Laut Mati? Memangnya laut pernah hidup?

Begitu mungkin pikiran sebagian dari kita. Tapi ini sungguh terjadi dan ada. Laut Mati adanya di daerah Timur Tengah, tepatnya di .... ah, baca sendiri di wiki ya?? Ini Laut Mati di Wikipedia Indonesia (yg ini versi Inggris).

Banyak cerita, dari yg pernah ke sana, apabila kita berenang di sana, KITA TIDAK AKAN MUNGKIN TENGGELAM, sebaliknya kita akan mengambang, bahkan mengapung. Nah, fenomena yg menarik bukan? Mari kita selidiki dan telaah secara ilmiah.

Berikut ini percobaan/eksperiman sederhana, bisa dicoba di rumah:
  • Ambil mangkuk ukuran sedang, isi penuh dengan air.
  • Ambil dan masukkan telur ke dalam mangkuk. Akan terlihat telur tenggelam. Angkat lagi telur dari dalam mangkuk.
  • Tambahkan 2 sendok garam, masukkan ke dalam mangkuk. Aduk hingga garam larut secara merata.
  • Masukkan lagi telur ke dalam mangkuk. Telur akan mengambang.
Menarik kan?
Pertanyannya, mengapa hal ini bisa terjadi?

Perhatikan 2 rumus berikut
1. massa jenis (rho) = massa (m) / volume (v)
2. berat (W) = massa (m) * percepatan gravitasi (g)

Pada saat kita menambahkan garam ke dalam air di mangkuk, itu artinya kita menambahkan sejumlah massa ke dalam air. Pada saat garam larut di dalam air, massa jenis air sekarang menjadi lebih besar daripada keadaannya semula, karena volume airnya tetap.

Selain itu, penambahan garam juga berarti mengubah berat air.

Oya, penambahan garam ke dalam air di mangkuk tidak mengubah berat telur. Itu artinya massa telur tetap, sehingga itu berarti berat telur tidak berubah.

Apabila semakin banyak garam yang kita masukkan ke dalam gelas, massa jenis air menjadi semakin besar. Densitasnya semakin besar, begitu pun beratnya.

Apa akibatnya?

Air bergaram ini membuat kondisi air "semakin berat dan tenggelam". Kondisi inilah yang mengakibatkan sang telur "terdorong" kian ke atas ... terus ke atas ... dan akhirnya mengapung. Tak hanya mengambang.

Nah penjelasan di atas juga berlaku untuk Laut Mati (dan fenomena sejenis). Ini artinya konsentrasi garam di Laut Mati sangatlah besar, sehingga membuat benda/barang apapun yg ada (nyemplung) di laut akan mengapung/mengambang.

*duh, jadi pengen ke Laut Mati untuk ngetes sendiri, xixixi... oya..artikel ini dimuat di sini.*