...