10/31/2006

Well...gw liat kalender, sudah di penghujung Oktober 2006, besok sudah memasuki bulan November 2006. Namun, sudah hampir 3 bulan ini Jakarta masih kering kerontang. Hujan hanya turun sesekali, tidak seperti 'seharusnya', yg sudah turun dg lebatnya, bahkan cenderung membikin banjir sejak bulan berakhiran -ber.I don't know!

Di Bandung sendiri, pas gw mudik, sempat 2-3x hujan selama seminggu. Lumayan lah, membuat udara sedikit lebih sejuk. Tapi, toh, tetep saja...Bandung mengalami hal yg sama dg Jakarta, kekeringan.

Gw rasa kemarau tahun sekarang memang cukup parah, lebih parah dari biasanya. Hal ini terbukti dari KERINGNYA SUMUR POMPA DI RUMAH GW...!!! Mungkin bukan hal yg aneh, buat sebagian orang. Tapi buat gw, ini salah satu indikasi bahwa kemarau panjang emang sedang berlangsung, karena SELAMA 18 TAHUN, SUMUR POMPA DI RUMAH GA PERNAH KERING, sekering apapun kemarau yg melanda Bandung.big grin

Namun, tentu saja bukan kemarau panjang yg gw 'salahin'.tongue Gw 'salahin' juga kondisi Bandung Utara yg kian gundul, akibat bertambahnya jumlah rumah2 + villa2 yg dibangun di daerah resapan air bagi penduduk Bandung. Ujung2nya, pemkot Bandung yg salah, memberikan ijin membangun bangunan di kawasan Bandung Utara, tanpa peduli dg masa depan kota Bandung.

Dg kondisi Bandung Utara yg ada saja, sebenarnya sudah 2 macam bahaya yg mengancam kota Bandung:
1. Di musim kemarau = sumur2 mengalami kekeringan...akibatnya banyak penduduk kota Bandung mengalami kesulitan mendapatkan air.
2. Di musim hujan = penduduk Bandung Timur (terutama daerah Dayeuhkolot ke sono) mengalami kebanjiran yg tiada akhir.

Oke, kembali ke masalah kemarau...

Kemarau panjang ini tidak saja melanda Jakarta dan Bandung. Di banyak daerah di Indonesia, kemarau ini membikin susah juga. not talkingat wits' end! Pemerintah bukannya berdiam diri. Sudah banyak bantuan pengiriman air dilakukan..namun itu tidak cukup. Yg dibutuhkan adalah HUJAN...!!! Sementara untuk membuat hujan buatan, Pemerintah menyatakan tidak sanggup, karena kondisi awan yg tidak memungkinkan sehingga ditakutkan malah buang2 duit percuma.

Kemarau panjang ini, di Kalimantan dan Sumatera mengakibatkan kebakaran hutan, dan lagi2 asap membuat penduduk setempat mengalami kesusahan dobel (kemarau + asap).

So? Bagi yg beragama Islam, tidak ada salahnya melakukan sholat minta hujan. Di samping berusaha (ikhtiar) lainnya.

*sekedar corat coret...seraya menunggu hujan turun di Jakarta yg mendung*

Posted on Tuesday, October 31, 2006 by M Fahmi Aulia

3 comments

Setelah dipikir, ditimbang, dan melihat kocek di dompet, akhirnya gw putuskan untuk berlangganan koran Tempo, untuk menghindari kesulitan mendapatkan koran Tempo. Setelah menghubungi sebuah agen koran terdekat dari kos, akhirnya sejak beberapa waktu lalu gw selalu dapat koran Tempo.dancing

Well...ternyata memang ada keuntungan langganan koran Tempo dibanding beli eceran, yaitu:
1. selalu dapat koran Tempo (ini jelas donk...!!)

