Sekitar 2-3 bulan terakhir ini, jalur busway Ragunan - Kuningan sudah mendekati penyelesaian. Ini berarti jalur khusus busway sudah siap untuk digunakan, karena menurut rencana, Januari 2007 ini 4 jalur baru busway akan diresmikan bang Yos.

Nah, kesiapan jalur busway ini ternyata tidak luput dari 'inceran' para motoris...termasuk gw. Cukup sering, meski tidak tiap hari, gw melintas di jalur busway ini...terutama di awal2 jalur ini 'dibuka'. Alasan klisenya, kalo jalur biasa bakal nemu macet...terutama karena jumlah lajur kendaraan di Mampang-Warung Buncit sudah berkurang, dicomot 1 lajur untuk busway. Walhasil, jalur Mampang-Warung Buncit, yg semula 'cukup' tertib karena ada jalur cepat dan jalur lambat, kini menjadi campur baur...motor, mobil, metromini, bus 102, bus 86, bus 48, semua melewati jalan yg (kian) sempit.alamak

Alasan 'tidak' klisenya...ya jelas...gw pengen testing motor dan jalur busway ini. Bisa ngebut hingga 80 km/jam di jalur busway menimbulkan kenikmatan dan sensasi bermotor yg tidak ada duanyasiyul-siyul. Selain itu, dengan lewat jalur busway ini, gw bisa hemat hingga 10 menit perjalanan dibanding biasanyanyengir.

Nah, sejak sekitar awal Desember 2006, pak polisi setempat membolehkan kendaraan lain menikmati fasilitas 'VIP' ini. Hal ini merupakan pukulan telak bagi gw dan para motoris, karena keberadaan kendaraan lain jelas membuat situasi kian tidak nyaman. Hal ini dikarenakan jalur yg semula bisa memuat 3-4 motor, kini kadang harus 'habis' karena tertutup mobil2 SUV atau bus dan metromini yg bodynya bengkak2 kaya orang inihee hee.

Akibatnya jelas, waktu tempuh gw menjadi lebih lama...bahkan belakangan gw hitung, gw jadi makin telat 10 menit datang ke client, karena semua lajur terbuka untuk umum...alias tidak ada lagi previlage bagi motorissedih euy.

Sementara itu, peresmian jalur busway baru ternyata diundur. Semula dijadwalkan 15 Januari 2007, yang bertepatan dengan 4 tahun busway. Namun, karena sesuatu hal, diundur menjadi 27 Januari 2007.

Sudah sejak minggu kedua Januari 2007, nyaris bersamaan dengan pemberlakuan jalur kiri dan menyalakan lampu bagi motoris (meski masih tidak konsisten), jalur busway Ragunan - Kuningan ini dibenahi. Penutupan jalur mulai dilakukan, karena para pekerja mesti memperbaiki kondisi jalan serta membenahi 'printal printil' sebagai penyelesaian akhir. Walhasil, motoris mesti rela lewat jalur 'lemot'...bersaing dg kendaraan2 lain yg lebih besarsedih euy. Pak Polisi setempat pun banyak berjaga di sekitar perempatan, mencegah para motoris 'nakal' yg berusaha memakai jalur busway ini.

Sekitar hari Selasa kemaren, saat berangkat ke client, gw mendapati jalur busway sekitar Mampang - Mampang Prapatan VII terbuka. Tidak seperti jalur busway di perempatan sebelumnya, Mampang - Duren Tiga, yg dijaga Pak Polisi serta jalur ditutup dengan pagar khusus. Dasar motoris, meski gw merasa ada kejanggalan...melihat peluang ini, gw ga sia2kan...segera gw masuk ke jalur busway ini, dan ngebut...tancap gas cooyyy...ngakak *tawa kemenangan dan senang, terutama karena jalur busway-nya bener2 kosong...*

Eh, ternyata kejanggalan yg gw rasakan emang beralasan. Sekitar sepertiga jalan akan menuju perempatan Mampang / Tendean, gw melihat BEBERAPA MOTOR POLISI DIPARKIR di ujung jalan!!! GEMBEEEEEEEEELLLL... RUPANYA ADA JEBAKAN BETMEN!!!dzigh Pantesan sedikit sekali motor/kendaraan yg lewat jalur busway ini, rupanya emang ditutup motor polisi. 'Dodolnya' awal jalur tidak dijaga...nampaknya jebakan betmen ini emang sengaja disiapkanngakak.

Ckiiiittt...gw segera rem, lalu ngecek di sekitar motor yg diparkir itu, apa ada semak2...yaa...kali aza si pak polisi ikut2 iklan, nyamar jadi semak2...xixixix...cekikikan Setelah yakin tidak ada polisi yg jaga di sekitar situ, saatnya cari cara keluar dari jebakan betmen ini. Muter balik jelas ga mungkin...TENGSIN BOW..!!melet Selain itu, muter balik malah cuma buang2 bensin. Akhirnya gw nekad, nerobos pembatas jalur busway. Untungnya, di pembatas jalur busway itu ada celah...meski semula gw ga yakin bisa lewat, akhirnya pelan2 Red Banzai bisa lewat jugafiiuuhhhhh!. Akhirnya gw meneruskan perjalanan lewat jalur lemot...dan untungnya cuma telat 5 menit, heheh...

Belakangan gw tahu, ternyata ada motoris yg DITILANG karena terkena jebakan betmen itu. Mereka terus melaju hingga ujung jalur dan tak dinyana dan tak disangka...ada pak Polisi nongol dan menilang mereka!!! Gw ga tau persis penyamaran yg dilakukan pak polisi, sampe sukses menilang para motoris itu, kayanya pada nyamar jadi pembatas jalur busway, gwakakak..ngakak

Moral story:
- JANGAN LEWAT JALUR BUSWAY, KECUALI ADA POLISI YG MENYURUH...MESKI ADA RESIKO JEBAKAN BETMEN SUDAH DISIAPKAN...gwihihihihih...

- JANGAN TERLALU PANIK KALO NGELIAT PAK POLISI SUDAH NONGKRONG DI UJUNG JALUR. SEGERA CARI JALAN TERDEKAT UNTUK KELUAR DARI JEBAKAN BETMEN.