Berikut beberapa tokoh (dg kejadian terutama di Indonesia) yg menurutku layak menjadi tokoh bulan Mei 2007 di blog ini.

JUMANTORO
Lengkapnya adalah Ajun Komisaris Jumantoro. Lelaki ini adalah seorang perwira di kepolisian, yg diciduk karena kedapatan menyimpan (dan menggunakan?) narkoba dalam jumlah yg cukup besoar. Menurut informasi, barang bukti yg didapat adalah 59 gram sabu, 132 gram heroin, dan 1660 butir ekstasi.

Penangkapan Jumantoro mengagetkan banyak orang, karena Jumantoro dikenal sebagai seorang perwira polisi yg berdedikasi dan berprestasi cukup mengesankan. Selain itu, Jumantoro juga dikenal sebagai seorang atlet judo yg berhasil meraih emas di tahun 1989 di SEA Games.

Ternyata polisi juga manusia, bisa tergoda oleh barang2 pembawa celaka ini.

ROFINGAH
Seorang ibu rumah tangga di Sleman, yg melakukan aksi bunuh diri bersama 2 orang anaknya, setelah sebelumnya bertengkar dengan suaminya. Pada aksi bunuh diri tersebut, Rofingah dan anak bungsunya, Hasbi Nofal Akilah, langsung tewas. Sementara Ibnu Rizal sempat diselamatkan, namun akhirnya meninggal setelah beberapa saat dirawat.

IWAN FALS
Di usianya, yg bisa dibilang sudah cukup uzur (hampir 60), Iwan Fals tetap tidak mau kalah dengan musisi muda Indonesia, dengan meluncurkan album baru, 50:50. Aku sendiri bukanlah fan berat Iwan Fals, meski demikian bukan berarti aku tidak tahu lagu2nya Iwan Fals lho... Semoga album baru Iwan Fals tetap berhasil mencapai target penjualan.

SUSILO BAMBANG YUDHOYONO
SBY layak masuk sebagai tokoh di bulan Mei 2007 untuk 3 hal, yakni berhasil ditandatanganinya perjanjian ekstradisi dengan Singapura. Meski banyak pihak menilai perjanjian ekstradisi ini TERAMAT SANGAT MERUGIKAN Indonesia, aku menilai penandatanganan ini cukup menunjukkan adanya kemajuan. Namun, mesti diingat, pihak pemerintah RI mesti MENGEVALUASI ULANG DAN BERPIKIR (kalo masih ada otak, xixixi..) agar KEDAULATAN RI TIDAK (SEMAKIN) DIINJAK-INJAK OLEH PEMERINTAH SINGAPURA.

Yang kedua adalah keberaniannya untuk melakukan reshuffle. Tindakan reshuffle ini dinilai juga sangat terlambat, karena banyak pengamat menilai momennya sudah lewat. Mestinya dilakukan di awal bulan April 2007.

Yang ketiga adalah perseteruannya dengan Amien Rais, terkait dana non bujeter DKP. Meski akhirnya berdamai, tapi sempat terjadi ketegangan diantara keduanya.

CHUSNUL MAR'IYAH
Seorang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yg dibebaskan dari dakwaan/tuntutan perbuatan penghinaan dan pencemaran nama baik. Pihak yg melaporkan adalah, bukan lain, Roy Suryo. RS mengadukan CM karena ucapan CM yg dianggap mencemarkan nama baik RS, yakni ucapan
"Kalau cuma Roy Suryo, bukan apa-apa untuk saya, karena empat jam di depan Komisi II DPR is nothing. Satu jam di SCTV is nothing, apalagi Roy Suryo, is nothing."
Menurut berita, jaksa penuntut umum langsung mengajukan kasasi. Kita tunggu 'cerita bersambung' ini ya??

DEBORAH JEANE PALFREY
Seorang mucikari (germo) kelas kakap di Amrik sono, yg berhasil membuat geger karena sebagian besar pelanggannya adalah para pejabat Amerika. Dijuluki sebagai DC Madam, nampaknya 'mbak' Deborah 'tidak akan bisa' dituntut karena dia mengancam akan membeberkan para pelanggannya di muka pengadilan.

'Ketidak bisaan' dituntutnya mbak Deborah ini akan kian menunjukkan betapa dunia demoCRAZY dan pengadilan Amerika Serikat sesungguhnya mempunyai standar ganda. Di satu pihak mereka menekan pihak (negara) lain untuk berbuat 'adil', bahkan tak segan untuk menjatuhkan sanksi yg keras (misalnya embargo), namun di sisi lain, mereka juga melindungi para 'penjahat dan teroris' yg 'menguntungkan' mereka.