2. harga relatif lebih murah. Biaya langganan Rp 49rebu. Jika 1 bulan = 30 hari, maka harga koran Tempo = Rp 1633,33. Lebih hemat Rp 366,37. Meski sebenarnya ada juga yg jual KoTe ini seceng (serebu), tapi belinya sore hari, jam 5sore. Ah, berita dah basi donk...xixixi..hee hee

3. ga perlu cape nyari2 lagi. Biasanya gw repot nyari2 KoTe di hari Minggu, sekarang tinggal nunggu datengnya aza. Jam 6 tepat, koran sudah ada di halaman kos. *Cuman, gw mikir2, kalo dah musim hujan, apakah koran bakal dilempar begitu saja? Bisa berabe kalo koran dilempar terus tiba2 hujan...big grin*

Untuk majalah Tempo, gw masih mikir2 untuk langganan... Harganya ga 'nyucuk' ama kondisi keuangan saat ini, lagian so far gw masih bisa baca gratisan, xixixi...tongue

Posted on Tuesday, October 31, 2006 by M Fahmi Aulia

6 comments

10/30/2006

Gw dapat email dari temen gw (namanya ada di bawah), isinya errr...ah, nilai sendiri deh..xixixi..tongue

=== email mulai ===
karena syarat-syarat utama menjadi sebuah band adalah sebagai berikut:
1. cakep
2. cakep
3. cakep
4. bisa main gitar
5. bisa nyanyi

maka, melalui petisi ini, kami mengajak radja, sebuah kesalahan sejarah, untuk melakukan koreksi dan membubarkan diri. hindarkan generasi muda Indonesia dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki (irreparable damage)

mari selamatkan Indonesia!

Jika Anda menyetujui petisi ini, tuliskan nama dan lokasi Anda. Sebarkanlah pesan ini untuk mendapatkan lebih banyak dukungan.
Dian Ina - Ubud

=== email selesai ===

Anda2 setuju dg Dian Ina? Silakan sebarkan artikel ini...big grin

Posted on Monday, October 30, 2006 by M Fahmi Aulia

17 comments

Pas gw sampe di kos, hari Minggu kemaren, setelah mudik di Bandung selama 1minggu, gw dapatin keadaan kamar kos gw berantakan. Siyal...di kasur banyak tahi tikus coy!! Wah...wah...wah...ada yg ngajak perang ama gw yach??whistlingcowboy

Gw search lagi di kamar gw, eh, gw temukan beberapa bungkus ind*mie sudah kosong. Di ujung2nya ada bekas gigitan tikus. Damn...kurang ajar nich tikus..!!! Korek2 tempat perbekalan makanan, halah, sebungkus makanan ringan juga sudah berpindah tempat ke dekat jendela. Nampaknya tikus2 keparat itu hendak berpesta di dekat jendela...mungkin mau ngemil seraya melihat suasana jakarta ya? xixixi...*injek2 tikus keparat*

Omong2 tentang tikus di kost-an, gw jadi inget beberapa hari sebelum gw mudik. Jadi, sebelum mudik, gw sempet ke Bandung, en pas pulang ke Jakarta, bawa makanan buat sahur + buka, berupa 2 ayam goreng. Yg 1, gw embat pas sahur...en 1 lagi gw simpen, rencananya gw makan buat buka. Eh...ternyata, pas pulang, itu ayam udah disikat ama tikus...cuma ditinggalin plastiknya doank di kolong kasur..!!at wits' end!

Hmmm...kayanya gw emang musti declare perang ama tikus, seperti yg si Byonics lakukan nich..!!!bring it on

Posted on Monday, October 30, 2006 by M Fahmi Aulia

6 comments

Hari Minggu kemaren, 29 Oktober 2006, berakhir sudah serial MotoGP untuk tahun 2006, setelah sebelumnya minggu sebelumnya, 22 Oktober 2006, F1 juga berakhir. Akhir dari kedua ajang bergengsi motor dan mobil, yg memacu adrenalin bagi yg menonton (baik langsung atau via tv), sedikit banyak menjungkir-balikkan prediksi tentang juara dari masing2 balapan.

