Satu lagi cara penipuan yang menggunakan fasilitas LippoNetBank. Pagi ini saya mendapat informasi dari rekan-rekan di Cabang Samarinda bahwa telah beredar satu selebaran penipuan yang menggunakan fasilitas LippoNetBank. (selebaran terlampir)

Awalnya, salah seorang Staff LippoBank yang kebetulan akan mengambil uang di ATM, pada hari Jumat, tanggal 6 April 2007, sekitar pk 18.00 wita, menemukan selebaran tersebut di dalam ruang ATM KK Sutomo Samarinda. Selebaran tersebut diletakkan di atas mesin ATM ( yang ditemukan +/- 10 lbr ) dan 1 lembar ditemukan di dalam tong sampah dalam ruang ATM. Semua selebaran yang ditemukan langsung diambil Staff ybs.

Dalam selebaran tersebut, langkah-langkah registrasi VPIN LippoNetBank pada ATM yang di informasikan benar, tetapi setelah itu, penipu mengarahkan nasabah untuk menginformasikan nomor kartu ATM dan VPIN yang telah diregistrasi via SMS ke No. HP si Penipu. Yang seharusnya, nasabah yang telah melakukan registrasi di ATM, melakukan Registrasi Online sendiri. Nomor Kartu ATM dan VPIN inilah yang diambil oleh si Penipu, sehingga dia bisa melakukan registrasi online dan leluasa menguasai rekening nasabah yang bersangkutan.

Jika nasabah kurang memahami prosedur penggunaan fasilitas LippoNetBank yang benar, dan tidak peka terhadap informasi penipuan yang dlancarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dapat menimbulkan image kurang baik terhadap fasilitas LippoNetBank dan LippoBank secara keseluruhan.

Demikian kami sampaikan.

Linda N. Putri
PBT Coordinator
The Indonesian International Education Foundation
Menara imperium