SPIDERMAN
Kehadiran filmnya yg ketiga, menampilkan demam Spiderman di mana2. Tiket bioskop yg habis, beredarnya pernak pernik yg menggunakan Spiderman, membuktikan film Spiderman 3 ini merupakan film yg ditunggu-tunggu. Aku sendiri sudah membuat review film Supirdelman 3 ini. Heh, masih belum nonton? Buruan gih nonton....meski sudah basi sih...xixixi..

NIRWAN BAKRIE
Pemilik perusahaan Lapindo ini adalah adik dari Aburizal Bakrie, Menko Kesra. Dia layak dimasukkan sebagai tokoh di bulan Mei 2007, karena dia tidak segera merealisasikan bantuan dan ganti rugi yg seharusnya diberikan kepada para korban lumpur Lapindo. Sementara itu, pemerintah sendiri masih tidak menjatuhkan sanksi yg jelas baik kepada perusahaan Lapindo dan/atau pemilik perusahaan.chicken

HUSNI ALHALIMI LUBIS
Berita meninggalnya bung Husni ini sempat membuat heboh, karena pihak pos kota memuat artikel yg isinya ternyata sangat bertolak belakang. Artikel yg dimuat pihak pos kota menyebutkan bahwa bung Husni ini meninggal karena gantung diri, namun kenyataannya dia meninggal karena sakit. Untung saja ada klarifikasi dari rekan kuliahnya.

AMIEN RAIS
Tokoh senior politik Indonesia ini layak muncul sebagai tokoh di bulan Mei 2007, karena keberaniannya untuk mengakui bahwa dirinya (dan kemungkinan besar tim suksesinya dalam pencalonan dirinya menjadi presiden) telah menerima uang (masing2) sebesar Rp 200 juta (sehingga diperkirakan total Rp 400 juta) dari dana (hasil korupsi?) Departemen Kelautan dan Perikanan.

Terlepas apakah tindakan pak Amien ini merupakan move politik atau murni kesadaran pribadi, aku jelas angkat topi setinggi-tingginya untuk keberanian pak Amien. Semoga tindakan pak Amien ini ditindaklanjuti dengan berani menanggung akibatnya, sebagaimana yg pernah dinyatakannya, yakni siap untuk dipenjara jika memang dia terbukti bersalah.

Ternyata tindakan pak Amien yg cukup vokal, yg menyatakan bahwa calon presiden (dan wapres) tahun 2004 menerima dana dari DKP mendapat SBY (serangan balik Yudhoyono). SBY menyatakan itu fitnah dan bla bla bla...

Ujung2nya, keduanya bertemu dan 'berdamai', dengan alasan jika diteruskan maka akan terjadi pemakzulan (impeachment) terhadap presiden, yg berakibat kekacauan akan kian melebar di Indonesia.

Halah...bilang aza ada deal2 tertentu..xixixi..cekikikan

SUTIYOSO
Bang Yos masuk ke dalam tokoh bulan Mei 2007, karena beritanya di akhir bulan menyebutkan bahwa dia mendapat perlakuan yg tidak menyenangkan dari 2 orang polisi negara bagian New South Wales di Australia. Kedua polisi ini masuk tanpa ijin dan semena-mena, ke dalam kamar hotel bang Yos. Dalih yg digunakan kedua polisi ini adalah untuk memberikan surat penyelidikan (penangkapan?) terkait keterlibatan bang Yos di saat konflik di Timor Timur di tahun 1975.

Aksi kedua polisi ini menuai kecaman dari pemerintah dan elemen bangsa Indonesia. Sempat terjadi demo di kedubes Australia dan usulan dari DPR untuk mengutuk pemerintah Australia (meski aku yakin, ini sebenarnya gertak sambal belakasiyul2). Bang Yos sendiri sudah mengancam, bahwa program Sister City antara Jakarta-Sidney akan dihentikan jika tidak ada permintaan maaf. Belakangan, gubernur negara bagian sudah menyatakan permintaan maafnya.


AGNI PRATISTA
Putri Indonesia 2006, yg mengikuti Miss Universe di Meksiko. Indonesia memang katro...sudah bukan levelnya 'maen' Miss-Miss-an, masih saja ngotot ngirim...kaya ga ada kerjaan saja.

Mungkin Indonesia bisa menang untuk lomba MISS UNDERSTANDING...ngakak guling2