Sudah 22 bulan sejak gw punya K500i, menggantikan tugas 6510 yang waktu itu mendadak ngehang dan mesti masuk tempat servis Nokia. Waktu itu, gw beli dg harga sekitar Rp 1,6juta, harga murah meriah (di jamannya) dengan fitur yg cukup memadai...setidaknya buat gw.siyul-siyul

Selama 22 bulan ini, K500i udah nemenin dan berguna di berbagai kesempatan, terutama untuk fitur kameranya (banyak hasil jepretan K500i dimuat di blog ini)...meski belakangan ini gw merasa kamera ini semakin TIDAK memadai, karena hasil jepretannya yg kurang yahud (ya iya lah...kamera cuma vga kok ngarepin yg 'ketinggian'we we we). Selain itu, gw juga menemukan beberapa hal 'kelemahan' K500i...
1. Reminder kurang variatif. Sebagai contoh, di 6510, ada reminder ulang tahun. Nah, reminder ini akan selalu 'terpasang' di 6510. Misalnya, gw set ulang tahun 27 Mei, nah, di tahun2 berikutnya, reminder ulang tahun ini akan tetap muncul. Sebaliknya, di K500i ini tidak ada kategori reminder...dengan demikian, semuanya dianggap sama. Kalo gw pengen ngeset alarm ulang tahun, maka, gw mesti set TIAP TAHUN. Aiihh..Boooww...Capeee....Deeehhh....halah-halah

2. Memory yg kurang memadai. Ya ya ya...semula gw berpikir memory 12mb cukup, tapi ternyata, baru transfer 2 file mp3, langsung jwewewe memorinya. Kalo beli hape baru, memory bakal gw pertimbangkan.

3. Ringtone sms tidak support mp3...bahkan cuma ada 6 pilihan suara. Karena ga ada pilihan message alert yg lain, terkadang kalo gw lagi jauh dari hape, dan terdengar message alert hape, gw suka buru2 menghampiri meja. Namun ternyataa....hape milik orang lain. Halah..pasaran banget ringtonenya euy...dzigh

4. Tidak ada fasilitas "Insert number phone". Nampaknya fitur ini memang tidak dipunyai SEMUA hape keluaran SE. Soalnya, gw sempet cek ke K600 (yg sudah 3G), ternyata fitur PENTING (minimal buat gw) tidak ada. Adalah 'hal yg lucu', jika kita hendak meng-sms teman yg nanya no hape temen lain, kita mesti catat dulu di kertas. Aiihh..Boooww...Capeee....Deeehhh....halah-halah

5. Jumlah notes yg terlalu sedikit....selain karakternya juga terbatas. SE K500i hanya menyediakan 10 notes, yg maksimum jumlah karakternya 'cuma' 254 karakter. Aduh euy...masa cuma segitu euy...padahal memori hape gw masih banyak. Mestinya, yaaa...manfaatkan donk memori hape yg ada.alamak

6. Kartu bisnis yg tidak umum tipenya (formatnya). Maksud gw, kalo gw kirim kartu bisnis (business card) ke orang lain yg tipe hapenya beda, maka formatnya akan berantakan (tidak bisa dilihat...setidaknya yg gw alami dg nokia 6210). Selain itu, yg membuat sebal adalah tiap kali business card dikirim, FOTOnya 'mesti' dikirim juga. Bah...bah...baaaahh....alih2 ngirim sms (plain text), gw malah jadi ngirim MMS.

7. Tidak ada folder untuk menyimpan SMS. Mungkin tidak terlalu penting, sih...jadi, yaa..bisa diskip. Tapi tetep aza kalah fitur ama 6510 bahkan 6210, hihihi...cekikikan

8. Dari 7 poin di atas, semuanya masih 'mending' dibanding poin 8 ini. Seperti judul artikel ini, K500i gw ini PUNYA INISIATIF NELPON, MOTRET (BAHKAN SATU WAKTU MENGIRIM MMS DARI HASIL POTRETAN 'DIAM-DIAM' INI), BAHKAN MENG-SMS. Tindakan ini dilakukan SAAT HANDPHONE TERKUNCI (LOCKED). Kejadian ini cukup sering terjadi, apalagi inisiatif menelpon, seringkali adik gw atau Wify bingung, karena mereka 'dikontak' gw, dan saat diangkat kok gw ga ngomong. Anehnya juga, nomor yg di-dial hape gw ini random (acak), namun yg paling sering yaa adik gw en Wify.alamak Bahkan Wify pernah menerima mms dari gw, isinya foto it*m. Pas gw cek, ternyata hp gw ini sudah memotret sebanyak 15 (LIMA BELAS) KALI dan mengirim 1 MMS ke Wify, serta ada 1 draft MMS di folder DRAFT. PADAHAL HAPE DALAM KEADAAN LOCKED (TERKUNCI)...!!! Oya, kejadian ini terjadi tidak hanya saat hape ada di saku celana, namun juga saat di saku baju. Kalo di saku celana, kejadian ini MUNGKIN terjadi, karena bisa jadi hape gw kepencet...tapi MESTINYA TIDAK MUNGKIN terjadi, karena (seperti gw bilang berulangkali) hape gw SELALU DIKUNCI saat disimpan (baik di saku celana maupun baju). Apa ini BUG, ato jangan2 ini program dari SE, yg muncul setelah hampir 2 tahun kepemilikan? Tujuannya mungkin agar pemilik hape segera ganti hapenya??ngakak

Kayanya 8 poin 'kelemahan' pada K500i ini (terutama poin 8) sudah cukup menunjukkan bahwa gw mesti ganti hape...cekikikansiyul-siyul Sempat kepikiran nyari E70, tapi setelah melihat paket penjualannya di Oke Shop dan Nokia Centre, ternyata PAYAH juga paket yg ditawarkan. Sebagai sebuah hape multimedia yg cukup lengkap (3G, kamera 2mp, memory bisa expand), namun paket yg ditawarkan 'hanyalah' hape, charger, baterai, dan manual. Padahal, 'SEMESTINYA', sebuah paket hape multimedia 'HARUSLAH' ada kabel data, cd (berisi software utility). Akibatnya, gw batalin deh beli E70...percuma aza kalo gw mesti kabel data + cd tambahan.Aiihh..Boooww...Capeee....Deeehhh....halah-halah

Udahan dulu ah reviewnya...mo hunting hape baru lagi nich...pengennya yg QWERTY mode, tapi bujet cekikikan
*tetep aza, masih bingung ama K500i gw ini, bisa 'unlocked' dan beraktivitas sendiri...bingung*