Sepanjang bulan April ini, banyak sekali kejadian2 yg, menurut gw, sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk itu, gw memuat profil beberapa tokoh yg menurut gw terkait (sedikit atau banyak) dengan kejadian2 tersebut.

CHRISYE
Meski kejadiannya di akhir bulan Maret 2007, tidak ada salahnya gw menempatkan Chrisye sebagai tokoh di bulan April 2007. Kepergiannya yg begitu mendadak membuat banyak orang yg terperangah, seakan tak percaya, dikarenakan berita terakhir mengenai si tokoh ini adalah kondisi kesehatannya yg membaik.

Gw sendiri punya banyak kenangan dengan Chrisye dan lagu2nya. Terutama lagu2 terakhirnya, bersama Ahmad Dhani, Ariel Peter Pan, merupakan sekian dari lagu2 yg menurut gw merupakan 'the best'. Tentu saja lagu2 lamanya, seperti Badai Pasti Berlalu (yg dinyanyikan ulang oleh Ari Lasso), Lilin2 Kecil, Nona Lisa tidak bisa dipisahkan dari ke-khas-an suara Chrisye.

CLIFF MUNTU
Seorang praja IPDN yg tewas di tangan seniornya. Kepergiannya menghentakkan dan menyadarkan masyarakat akan adanya sistem pendidikan yg militeristik (namun kebablasan) serta bobroknya suatu sistem perguruan tinggi. Banyak kalangan, terutama kerabat pejabat, yg gw yakini terlibat dengan kebobrokan ini. Namun, herannya, banyak orang yg berusaha menutup2i kejadian ini.

Yg paling parah, adalah KEPENGECUTAN teman seangkatan Cliff Muntu, yg tidak berani berterus terang. Kepergian Cliff menambah daftar korban praja yg tewas...serta (mudah2an) menjadi tonggak akan sistem pendidikan IPDN yg lebih baik.berdoa

INU KENCANA SYAFI'I
Salah satu tokoh 'kontroversial' dalam kasus Cliff Muntu. Keberaniannya mendobrak dan, secara blak2an, membeberkan kebobrokan sistem pendidikan yg dia selami, membuatnya menjadi 'hero' di tengah keraguan masyarakat akan integritas dan sosok staf pengajar IPDN.tepuk tangan

Banyak orang menyatakan bahwa Inu pun tidaklah 'bersih'. Namun, buat gw, tindakan Inu ini bisa diasumsikan bahwa dirinya pun SIAP untuk BERTANGGUNG JAWAB terhadap apa yg pernah dilakukannya. Semoga Inu selamat...sehubungan dg banyaknya ancaman dan teror yg dia terima terkait kasus IPDN ini.

I NYOMAN SUMARYADI
Rektor IPDN yg, maaf menurut gw, tidak pantas menjadi rektor, karena ucapan dan tindakannya yg tidak mencerminkan kapabilitasnya dalam mengemban amanat menjadi rektor. Ketika kasus Cliff Muntu mencuat, dia menyatakan bahwa Cliff meninggal karena sakit liver. Belakangan dia ralat bahwa kematian Cliff dg pernyataan yg 'tidak nyambung'.

Belum selesai, sikapnya yg memarahi para praja, ketika melakukan apel Senin, membuat gw menertawakan pernyataan Nyoman, yg MENYALAHKAN PARA PRAJA, SEHINGGA DIA DIPANGGIL PRESIDEN (SBY).ngakak guling2

LEXIE M GIROTH
Dekan IPDN yg dianggap bertanggung jawab terhadap penyuntikan formalin ke tubuh Cliff Muntu. Dari berbagai berita, banyak sekali dalih yg dilontarkan oleh Lexie pada saat diperiksa oleh pihak Kepolisian. Pihak kepolisian sendiri tidaklah sebodoh yg disangka. Banyak bukti yg menyatakan bahwa Lexie MENGETAHUI kasus Cliff. Bahkan, Lexie menyatakan diri sebagai keluarga Cliff, pada saat proses penyuntikan formalin hendak dilakukan.

Belakangan, istri Lexie juga diperiksa, sehubungan dg keterlibatannya dalam penanda tanganan sebuah dokumen.

