Melihat, mendengar, dan (sedikit) mengalami bencana banjir yg melanda DKI Jakarta, membuat gw prihatin dan kasihan kepada Gubernur DKI, yg saat ini dijabat Bang Yos. Betapa tidak...kecaman, hujatan, makian, permintaan bantuan, dan beribu ekspresi ditujukan kepadanya.

Hal ini terjadi karena banyak korban banjir yg merasa tidak mendapatkan pertolongan dari pemerintah daerah DKI. Kelaparan, sulit mendapatkan air bersih, tidak adanya baju ganti, ketidakjelasan tempat pengungsian, penyakit yg mulai menghantui, membuat mereka bingung kepada siapa mereka harus 'menggantungkan' hidupnya. Padahal selama ini, mereka MERASA mempunyai pemerintah yg siap membantu dan melindungi mereka.

Belum lagi kecaman karena Bang Yos yg (dianggap) terlalu memprioritaskan pembangunan dan peluncuran busway koridor baru (koridor IV - VII), yg dikomentari juga, terlalu dipaksakan untuk dilakukan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa jumlah bus yg beroperasi sangat tidak memadai, hanya tersedia sekitar 20 bus sementara jumlah idealnya sekitar 200.

Bang Yos sendiri tentunya ga mau disalahkan begitu saja. Berbagai argumen dan pernyataan yg membantah 'kecaman' dan kritikan telah dilontarkan Bang Yos juga.

Tapi, sebenarnya bukan ini yg hendak gw bidik..

SIAPAPUN ORANGNYA, DIA AKAN BERNASIB MALANG JIKA MENJADI GUBERNUR DKI JAKARTA

Kenapa nasibnya malang? Karena dia mesti mengatasi:
1. Bencana banjir, seperti yg terjadi sekarang
2. Bencana kurangnya air bersih, jika terjadi musim kemarau
3. Bencana kebakaran, yg seringkali dicurigai sebagai trik untuk membebaskan suatu wilayah...yg ujung2nya dibangun pusat perbelanjaan (hypermarket)
4. Bencana polusi...terutama polusi udara, yg membuat hidup di Jakarta tidak nyaman...(apalagi buat motoris kaya gw...ngisep asap teruusss...huaaaa....)
5. Bencana penyakit...seperti flu burung dan demam berdarah
6. Bencana transportasi, dg kian macetnya jalanan
7. Bencana perumahan, dg berdirinya/dibangunnya bangunan di tempat2 yg seharusnya menjadi daerah resapan air

btw, nasib malang ini hanya akan dialami oleh gubernur yg 'bener'. Kalo gubernurnya korup, kepala batu, bla bla bla...yaa...cuek beibeh...dzigh

artikel ini dibuat dalam rangka menyambut pemilihan Gubernur DKI tahun 2007 ini.hip hip huraa.......trims buat bung Husin Yazid, untuk beberapa idenya big grin