Beberapa hari yg lalu, gw menuju sebuah warnet di daerah Mampang, di dekat pertigaan. Tujuannya jelas, selain hendak browsing, juga hendak ngejunk dan cek email...sapa tau ada replyan penting.

Warnet yg gw kunjungi ini sebenarnya bukan warnet favorit. Penyebabnya, komputer2nya seringkali bermasalah. Ada komputer yg ga bisa buka gmail.google.com, tapi cepet mengakses yahoo.com. Selain itu, ada juga komputer yg sama sekali ngadat browsingnya. Pokoknya mah, payah lahhh...

Belum lagi masalah billing (tagihan). Masa gw baru login, udah kena tagihan Rp 6000? Padahal se-jam-nya (dari daftar tarif) ditetapkan Rp 4000/jam. 'Untungnya' komplen gw diterima dan akhirnya tagihannya 'direset'.melet

Namun, puncak dari segala 'kekisruhan' yg gw alami di atas, yaa...saat gw berkunjung untuk yg terakhir kalinya. Dimulai dari lemotnya koneksi internet di komputer 'langganan' gw, padahal (saat kunjungan2 sebelumnya) biasanya berjalan dengan lancar dan oke punya. Akhirnya oleh operatornya gw disuruh pindah ke komputer di ujung ruangan.

Ya sudah, gw pindah ke komputer ujung. Dan seperti biasa, gw pakai FF Portable, biar lebih 'aman' menjelajahi internet dan melakukan aktivitas gw. Tunggu punya tunggu, respon komputernya kok lama banget untuk mendeteksi keberadaan flash disk gw?

Akhirnya setelah 2-3 menit, komputer 'memberitahu' bahwa identifikasi flash disk gw sudah berhasil. Segera gw menuju drive F, drive yg disediakan komputer untuk flash disk gw. Namun, apa lacur...?? Gw cuma temukan 2 file, yakni file .ico dan autorun.inf. Feeling gw langsung mengatakan bahwa komputer ini ada virusnya...!!!

Untuk mengeceknya, sangat mudah...segera gw buka Windows Explorer. Lalu gw pilih TOOLS dan melihat bahwa pilihan FOLDER OPTIONS sudah HILANG...!!! Berdasarkan pengalaman gw, ini adalah virus jenis berbentuk folder (modifikasi dari virus rontok Bro?).

SIAL...!!! FLASH DISK GW KETULARAN VIRUS BOW...!!!stres dan panik!!

Segera gw lapor operatornya. Dianya malah kaya orang bingung...malah sempat menuduh bahwa gw yg nularin virus ke komputernya. Yaa jelas, gw bantah...soalnya sebelum gw pindah ke komputer ujung, gw masih bisa akses flash disk gw...!!!

Daripada debat kusir ga keruan, akhirnya gw minta dia untuk ngecek komputer operator, apakah ada anti virus dipasang (diinstal) di sana. Gw ngekor...untuk memastikan ada anti virus terpasang di sana, jadi gw bisa sekalian bersihin flash disk gw dari virus keparat ini.

Namun, mendadak gw terbengong-bengong...saat melihat aksi si operator. Dia malah MENGECEK FOLDER MY DOWNLOAD FILES untuk melihat apakah antivirus terpasang di komputer operator itu...!!!dzigh

Gw langsung beritau si operator, untuk ngecek antivirus yaaa tinggal liat di start-program. Akhirnya si operator klik start-programs, dan TERNYATA TIDAK ADA ANTIVIRUS...!!!stres dan panik!!

Bah...bah...bah...!!! Baru kali ini gw nemu sebuah warnet yg, maaf, BEGITU TOLOLNYA...DENGAN TIDAK MENGINSTAL ANTI VIRUS, MINIMAL DI KOMPUTER OPERATOR...!!! Biasanya gw melihat SETIAP KOMPUTER TERPASANG ANTI VIRUS...untuk mencegah penularan virus yg mungkin terjadi. Bahkan di beberapa warnet, mereka menginstall deep freeze, sebagai upaya 'paling cespleng' dalam mengatasi tertularnya virus di drive system (Windows).

Ya sudah...daripada memperpanjang urusan dan bikin sakit kepala, gw segera pulang, lalu ngajak Wify ke kantornya, yg kebetulan dekat, untuk membersihkan flash disk gw dari virus2 dodol ini. Alhamdulillah, akhirnya flash disk gw bersih dari virus. Namun, muncul masalah lagi...folder2 yg ada di flash disk gw, statusnya masih HIDDEN. Untungnya gw selalu sedia tool canggih, Windows Commander. Tinggal ganti attribute folder2nya....ZAAAPPP....muncul lagi deh folder2 di flash disk gw..!!!

CUKUP SUDAH....GW GA AKAN MAU KE WARNET ITU LAGI..!!
*nama dan lokasi warnet sengaja disamarkan (tidak detail)...untuk keselamatan warnet dan operator itu...daripada digebukin*

Moral story:
- Kalo ke warnet, jangan langsung memasang flash disk ke komputer. Cek dulu, apakah ada pilihan folder options di bagian tools. Jika tidak ada, berarti komputernya sudah terkena virus...dan itu berarti, JANGAN PASANG FLASH DISK.
- Sediakan selalu anti virus di komputer/laptop. Laptop gw sendiri ga ada anti virus, karena jarang konek ke internet...sementara flash disk gw selalu bersih, karena komputer di kantor dan client selalu update antivirusnya.
- Jangan panik jika kena virus yg 'menghilangkan' folder2 di flash disk anda. Segera menuju komputer yg sudah terpasang anti virus, dan bersihkan flash disk anda dari virus2 itu. Untuk memunculkan kembali folder2, gunakan Windows Commander atau utility2 sejenis.