Sebenarnya ini sudah sedikit basi...tapi tidak ada salahnya gw muat...sebagai FYI geto loh...

Dimulai dari obrolan Adis, seperti berikut:

ferxyz (12:22:41 AM): :D
ferxyz (12:22:41 AM): nape loe?
adis_xxx (12:22:55 AM): grrrrr
adis_xxx (12:22:56 AM): bete
adis_xxx (12:23:06 AM): :((
adis_xxx (12:23:11 AM): sariawan dua biji di lidah
adis_xxx (12:23:19 AM): peurihhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bener
ferxyz (12:23:29 AM): :))
adis_xxx (12:23:41 AM): gag bisa makan enak nih
adis_xxx (12:23:44 AM): :(
ferxyz (12:24:19 AM): mkn cabe
ferxyz (12:24:19 AM): biar sembuh
ferxyz (12:24:19 AM): or jeruk dis
ferxyz (12:24:19 AM): lgs taro di tmp sariawannya
ferxyz (12:24:27 AM): makanya kl ciuman jgn nepsong
ferxyz (12:24:27 AM): kegigit jd sariawan
adis_xxx (12:24:37 AM): gue dah pake albotil neh
adis_xxx (12:24:43 AM): yeeeee
adis_xxx (12:24:48 AM): ;))
adis_xxx (12:24:52 AM): :">
ferxyz (12:25:06 AM): heh jgnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
ferxyz (12:25:06 AM): itu udah di larang
adis_xxx (12:25:18 AM): hah knp emang?
adis_xxx (12:25:22 AM): kata siapa di larang?
ferxyz (12:25:31 AM): ga boleh lg di konsumsi
ferxyz (12:25:31 AM): loe ga tau ya?
ferxyz (12:25:31 AM): iya bnr
adis_xxx (12:25:33 AM): :-O
ferxyz (12:25:52 AM): coba deh tny sm dr toris
ferxyz (12:25:52 AM): gw lupa knp2nya
ferxyz (12:25:52 AM): kl ga slh, matiin jaringan
adis_xxx (12:26:06 AM): tp kan bukan di konsumsi, cuma di tetesin dikittttt
adis_xxx (12:26:12 AM): :-O
adis_xxx (12:26:15 AM): masa sih?
ferxyz (12:26:30 AM): iya
ferxyz (12:26:37 AM): yeee
ferxyz (12:26:49 AM): tny coba ma dr toriz
adis_xxx (12:26:59 AM): ooooooooo
adis_xxx (12:27:05 AM): gaswat
adis_xxx (12:27:11 AM): gue dah pake sejak 3 hari yg lalu
adis_xxx (12:27:16 AM): tiap siang ama sore
adis_xxx (12:27:23 AM): tp blm sembuh2 juga :(
ferxyz (12:27:34 AM): ga tau ada air raksa or apalah
ferxyz (12:27:34 AM): uuuuuuuuuuu
ferxyz (12:27:34 AM): itu ga nyembuhin
adis_xxx (12:28:12 AM): air raksa?
adis_xxx (12:28:14 AM): ???
adis_xxx (12:28:17 AM): omg!!!

Sempat ada yg bilang kalo abotil memang sudah dilarang...
bener, Abotil dah dilarang.
duh, imel klarifikasinya kehapus.
Tapi karena imel klarifikasinya tidak pernah gw dapetin...gw anggap ini hoax juga...siyul-siyul

Priyadi sendiri punya pendapat seperti berikut:
HOAX... kalo dilarang pasti apotik udah gak jualan
mungkin yang ditakutin bukan air raksa, tapi formalin.
Golda punya opini yg mengejutkan:
abothil itu obat buat vagina.. bukan buat sariawann
Untungnya Ivo memberikan penjelasan dari statement Golda
bisa buat dua-duanya sus.
obat ini cepet banget nyembuhin luka.
cuman ya itu pedihnya minta ampun.

buat yang abis melahirkan, cuma ini obat buat lukanya cepet pulih.
kalo mau gak sembuh-sembuh ya silakan gak pake albothyl.

nah karena kemampuannya yang cepat menyembuhkan luka,
albothyl dosis kecil dijual sebagai obat sariawan.

btw namanya ALBOTHYL™.
dan barusan nyari di internet belum nemu info resmi soal ditariknya obat ini.

kayaknya ada yang nyebar hoax deh.
mungkin karena obat ini terlalu pedih jadi ada yang dendam.

besok kalo gue gak suka sama minuman botolan apa gitu,
gue bikin hoax aja kali ye bahwa minuman itu mengandung air raksa.

dokter kandungan memilih obat ini supaya luka cepet sembuh.
soalnya luka (yang sangat besar itu) kalo dibiarin bleeding
seminggu dua minggu menunggu sembuh sendiri,
yang ada keburu kehabisan darah itu ibu yg abis melahirkan.

