Dari referers, aku dapati bahwa banyak yg mencari informasi mengenai penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS) di blog ini. Nah, baru saja aku dapatkan info yg lebih lengkap mengenai penerimaan PNS ini.

Informasinya mungkin sudah agak basi, tapi layak dibaca...Silakan simak berita berikut:

===

Ini kabar yang ditunggu-tunggu para pencari kerja. Kran rekrutmen CPNS 2007 bakal dibuka Agustus mendatang secara serentak. Hal ini ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), Taufik Effendi. ''Penerimaan CPNS 2007, berlangsung Agustus ini,'' tandasnya kepada Komentar sebelum mengikuti raker bersama Komisi II DPR RI, kemarin (29/05).

Rekrutmen ini, kata dia, tidak lagi mengikuti ujian secara nasional, melainkan masing-masing daerah harus proaktif mendaftarkan ke pusat. Soal formasi, Taufik mengatakan, akan sangat tergantung usulan daerah.

Oleh sebab itu, dia mengimbau usulan tersebut harus jelas dan sesuai kebutuhannya. ''Misalnya untuk tenaga juru rawat, berapa orang yang diperlukan dan untuk rumah sakit atau puskesmas mana saja? Hal itu juga disertakan tanda tangan permintaan dari dokternya (rumah sakit atau puskesmas),'' katanya. Pusat sendiri tinggal memberikan apa yang diminta dan dibutuhkan daerah.

"Kita berikan, lalu daerah sendiri yang uji CPNS itu," katanya seraya mengatakan, penerimaan CPNS 2007 yang dimulai bulan Agustus akan diangkat bulan Oktober. "Jadi sekarang prosesnya cepat terutama tenaga pendidik dan kesehatan," kata Taufik.

Menurutnya, saat ini Kementerian PAN dan Departe-men Keuangan sedang menyusun sistem penggajian nasional. Gaji terendah pegawai negeri sipil diupayakan terus naik dari Rp 1.060 juta tahun 2006 menjadi Rp 1,2 juta pada tahun 2007. Pada tahun 2008 gaji terendah pegawai negeri sipil akan dinaikkan lagi namun dia enggan menyebutkan jumlahnya.

Sedangkan bagi tenaga guru honorer, Menpan menjamin rekrutmen tahun 2007 selesai. Sedangkan honorer lainnya diharapkan tahun 2009 rampung. Sedangkan Deputi SDM di BKN, Pepen Effendy menambahkan, pembuatan soal untuk tes CPNS di daerah, melibatkan perguruan tinggi negeri setempat. BKN sendiri, katanya hanya memberikan pedoman.

Sementara bagi daerah pemekaran baru, Effendy menjelaskan, akan tergantung usulan penetapan dari penjabat setempat. "Pemberkasan yang dilakukan BKN tergantung usulan daerah, jika tidak memenuhi syarat, maka tidak dikeluarkan NIP," kuncinya.

GAJI 13
Pemerintah diharapkan me-masukkan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam revisi UU No 43/1999 tentang Kepegawaian. Sebab selama ini gaji ke-13 PNS baru kebijakan ad hoc pemerintah. "Kalau dimasukkan dalam UU kan lebih menjamin kepastian dan kekuatan yang tetap. Karena itu kami harap revisi UU No 43/1999 memasukkan gaji ke-13 dalam struktur gaji PNS," imbuh anggota Komisi II DPR Ferry Mursildan Baldan, saat Rapat Kerja dengan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, di Gedung DPR Jakarta, Selasa, (29/05).

Menurut Ferry, selama ini pemberian gaji ke-13 selalu dikaitkan dalam memperingati hari besar keagamaan. Namun sebaiknya diberikan pada pertengahan tahun, karena lebih bermanfaat untuk biaya anak sekolah. Dikatakan Ferry, saat ini pemerintah tengah merevisi UU pelayanan publik, di mana PNS harus melaksanakan tugas publik, jika tidak masyarakat bisa mengadukan dan PNS tersebut bisa dikenai sanksi.

Namun pemerintah harus konsisten, jika PNS dituntut memenuhi kewajiban maka haknya harus dibenahi. Di tempat yang sama, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Taufik Effendi mengatakan, soal kenaikan atau perubahan gaji PNS masih dibahas dengan DPR. Apakah gaji ke-13 masuk dalam struktur gaji baru PNS juga belum diputuskan.

"Apakah struktur gaji PNS akan berubah pada 2008, saya belum tahu pasti. Karena masih dibahas di DPR," elak Taufik.

SO, BUAT YG INGIN MENJADI PNS, SEGERA PERSIAPKAN DIRI DENGAN SURAT KESEHATAN, SURAT KELAKUAN BAIK...INGAT..INGAT...AGUSTUS 2007 INI SUDAH MULAI PEMBUKAAN LHO...!!