Tidak sedikit diantara kita yg suka memajukan jam (terutama jam tangan). Ada banyak alasannya, tapi yg gw tau, mayoritas para pemaju jam ini beralasan agar mereka tidak selalu on-time. Dan memang, beberapa orang yg doyan memajukan jam, biasanya suka ngaret kalo datang atau janjian.

Gw sendiri, meski jarang ngaret, alhamdulillah....memajukan jam tangan dan jam di hape gw. Alasannya gampang, biar gw lebih cepat bergegas dan berangkat menuju tempat tujuan. Kalopun gw akhirnya datang telat, yaaa...yg jelas bukan karena gw berangkatnya telat...tapi biasanya, untuk kasus telat di Jakarta, penyebabnya macet...apalagi sih alasan telat di Jakarta kalo bukan macet??melet

Nah, dari banyak orang yg suka ngaret, mungkin temen kuliah gw bisa jadi contoh yg pas. Dia SELALU TELAT MINIMAL 2 JAM dari jadwal janjian/ketemuan. Jadi, kalo ngajak ketemuan jam 2 siang, dia bakal datang jam 4-5sore. Dan dia datang dg cengar-cengir...seakan tak bersalah. Walhasil, temen2 kuliah (apalagi gw) ogah banget berurusan ama dia, apalagi bikin janji. Mending kalo kita yg butuh...banyakannya, dia yg butuh...tapi dia seenaknya telat. Dasar kampring...!!!dzigh

Temen tadi akhirnya memajukan jam tangannya. Dia bilang akan memajukan jam-nya 1/2 jam. Namun, toh itu tidak membantu banyak...masalahnya sepele...DIA TAHU BAHWA JAM-NYA LEBIH CEPAT 1/2 JAM...sehingga dia yaaa...tetep aza berangkatnya telat..dzigh

Dari sekian banyak orang yg suka memajukan jam-nya, ternyata bervariasi waktu yg mereka majukan. Pada umumnya mereka memajukan 10-15 menit. Gw sendiri lebih suka memajukan jam gw sekitar 20 menit. Gada alasannya sih...cuman doyan angka 20 aza.cekikikan Tapi, ada juga orang yg memajukan waktunya dg angka yg aneh. Ada temen gw yg majuin 35 menit, malah ada yg maju 2 (DUA) JAM!! Tapi itu semua masih mending...temen gw ada yg PALING ANEH...KARENA DIA MEMAJUKAN 12JAM...!!!ngakak

Majuin waktu sebanyak 12 jam, yaaa...jelas 'ga ada' bedanya lah...soalnya jarum jam akan memperlihatkan posisi yg sama. Gw suka ketawa sendiri kalo ketemu dia en (iseng) nanya jam.
"Eh, jam berapa sekarang??"
"Jam 2.15...."

"Pas ga?"
"Pas....cepet 12jam..."dzighngakak

Buat gw, keuntungan terbesar dari dimajukannya jam adalah BISA PULANG CEPAT. Soalnya gw bisa beralasan kalo jam di gw sudah menunjukkan jam pulang.melet Meski kadang adu argumen juga dg client...tapi toh gw datang juga datang cepet...jadi apa salahnya gw pulang juga (sedikit) lebih cepat?

Kerugiannya jelas pernah gw alami. Parahnya, pengalaman ini terjadi pas puasa sunnah. Jadi, gw puasa...terus liat jam, sudah waktunya buka. Kebetulan lagi di angkutan umum (sebelum gw jadi motoris lho...), en ga kedenger suara adzan. Otomatis gw segera buka botol minuman, dan berbuka. Setelah sekian lama....eh, baru kedenger suara adzan. Hwaduh...halah Walhasil, gw berserah pada Dia untuk urusan amalan gw diterima ato gak...melet

So, seberapa cepat anda memajukan jam anda?? Atau anda yakin dengan ketepatan waktu anda??kedip-kedip Atau anda punya pengalaman lain?

ps: Jay sempat membahas tentang jam, namun berbeda topik