Silakan perhatikan kedua gambar di kiri dan kanan ini. Click masing2 gambar untuk mendapatkan gambar yg lebih besar dan lebih detail.

Sekilas, kedua gambar ini tidak ada yg mencurigakan. Tapi coba anda baca URL yg tertulis di bagian atas. Di bagian kiri, anda akan melihat http://www.yahoo.com tertulis di bagian address bar. Sementara di bagian kanan, anda akan melihat tulisan http://www.antonmail.com/.

Jelas sekali bahwa si 'Anton' ini berusaha untuk menipu para pemilik account Yahoo. Dengan tampilan yg begitu mirip, bahkan fitur Prevent Password Theft juga ditiru 'habis', sebagaimana yg aku capture pada gambar di kanan.

Dengan kata lain, si 'Anton' ini hendak melakukan phishing, seperti yg pernah terjadi pada Endhoot. Dia terpaksa merelakan account YM-nya, Endhoot, berpindah tangan alias dicolong orang.

So, hati2 jika membuka halaman web. Pastikan anda tidak salah masuk alias nyasar. Saat artikel ini dibuat dan dimuat, cara paling mudah membedakan yahoo 'asli' dan 'palsu' adalah dengan melihat ICON-nya. Jika YM 'asli', web-nya mempunyai icon Y!, sementara milik Anton tidak ada. Tapi, tidak tertutup kemungkinan jika di kemudian hari, si Anton memasang Y! untuk membuat bingung para pengunjung.

Thanks buat M. Prasodjo atas informasinya.

*update jam 9.30 pagi, aku iseng2 coba login, dg username dan password bohongan tentunya, hasilnya kita akan diforward ke www.friendster.com. Tapi sebelumnya, sekilas dia merujuk ke http://mavero.info, yg ketika aku buka ternyata dia mengakses http://www.mavero.info/test/login.php.

Besar kemungkinan semua user+password dikumpulkan si Anton di sini. Aku sendiri sudah melaporkan web si anton ini ke www.yahoo.com. Tinggal nunggu saja apa tindakan yg diambil.