Saat aku kecil dulu, aku selalu ingat bahwa bunga selalu identik dengan wangi. Misalnya bunga mawar, bunga melati, bunga kamboja, dan masih banyak bunga lainnya, yg kadang namanya terdengar asing, seperti bunga lavender. Banyak orang 'mendewa-dewakan' wewangian yg dihasilkan oleh bunga2 tersebut. Ini terbukti dengan produk2 minyak wangi, terutama bagi perempuan, wangi2an bunga senantiasa menjadi favorit dan selalu laku dijual.

Dari sekian wangi2an yg dihasilkan bunga2 tersebut, secara umum (yg terjadi di masyarakat) manusia membagi-bagi/mengelompokkannya. Ada yg dikelompokkan bagi para kekasih/yg sedang jatuh cinta. Biasanya wangi2an yg dimasukkan dalam golongan ini adalah wangi mawar. Sementara wangi melati biasanya dianggap sebagai wangi2an yg membawa ketenangan. Meski tidak ada penelitia khusus, aku yakin wangi melati akan lebih banyak dipakai oleh ibu2 yg sudah berumur lebih dari 40 tahun, karena sifatnya yg cukup tenang.

Sementara itu, wangi bunga kamboja sudah pasti diidentikkan dg kematian. Aku sendiri tidak tahu alasan yg pasti, namun karena bunga kamboja lebih banyak ditemukan di pekuburan, barangkali membuat orang mengidentikkan wangi bunga kamboja dg kematian. Namun aku pernah melihat parfum (untuk ibu2) dg wangi kamboja, di sebuah pusat pertokoan yg cukup mewah. Aku curiga, jangan2 suami/laki2 yg membelikan parfum tersebut ingin agar istrinya/pasangannya cepet mati.nyengir

Nah, ternyata tidak semua bunga itu wangi lho...setidaknya menurut manusia.

bunga rafflesia arnoldiibunga bangkaiKita mungkin sudah pernah mendengar bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii. Oya, bangsa Indonesia (baca: mayoritas guru2) seringkali terkecoh antara bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii. Seringkali pukul rata dalam membahas dan menyampaikan informasi ttg bunga2 ini. Padahal, jika diperhatikan, bunga bangkai dan bunga Rafflesia SANGATLAH BERBEDA. Persamaan keduanya hanya 1, yakni SAMA-SAMA BERBAU BUSUK (tidak wangi, kalo menurut hidung manusia). Silakan lihat perbedaan pada gambar di kiri dan kanan ini.

Untuk lebih jelasnya, silakan baca referensi mengenai bunga bangkai (mempunyai istilah 'umum' berupa Amorphophallus). Sementara untuk Rafflesia arnoldii mempunyai padanan kata dalam bahasa Indonesia yg cukup unik, yakni Patma (atau Padma) Raksasa. Dari segi penamaan pun sebenarnya sudah terlihat perbedaannya. Bunga Rafflesia arnoldii diberi nama berdasar penemunya, Gubernur Jendral Sir Stamford Raffles yg berasal dari Inggris.

Jadi, kali lain jangan tertukar dan salah memberikan informasi antara bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii ya?cool