Sejak seminggu lalu, gw di'spam' sms oleh operator XL, berisi pengumuman bahwa mulai 10 Februari 2007 diberlakukan tarif baru untuk pemakai layanan pro XL, terutama yg 'berbasis' paket bebas/extra sms. Di situ dituliskan tarif barunya adalah Rp 25/detik ke SEMUA OPERATOR, SEMUA TEMPAT, SEMUA WAKTU.

Nah, pertanyaannya adalah...apakah tarif ini murah atau mahal? Mari kita kalkulasi...jangan sampai gw (dan pelanggan XL lainnya) tertipu dan menderita kerugian akibat pemberlakuan tarif baru ini.siyul-siyul

Tarif lama pro XL, setahu dan seingat gw adalah sebagai berikut. Rp 250/30 detik atau Rp 500/menit atau Rp 1000/2 menit. Jadi, Rp 25/3 detik, atau Rp 8/detik. Ini berlaku untuk SESAMA XL DIMANAPUN DIA BERADA...karena seinget gw, XL sudah TIDAK MEMBERLAKUKAN ATURAN ZONA...SEMUA DIHITUNG FLAT. Sementara untuk beda operator, seinget gw sekitar Rp 1000/30 detik...atau Rp 100/3 detik atau Rp 33.33/detik. Gw ga terlalu ingat, apakah tarif beda operator ini berlaku dengan aturan zona atau tidak. Seinget gw sih, tidak ada aturan zona. CMIIW..nyengir

Secara itungan kasar, tarif Rp 25/detik SEAKAN MURAH...tapi jika kita bicara selama 1 menit, atau 60 detik, maka tarifnya akan menjadi Rp 25 * 60 = Rp 1500/menit...!!!halah LHO...KOK JADI MAHAL BANGET YA?? Dari Rp 500/menit menjadi Rp 1500 menit!!

Oke lah...jika tarif itu diberlakukan untuk BEDA OPERATOR, MAKA AKAN CUKUP MURAH. TAPI JIKA DIBERLAKUKAN KEPADA SESAMA PEMAKAI XL, INI SANGAT MAHAL...KARENA INI BERARTI TARIFNYA NAIK HINGGA 300%!!!halah

ANEH SEKALI PRO-XL INI....DI SAAT OPERATOR-OPERATOR LAIN 'BANTING HARGA' UNTUK TARIF PERCAKAPAN SESAMA OPERATOR, INI MALAH MENAIKKAN TARIF...TIDAK TANGGUNG-TANGGUNG...HINGGA 3 KALI LIPAT...!!!

Bandingkan dengan esia, yg tarifnya hanya Rp 1000/JAM untuk percakapan sesama esia...!!

Duh..untuk pihak manajemen pro-XL, mbok yaaa JANGAN MENIRU TELKOMSEL YG MENIPU KONSUMEN DENGAN MENGENAKAN TARIF DETIK-DETIKAN....BILANGNYA RP 20/DETIK ITU MURAH...TAPI SEBENARNYA KAN MAHAL...APALAGI TARIF KARTU AS ITU HANYA BERLAKU UNTUK SESAMA KARTU AS.siyul-siyul

Untungnya saat hendak posting artikel ini, paginya gw baca di KoTe, artikel yg membahas perubahan tarif dari pro XL ini. Di artikel itu, Indonesia Telecommunication User Group (IDTUG) MEMPERTANYAKAN perubahan tarif ini. IDTUG sendiri lebih membahas ke arah regulasi/peraturan...namun di artikel itu, tertulis pernyataan yg serupa dg yg gw khawatirkan...masalah tarif yg LEBIH MAHAL.
Sebab, bila dihitung per detik, tarif baru ini MEMANG KELIHATAN MURAH. Tapi, bila dihitung per menit, tarif tersebut menjadi lebih mahal daripada tarif sebelumnya.
Ternyata benar kan...ADA YG BERPIKIRAN SAMA DG GW...btw, DIHITUNG PER DETIK ATAU PER MENIT, TETAP SAJA, JELAS LEBIH MAHAL....!!!mata duitan

Pihak manajemen XL sendiri berargumen bahwa tarif baru ini untuk menyederhanakan perhitungan. Emang bener, perhitungan akan lebih mudah...TAPI LEBIH MAHAL, BOW...!!!

Dari artikel KoTe ini...ada hal yg menarik. Di sana dituliskan
Pelanggan XL juga belum ada yg memprotes perubahan tarif ini.
Ah, KoTe masih juga salah....gw udah protes lho...cuman gw tulis di blog ini...tidak melalui surat pembaca. Kenapa lewat blog?
1. Lebih luas jangkauannya. Pihak manajemen bisa membaca protes dan argumen gw dg mudah. Tinggal buka browser, ketikkan alamat blog ini....dan baca tuh komplen gw ini.

2. Ada staf XL yg suka baca blog gw ini kok....hihihih...mungkin Adiguna cs bisa bicara ke pihak manajemen ttg protes gw ini. Sehingga pihak manajemen pro XL bisa merefer ke poin 1 untuk menanggapi.

3. Perbandingan tarif operator sudah sering gw bahas di blog ini. Meski kadang mendapat kecaman...tapi yaaa ndak apa gw dikecam...asal ga keterlaluan. Kalo dah keterlaluan, bakal gw setip komentar keterlaluannya itu...cekikikan

4. Kasus gw dg XL bisa cepat diselesaikan karena adanya blog ini.cekikikan

So, mari kita tunggu tindakan manajemen XL...nyengir