Free Image Hosting at www.ImageShack.usBeberapa waktu lalu, saat gw pergi ke gramedia, gw menemukan sebuah buku yg menarik. Judulnya, seperti tertera di foto sebelah kanan ini, rada2 serem, "The Mass Killer of The Twentieth Century". Dengan foto Adolf Hitler 'menguasai' sampul buku, tidak pelak lagi, buku ini memang benar2 'akan' bercerita tentang pembunuhan2 massal yg terjadi di abad 20.

Gw baca dg 'fast reading mode' tapi tidak mengurangi informasi yg masuk, ternyata buku ini cukup menarik. Tiap tokoh pembunuh massal ini diceritakan bagaimana mereka mencapai jabatan tertinggi di negara mereka, kemudian melakukan pembunuhan2 massal, tidak hanya di negara mereka, tapi (terkadang) juga menimpa orang2 di luar negara mereka.

Bagian yg menarik dari buku ini adalah dicantumkannya presiden Republik Indonesia yg pernah menjabat cukup lama, Soeharto. Di sampul buku ini, anda bisa lihat di sebelah kiri bawah. 'Dosa' mbah Harto adalah melakukan pembunuhan massal terhadap para anggota PKI, serta digelarnya Petrus (Penembakan Misterius), sebuah tindakan pembunuhan terhadap para penjahat kambuhan (residivis) sebagai upaya 'shock therapy' agar penjahat2 lain lebih mikir dulu sebelum bertindak.

Sayangnya, buku ini sedikit miskin gambar/foto. Tidak banyak gambar/foto yg ditampilkan. Mengenai harga, gw rada2 lupa...tapi yg jelas di atas Rp 50 rebu. Jadi, kalo yg berminat (banget) dengan sejarah, barulah buku ini layak dibeli...setidaknya kata gw. Gw sendiri sih, kalo memang bisa baca di tempat, yaa...baca di tempat...asal jangan komik, ntar kena kasus kaya dulu, xixixi...cekikikan