Belakangan ini, selain lagu Peter Pan - Menghapus Jejakmu, lagu Kucing Garong merupakan lagu lain yg sering terdengar, tidak saja di pinggir jalan, namun juga menjadi ring tone handphone.

Aku sendiri cukup menyukai lagu kucing garong ini, terutama karena beat-nya yg bisa membuat orang ikut goyang, selain itu pitching suaranya juga membuat kita akan ... hwalah...kesannya kok juri Indonesian Idol...hihihi..

Omong2 ttg istilah kucing garong, aku mengenal istilah ini sejak tinggal di Bandung. Sebelumnya aku tidak mengenal 'penggolongan' kucing seperti ini. Istilah ini seringkali aku dengar jika ada ibu2 di dekat rumahku yg 'kehilangan' lauk pauk (terutama ikan) akibat dicolong oleh si kucing. Mungkin perbuatan nyolong ini yg membuat si kucing dijuluki kucing garong...padahal jika kita perhatikan, namanya juga kucing...jika ada ikan 'nganggur' serta pemiliknya lengah, maka tanpa ragu si kucing akan ngembat ikan itu.

Prankk....klontang...krompyang...
"Heiii..heeiii..."

*berkelebat seekor kucing yg sedang menggigit seekor ikan, berlari keluar dari pintu sebuah rumah menuju jalanan...dan dalam sekejap menghilang setelah masuk ke kebun sebelah*

"Bu, ada apa ribut2??"
"Itu...ikan buat makan siang, dicolong ama si kucing garong"

"Ooo...si kucing garong yg bla bla bla...."
"Iya...ibu kok tau"

"Iya...si kucing garong itu juga yg kemarin makan burung peliharaan si bapak..."

(percakapan di atas hasil terjemahan dari percakapan basa Sunda)


 kucing persiakucing angoraApabila kita perhatikan secara seksama, ternyata ada perbedaan antara kucing garong dan kucing peliharaan. Biasanya kucing peliharaan terawat rapi, meski bukan berarti perawatannya mahal. Namun, jika kita merujuk ke kucing persia atau kucing anggora, kita akan melihat dan merasakan bahwa biaya rawat kucing sangatlah mahal.

Bahkan temanku ada yg menghabiskan biaya hampir Rp 1 juta/ekor untuk kucing anggoranya. Biaya tersebut meliputi biaya makan (harus makanan khusus yg mahal), biaya kandang. Belum termasuk biaya rawat jika si kucing mendadak sakit.

Aku sendiri meski pecinta kucing, cukup memelihara kucing biasa saja..tidak perlu yg sombong menolak makanan jika disodori ikan asin, ikan tongkol. Yg tidak perlu dirawat inap apabila bersin2. Yg tidak perlu dikeramas tiap seminggu sekali hanya untuk menghilangkan kutu.

Yg jelas, dari sisi penampilan, kucing garong biasanya mempunyai ciri2 berikut:
- tubuhnya gede
- mukanya sangar
- matanya selalu berkerut, menatap curiga pada tiap sosok yg lewat
- jalannya petantang petenteng
- gesit, terutama kalo baru nyolong ikan...cepet banget berkelit dan menghilangnyacekikikan

Mungkin pencipta Kucing Garong (aku sendiri tidak tahu persis siapa penciptanya) terinspirasi dari perilaku Kucing Garong, sebagai sarana untuk menyindir orang2 yg korup dan bersikap seperti kucing garong.

Berikut 2 lirik Kucing Garong yg aku dapatkan dari milis alumni SMAN 2 Bandung.

KUCING GARONG (versi jawa. ternyata yg versi nasional idem ditto...hihihi..thx to Abe)

Kelakuan si kucing garong
Ora kena ndeleng sing mlesnong
Main sikat main embat
Apa sing liwat

**

Kelakuan si kucing garong
Selalu ngulati sasaran
Asal ndeleng pepesan
Wajah bringasan

Iku contoe wang lanang
Sing sifate kaya kucing garong
Awas kudu ngati-ati
Yen kucing garong lagi beraksi

Sing dadi modal andalan
Kucingedenge duit atusan
Yen bli kuat nahan iman
Bisa-bisa jadi berantakan

Kembali ke **

Kembali ke awal

Kembali ke **

Untuk mp3-nya, silakan ubek2 sendiri ya?? hihihih...