IYENG SOPANDI
Seorang petugas rumah sakit, yg 'dipaksa' menyuntikkan formalin ke tubuh Cliff Muntu. Tipikal rakyat Indonesia, yg 'hanya' menjadi rakyat kecil, korban dari tindakan para pejabat. Bisa diperkirakan, hukuman yg diterima Iyeng akan cukup berat..sementara para pejabat akan mendapat keringanan, yg cukup signifikan menurut gw.loser

WIDJANARKO PUSPOYO
Seorang mantan pejabat Bulog, yg dituduh melakukan tindakan korupsi sebesar lebih kurang Rp 11 miliar, sebagai hasil kegiatan 'kasak-kusuk' dalam proses impor beras serta sapi pada tahun 2001-2002. Jumlah ini MUNGKIN tidak seberapa besar, tapi jika dilihat produknya, beras dan daging sapi, maka tindakan korupsi ini tentu sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, terutama yg di saat itu sedang kesulitan beras dan daging.

Belakangan, tidak saja Widjanarko yg ditangkap dan diperiksa sebagai pelaku korupsi. Keluarga besarnya juga dianggap terlibat. Mulai dari istri, anak2nya dan bahkan adiknya juga diperiksa.no komen

YUSRIL IHZA MAHENDRA & HAMID AWALUDIN
Dua orang menteri di kabinet SBY, yg dicurigai terlibat dalam kasus transfer uang milik Tommy Soeharto. Alih2 memberikan contoh sebagai pemimpin yg baik, kedua menteri ini kerap kali beradu argumen dan berkelit serta mengajukan 'serangan balik' pasal2 pada saat keduanya dihujani kecaman dan tudingan korupsi dari berbagai pihak.

Sedikit berbeda dengan 'jamak'nya pejabat Indonesia (menteri), yg lebih suka mencari perlindungan di bawah ketiak presiden apabila mereka menghadapi tuduhan korupsi....kedua menteri ini justru tidak segan untuk menyerang balik dan, seperti gw tulis di atas, menyebutkan pasal2 yg 'membantu' mereka.siyul2

MUNIR
Wafatnya Munir pada bulan September 2004 ternyata masih menyisakan banyak misteri. Bebasnya Pollycarpus tidak serta merta menjawab pertanyaan2 masyarakat. Pihak BIN dan kepolisian sendiri, menurut gw, masih tidak serius dan tidak cukup punya keberanian untuk mengungkap kasus ini. Nampaknya memang melibatkan banyak pejabat. Entah sampai kapan bang Munir 'diobok2'.sedih

PARTAHI MAMORA HALOMOAN LUMBANTORUAN
Seorang rakyat 'biasa' yg tiba2 terkenal, karena menjadi korban penembakan yg dilakukan seorang mahasiswa keturunan Korea Selatan (Cho Seung-hui) di Virginia. Partahi dikenal sebagai seorang mahasiswa Indonesia (S3 jurusan teknik sipil di Virginia Tech) yg baik, ramah dan bersahabat (dikutip dari majalah Tempo edisi 23 April 2007). Kematiannya menyisakan kedukaan yg mendalam, terutama bagi keluarga ibu angkatnya. Ironisnya kematian Partahi terjadi setelah dia menyelesaikan sidang desertasi, serta hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya, yg jatuh pada tgl 26 April.

Kejadian penembakan massal di Virginia ini, tak pelak 'menampar' pemerintah USA yg dirasakan terlalu longgar dalam hal perijinan senjata, serta gaya hidup para mahasiswa (yg dikritik Cho Seung-hui).

TUKUL ARWANA
Di bulan April ini, Tukul masih menjadi icon komedi Indonesia, dg talkshow Empat Mata yg menghibur (tapi kacangan...cekikikan). Meski mulai banyak ditinggal para pemirsanya, setidaknya gw dan Adis, ke-katro-an Tukul masih menyimpan gaya magnet yg mampu mengumpulkan sekian juta pemirsa...tidak hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri. Hal ini tidak terlepas dari beredarnya rekaman2 acara Empat Mata.

Seperti layaknya artis Indonesia, yg cenderung tidak puas serta (mayoritas) menggunakan aji mumpung, Tukul pun berbuat demikian. Buku biografi dan album rekaman pun dirambah oleh Tukul. Gw sendiri sempat membaca buku biografinya, sebenarnya kagum dg perjuangan serta keuletan Tukul dalam mencapai kesuksesan yg dia raih sekarang. Namun ada juga sikap2 Tukul yg tidak gw setujui, terlebih Tukul telah menjadi seleb dan tokoh masyarakat serta punya pengaruh di masyarakat sekitar.

Demikian tokoh di bulan April 2007 yg gw tampilkan. Jika ada tokoh lain yg menurut anda layak ditampilkan untuk bulan April 2007, silakan tulis juga di komentar. Kalo sempet, gw cari bahan+muat di sini....tapi ga janji deeeehhh....siyul2