Sebagai motoris yg menempuh perjalanan lumayan lama untuk mencapai kantor, berada di jalanan (baca: menunggu ada peluang untuk maju di tengah kemacetan) merupakan saat2 'berharga' untuk belajar kehidupan. *duileee...bahasanya...xixixi...cekikikan*

Menengok kiri kanan, gw bisa melihat berbagai perilaku pengguna jalan. Mulai dari mencet klakson tanpa henti (jika lampu sudah hijau sementara tidak ada kendaraan yg bergerak), seniman jalanan, tukang koran, pak polisi yg mengatur lalu lintas dan masih banyak lagi.

Namun, dari semua itu, hal yg paling menarik (sekaligus menyebalkan) adalah melihat sikap para pengguna jalanan yg MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN...!! Dari mulai membuang puntung rokok, hingga membuang styfoam bungkus makanan siap saji...!!

PERKEDEL KALIAN YG TELAH MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN...!!!

Gw melihat orang2 yg doyan buang sampah sembarangan (ke jalan) adalah orang2 TIDAK BERADAB. Terlebih lagi jika yg membuang sampahnya adalah orang yg mengendarai mobil. Benar2 lebih tidak beradab...karena mereka SEHARUSNYA bisa menyediakan tempat sampah di mobil mereka. Ini kok malah buang sampah sembarangan?

Untuk motoris/pengguna kendaraan umum, tindakan mereka juga tidak dibenarkan...apapun alasannya. Jika mereka tidak mau disalahkan, yaaa...siapkanlah 1 kantong plastik untuk menampung sampah mereka. Saat tiba di tujuan, buanglah kantong plastik itu. JANGAN CARI PEMBENARAN UNTUK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN (APALAGI DI JALAN)!!

Percaya atau tidak, gw pernah ngobrol dg teman gw yg punya mobil namun suka buang sampah di jalan. Dengan entengnya dia menjawab,"Wah, Mi...mobil gw ga boleh ada sampah donk..!! Masa mobil bagus gini ada sampahnya?? Plis deehh..." Duh, pengen nonjok banget deh gw dengar jawaban seperti itu. Apa harga tempat sampah sedemikian mahalnya sehingga dia ga mau sediakan di mobilnya? Apakah di mobilnya ga ada tempat untuk menyimpan tempat sampah? Dan masih banyak apakah lainnya yg bikin gw jadi rada2 antipati ama dia.melet

Tapi, memang, kepemilikan jalan oleh pemilik kendaraan masih terbatas. Pemilik kendaraan menganggap JALAN adalah MILIK PUBLIK, DAN ITU TUGAS PEMERINTAH untuk menjaga/memelihara. Walhasil, mereka menganggap jalan = tempat sampah raksasa...dan mereka bisa buang sampah di sepanjang jalan yg mereka lalui.

Kesimpulannya, seperti judul artikel ini...Kendaraan Gw Mesti Bersih. Jalanan Kotor, Sapa Peduli? EMANGNYA GW EGEPE?