Dari F1, gw sendiri menjagokan Schummy untuk menjadi juara kali kedelapan sebelum akhirnya menutup karirnya di F1. Namun hasilnya yaaa...rada2 mengecewakan, Schummy gagal menjadi, terutama karena gagal mencapai finish di lomba sebelumnya. Walhasil yaa...Alonso dg 'mudah' menjadi juara dunia F1 periode 2006.

Sekilas gw melihat Schummy mempunyai akhir yg sama dg Zidane, gagal menorehkan prestasi terbaik di ujung karirnya. Tapi, yaa...itulah F1, seringkali hasilnya di luar perkiraan kita.big grin

Hal yg sama juga ternyata terjadi di MotoGP. Rossi gagal menjadi juara, meskipun sempat unggul 8 poin dari Hayden. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena dia slip di putaran kelima, kali karena terlalu bernafsu pengen ngejer...karena walau mencapai pole position, ternyata Rosi tercecer di posisi 6-7 saat lomba berlangsung.

Walhasil, Hayden (sama halnya dg Alonso) cukup mudah menjadi juara dunia MotoGP 2006.big grin

Huh, di 2006 ini, semua 'jagoan' gw kalah semua, maksudnya tidak berhasil meraih puncak prestasi. Perancis gagal menjadi juara Piala Dunia 2006, disusul Schummy dan Valentino Rossi.feeling beat up Ya ya ya...mudah2an di tahun 2007 lebih seru lagi deh...big grin

Posted on Monday, October 30, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments

10/28/2006

Hahaha...sialan si Tub dan Eka...jebakan betmen gw di artikel ke-4 gagal deh...padahal gw yakin dah hampir pada kejebak tuh...*giles Tub ama Eka pake Suzuki Smash*

Well...gw memang memilih nyicil utk membeli motor, namun sebelum gw mutusin beli kredit, pilihan antara membeli kontan dan kredit (mencicil) agak bikin ruwet. HEY...GW MUSTI MEMPERHITUNGKAN DENGAN TELITI...KARENA MOTOR MERUPAKAN INVESTASI...!!! *meski emang sih, investasi yg harganya akan kian turun dari waktu ke waktu...* Justru karena motor ~ investasi yg kian berkurang nilainya, gw mesti lebih spesifik menghitung segala keuntungan&kerugian.big grin

Errrr....tak disangka, gw teringat dg pengalaman Dony (xdonie), tentang sepeda motornya (Mio), yg hilang dicuri. Dony menjelaskan bahwa dia membeli motor secara kredit, sehingga saat hilang dapat asuransi...sehingga dia dapat uang kerugian, yg dia gunakan lagi untuk membeli sepeda motor. Hmmm....menarik kan?thinking Jaminan penggantian kerugian, merupakan NILAI PLUS dari pembelian KREDIT.

Saat gw konfirmasi ke beberapa dealer sepeda motor (Suzuki), mereka menyatakan bahwa asuransi memang hanya diberikan pada tiap pembelian kredit. Sedangkan, bagi yg membeli cash (kontan), tidak ada jaminan asuransi ini. Sebagai gantinya, pihak dealer akan menyarankan pemilik motor untuk ikut asuransi.

Bah, merepotkan sekali ya?! Soalnya, bayangan gw, males banget mesti mbayar premi untuk sepeda motor. Memang, jangka waktunya bisa disesuaikan, tapi siapa yg peduli dg tetek bengek kaya gitu? Gw sih ga mau lagi ngurus kaya gitutongue.

Pertimbangan yg cukup penting sebelum memutuskan membeli mencicil (kredit) adalah PENGGUNAAN UANG KONTAN. Maksud gw, uang kontan lebih baik digunakan untuk keperluan yg mendesak, daripada dipakai untuk membeli motor. Misalnya jika ada yg sakit, atau hal2 penting lainnya. *di belakang hari, ternyata 'alasan' gw ini sangat tepat...karena pada satu ketika ternyata gw butuh duit kontan...*

So, akhirnya gw beli sepeda motor dg MENCICIL...!!big grin

berikutnya: bagaimana mencari tempat cicilan sepeda motor...tentunya di bagian 6, hehhe...big grin

Posted on Saturday, October 28, 2006 by M Fahmi Aulia

3 comments

10/27/2006

Duh, sejak Kamis pagi kemaren, suara gw ilang bow. Ga langsung ilang sih suaranya, tapi sejak Rabu sore, suara mulai parau, serak2 garing..sampe gw kesulitan untuk ngomong saking paraunya suara gw.sad Kayanya gara2 gw sempet ga makan siang, meski paginya sempet makan gratis di Rabbani.