so, ladies, persiapkan mental anda.
sariawan itu sakitnya "baru" segitu.
Mas Setiawan melengkapi dg statement berikut:
Gak mungkin ada air raksa, bikin sediaan internal kan syarat2nya ketat banget, kalo nggak mana mungkin lolos uji. Albotyl itu kalo gak salah buat vaginasis, or samting laik det *garuk-garuk*, karena jaringan dibawah sana dan jaringan di mulut mirip-mirip gitu lha, jadinya bisa dipake untuk sariawan. Basically albotyl berguna untuk melindungi jaringan yang terluka (ie. sariawan) dari bahan2 asing (makanan, minuman, etc) dan memberi perlindungan untuk luka biar bisa sembuh meski berada di daerah yang basah/lembab. Seinget gw sih gitu. Cmiiw ^^
Sementara, dokter gigi Rara menjawab demikian:
DEFINETELY HOAX!!!
Tepu tuh albothyl kalau pake raksa! Isi albotyl adalah policresulen *lagi baca komposisi di botolnya*

Justru albotil itu adalah obat yg paling direkomendasikan untuk kauterisasi luka, sebab albotil tidak merusak jaringan sehat. Albotil hanya mengkauter jaringan yang terinfeksi. Coba saja albotil ditaruh di bagian yg nggak ada sariawannya, nggak bakal terasa apa2.

Adis, kalau sariawan itu ada macam-macam penanganannya..
Bisa pake obat, misalnya pake albotyl atau solcoceryl.
Buat yang nggak tahan sakit bisa pake solcoceryl, berupa salep tinggal dioleskan di tempat yang bermasalah.
Selain itu dalam rangka membantu pemakaian obat, kalau setelah sikat gigi bisa kumur dengan obat kumur (Oral-B, atau listerine, atau betadine, sama saja). Kumurnya selama 30 detik. Setelah kumur, jangan kumur pake air lagi. Dibiarkan saja, supaya zat-zat yang di dalam obat kumur itu bereaksi.

Semoga mencerahkan.
Lalu Adis memberikan klarifikasi:
Waks..iya Ra, Sabtu kmrn gue ke dokter gigi sekalian kontrol...
pas gue bilang lagi sariawan, ternyata sama dokter gigi gue di kasih albhotyl juga..
dan katanya bohong itu kalo albotyl mengandung air raksa...
Penasaran, gw googling, dan menemukan beberapa info berikut:

http://www.pom.go.id/nonpublic/reg/detail_produk.asp?idp=22242011&klas_id=01
Produk : ALBOTHYL LAIN-LAIN 360 MG/gram Botol plastik @ 100 ml
Nomor registrasi : DKL8121600341A1
Bentuk Sediaan : LAIN-LAIN 360 MG/gram
Kemasan : Botol plastik @ 100 ml
Komposisi : POLICRESULEN
Klasifikasi : Obat:: GENITO URINARY SYSTEM AND SEX HORMONES :: Gynecological antiinfectives and antiseptics
Produsen : PHAROS INDONESIA

http://www.pharos.co.id/detail_produk.asp?nm_produk=ALBOTHYL%20ovula
ALBOTHYL ovula ®
Golongan : R
Komposisi :
1 Albothyl ovula (vaginal suppository) mengandung 90 mg Albothyl
Indikasi :
Ginekologi : Vaginitis, keputihan vagina dan serviks (leher rahim) karena berbagai etiologi, ektropia dan erosi dari porsio dan serviks, servisitis. Sebagai hemostatik setelah biopsi dan pengangkatan polip di serviks, erosi uretra eksterna dan papiloma uretra, kondiloma akuminata. Luka akibat pemakaian instrumen ginekologi, untuk mempercepat proses penyembuhan setelah elektro-koagulasi.

http://www.medicastore.com/cybermed/detail_obat.php?idobat=0000000123
NAMA ALBOTHYL VAGINA SUPPOSITORIA
GENERIK Polikresulen (produk kondensasi Asam Metakresolsulfonat & Metanal).
KEMASAN Vagina supositoria 90 mg x 6 biji.
INDIKASI
# Pengobatan lokal pada inflamasi/peradangan servikal (leher rahim) & vagina bersamaaan dengan keputihan, kolpitis (radang liang vagina) & servisitis (radang leher rahim), erosi servikal, trikomoniasis & kandidiasis.
# Menghentikan perdarahan setelah biopsi & pembuangan polip servikal.
# Ulkus dekubitus yang disebabkan oleh pessarium (alat yang dipasang dalam liang senggama untuk menyangga rahim atau poros usus, atau untuk kontrasepsi) setelah elektrokoagulasi untuk regenerasi aktif.
# Kutil pada alat kelamin.
HARGA
Rp. 54,016,- / kemasan

Kesimpulannya:
1. Albothyl mengandung air raksa (atau merkuri) adalah HOAX
2. Penggunaan Albothyl sendiri sebenarnya lebih ditujukan untuk VAGINA, BUKAN UNTUK SARIAWAN

Tapi, kayanya asyik juga kalo nyebarin hoax kalo....ah, sudahlah, ga jadi deh...hihihih...siyul-siyulmode iblis on