Artikel ini mendadak muncul di kepala, gara2 ada kejadian yg dialami 2 temen dan kenalan gw. Jadi, ceritanya, mereka sedang menjalani tes (tulis) untuk masuk pekerjaan. Nah, di tengah kesibukan menjawab soal2 yg diajukan, mereka mengirim pesan (sms, nelpon, dan online) kepada teman mereka, menanyakan arti dan minta penjelasan dari beberapa soal yg mereka hadapi.

Nah, permasalahannya, apakah ini tindakan legal?

Gw sendiri menjawab LEGAL...!! Karena setahu gw, saat menjalani tes (tulis) biasanya TIDAK DISEBUTKAN LARANGAN MENERIMA INFORMASI/BERTANYA. Jelas berbeda dengan tes saat kita belajar atau kuliah. Di sana, dosen/perguruan tinggi/guru sudah menjelaskan aturan mainnya...NO CHEATING...!!!

Sementara, bagi kita2 yg sudah mengalami masa kerja, mungkin sudah tahu bahwa dalam suasana kerja, sudah 'wajar' untuk bertanya (pada siapapun) jika kita menghadapi masalah. Bahkan, sudah menjadi 'keharusan' untuk orang2 yg bekerja di bidang IT, bahwa mereka 'mesti' terhubung ke internet, setidaknya mereka bisa bertanya pada oom Google jika ada masalah. Atau bahkan kadangkala mengontak teman2 lain yg mereka anggap (lebih) kompeten untuk membantu mereka.

Lho, kalo gitu mereka cheating donk?mode setan

Yaa....terserah anggapan anda2 semuah jika menganggap mereka curang. Gw sendiri menganggap tindakan mereka bertanya itu sah2 saja...dg alasan yaaa...itu tadi, NO CHEATING RULES...!!! Adapun jika mereka tidak diterima kerja, gw ga tau apakah mereka tidak lulus ataukah karena pihak perusahaan tahu mereka berbuat curang. Itu kan hak perusahaan itu sendiri untuk memutuskan apakah mereka menerima atau tidak.

Ada pendapat lain?siyul-siyul