Akhirnya hampir seharian gw berusaha istirahat, plus minum air hangat + madu. Hasilnya yaa...mayan lah, suara sudah rada pulih, tapi masih serak2 garing...dan kadang keputus2. Duh...kayanya mesti lebih banyak lagi istirahat...d'ohsleepy

Posted on Friday, October 27, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments

Well...ini adalah artikel lanjutan dari seri ke-3. Lama banget emang jarak artikel 3 ke 4, soalnya gw malah nulis artikel2 lain, jadinya kelupaan nich seri membuat SIM-nya. Maaf...maaf...xixixi...tongue

Gw terakhir ujian praktik Senin tgl 25 Juni 2006, yg berakhir dg kegagalan (lagi). Setelah itu, gw kembali sibuk dg kerjaan dan macam2 urusan, sehingga rada2 lupa untuk ngurus lagi mbikin SIM C ini. Menjelang awal Agustus 2006, gw teringat lagi dg SIM C ini. "Wah, gw musti cepet bikin SIM nich...soalnya gw dah mo punya motor nich..."demikian batin gw.

So, gw mulai lagi nerusin usaha gw untuk mbikin SIM C ini. Tgl 15 Agustus 2006, bertepatan dg cuti yg gw ambil, gw kembali ke Polwiltabes Bandung untuk nerusin ujian praktek gw yg gagal total per-akhir Juni 2006 lalu. Seperti biasa, gw tinggal stay tune di tempat ujian praktek, ketemu dg pak Tatang + pak Yusuf lagi.

Saat diminta bukti kuitansi pembayaran pendaftaran SIM, gulp...kok ilang ya tu kuitansi??d'oh Untung kata pak Tatang gw bisa ganti dg serahkan KTP. Ya sudah, untung gw bawa KTP, dan mulailah gw ujian praktek lagi.big grin

Well...di sesi pertama, gw masih kagok, masih ada 2 tiang pembatas yg gw terobos dan jatuh....tapi di sesi kedua, kondisinya lebih baik, tidak ada yg jatuh, hanya saat kelok2 (halangan ketiga) gw masih ga 'tune in', sehingga kadang ngambil jarak kejauhan. Tapi, gw nilai, secara keseluruhan gw lebih baik hasilnya deh.happy

Selesai ujian, pas kembali ke tempat duduk, lho...gw ketemu ama 'kapidulur' (sunda: dulur (saudara) jauuuh banget, tapi kapidulur yg gw maksud di sini adalah seseorang yg sudah deket dg keluarga sehingga dianggap dulur (saudara)), Dadanhappy. Ternyata dia juga hendak ujian SIM C juga...dan sudah sejak Senin 14 Agustus lalu tes praktek dan gagal (lagi). Well..ternyata ada temen gagal, xixixi..laughing

Kali ini, total yg ujian praktek berjumlah 6 orang, mayan banyak. Dari sekian peserta, ada seorang yg bener2 lihai banget ujiannya. MULUSSSS PUOOOLLL...pokoknya oke banget lah. Kapidulur gw sendiri masih ada gagalnya di beberapa tempat, jadi dia sendiri juga ga yakin lulus dg sukses.

Di akhir sesi, TERNYATA GAGAL SEMUA SODARA2...SEMUA MUSTI NGULANG LAGI TGL 16 AGUSTUS 2006. PERKEDEL...!!! Emosi gw mulai naik ke ubun2. Rasa2nya ujian praktek gw yg sekarang jauh lebih baik, nyaris tanpa kesalahan. EMANGNYA UJIAN PRAKTEK SAMA SEKALI TIDAK ADA TOLERANSI KESALAHAN YA?at wits' end!

Ternyata kekesalan ini dialami juga oleh peserta ujian praktek yg lain. Mereka mulai gelisah, terutama buat yg sudah melakukan ujian praktek beberapa kali...serta sudah menyita waktunya (cukup banyak)....yaa kaya gw ini.tongue

Kapidulur gw tampaknya jeli membaca gelagat yg terjadi. "Wah, Mi..ini kayanya polisinya pengen duit nih...masa dari sekian peserta ga ada yg lulus sama sekali?" bisiknya ke gw. Gw sendiri sudah mulai 'empet' kalo dah ngeliat gelagat polisi doyan duit. KAGAK TERPUJI SAMA SEKALI GETO LOH...feeling beat up

"Terus kumaha atuh, a' Dadan?"
"Wah, saya mah mau ikut temen aza, mbayar aza lah...pusing, soalnya besok sudah mesti survey untuk urusan sekolah..."

Gw masih bimbang, antara ikut bayar atau ujian praktek (lagi).

"Udah Mi, kalo masih ragu, ikut aza dulu, liat2 sikon.."

Ya udah, akhirnya gw ngikut mereka...ke sebuah ruangan. Melalui proses nego, akhirnya disepakati biaya lulus sebesar Rp 60rebu/org. YA ALLOH...gw langsung geleng2 kepala, melihat transaksi ini.not talking Kesal, marah, sedih, kecewa, semuanya bercampur jadi satu. Sedih dan kecewa yg mendominasi...karena bayangan gw bahwa polisi akan menjadi penegak hukum yg bersih langsung sirna seketika.crying

A' Dadan ngajak gw utk ikut transaksi ini, biar gw ga pusing2 lagi...soalnya menurut dia, gw dah wasting time untuk sesuatu yg ga jelas. Gw masih nimbang2...dan akhirnya GW IKUT DALAM TRANSAKSI HARAM ITU.devilfeeling beat up

Eh, ternyata gw menemui lagi masalah. Saat ditanya kapan gw ujian tulis, gw jawab bahwa ujian tulis gw sekitar bulan Mei 2006. Seorang petugas A (namanya gw rahasiakan) menyatakan bahwa gw sudah kadaluarsa untuk 'lulus' ujian praktek di bulan Agustus ini, karena sudah lebih dari 3bulan gagal ujian praktek. feeling beat up

TERUS TERANG, GW MARAH BANGET...!!!! EMANGNYA GW GAGAL SELAMA INI KENAPA? YAAA KARENA ANDA2 INI PAK POLISI, YG MENUNTUT KESEMPURNAAN (SESUATU YG BULL SHIT) DALAM UJIAN PRAKTEK...!!! MANA MUNGKIN ORANG MENGENDARAI MOTOR (DI JALANAN) TANPA MENURUNKAN KEDUA KAKINYA SEPANJANG PERJALANAN?

Emosi gw masih berlanjut meski ada petugas lain (B) yg mengatakan bahwa gw dibantu aza, biar cepet lulus begitu maksudnya. Tapi si petugas A masih ngotot bahwa 3bulan sudah kadaluarsa. Duh, gw cuma bisa istighfar dalam hati aza, berusaha menahan emosi gw. feeling beat up

Di sela2 adegan 'ngotot' ini, tuk...tuk...tuk...masuk seorang ibu ke ruangan, lalu menemui seorang petugas (C), nego masalah pembuatan SIM. Setelah menyerahkan sejumlah uang, si ibu disuruh keluar untuk langsung menuju ruang pemotretan. Gw kembali cuma bisa geleng2 kepala. BENER2 UUD (Ujung-Ujungnya Duit) DAN KUHP (Kasih Uang Habis Perkara).not talking

Akhirnya, gw tanya ama petugas A, gw mesti ngapain? Petugas A menjawab gw MUSTI MENDAFTAR ULANG, ALIAS KEMBALI KE POSISI NOL.d'oh

Udah deh, daripada gw makin kesel en bisa ngamuk di situ, gw keluar dari ruangan....untuk ngurus lagi semuanya dari AWAL. Gw kembali ke ruang kesehatan, minta keterangan kesehatan, beli map, fotokopi KTP, bayar lagi administrasi dan biaya2 RESMI lainnya, lalu UJIAN TEORI LAGI...SIANG ITU JUGA.

Selesai ujian teori, gw UJIAN PRAKTEK LAGI, dan kali ini gw HANYA GAGAL DI HALANGAN KETIGA, saat belok (zig zag). Selesai ujian praktek, elo2 dah tau kan hasilnya apaan? GW DISURUH LAGI NGULANG UJIAN PRAKTEK DI TGL 16 AGUSTUS 2006. BENER2 POLISI EDAN...!!!d'ohfeeling beat upphbbbbt

*bersambung ke bagian terakhir, seri 5*

Posted on Friday, October 27, 2006 by M Fahmi Aulia

1 comment

10/26/2006

Ada sedikit perubahan tampilan...
Daftar warga id-gmail gw ubah menjadi drop down combo box, biar blog tidak terlalu panjang...kasian ama yg scroll2.hee hee

Posted on Thursday, October 26, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments

Uhuk...narsis dulu ah...setelah sebulan bermotor, baik di Jakarta maupun di Bandung, gw dapati beberapa hal berikut:
Free Image Hosting at   www.ImageShack.us- odometer sudah mencapai 1000 km. Hmmm...gw mulai bermotor (di Jakarta) sekitar 21 September 2006. Foto ini dibuat tepat tgl 20 Oktober 2006. Berarti dalam kurun 30 hari, gw menempuh 950-1000 km (jarak tempuh gw saat bermotor di Bandung kurang dari 50 km, cuman sayang ga ada skrinsut). Itu artinya, dalam sehari, gw menempuh 1000/30 = 33.3333 km. Wuihhhh....gile juga ya...ga kerasa gw menempuh jarak segitu di Jakarta. Jika jarak kost-client = 11km, dan gw tempuh dalam waktu 30 menit, itu artinya sehari gw ngabisin waktu 1,5jam di jalanan.not talking

- biaya bensin yg gw keluarin selama sebulan = Rp 80rebu. Full tank motor gw = 3,5 liter. Harga 1 liter premium = Rp 4500. Berarti, gw udah ngabisin 80.000/4500 = 17.77 liter. Berarti gw sudah ngisi bensin sebanyak 17.77/3.5 ~ 5x pengisian. Hmmm...ternyata gw tiap minggu mesti ngisi bow...halah...xixixi..hee hee

- di iklan2, pihak Suzuki mengklaim bahwa 1 liter bisa digunakan pengendara motor Suzuki Revo untuk menempuh jarak sejauh 50 km, mari kita hitung utk membuktikannya. Gw habis 17.77 liter. 1000km/17.77liter = 56.275 km. Wah...ternyata benar...1 liter bisa dipakai utk 50 km LEBIH malah. SMASH REVO TERNYATA EMANG IRIT ya?? xixixixi...hee hee *cengengesan sambil nunggu panggilan dari pihak Suzuki untuk jadi duta Suzuki, xixixi...*

- tangan gw jadi kapalan. Tau kapalan kan? Itu lho, kulit terluar mengeras karena sering bergesekan dg benda keras/kasar. Kapalannya di 2 tempat, di tangan 'luar' dan tangan 'dalam', liat aza foto2 di samping ini. Yg gw heranin, gw dah pake sarung tangan, tapi kok tangan 'luar' masih kapalan ya? Hmmm...kayanya musti ganti sarung tangan dech...xixixi...laughing Sorry, kapalan bagian dalam agak ndak keliatan...tongue

Posted on Thursday, October 26, 2006 by M Fahmi Aulia

3 comments