4/30/2006

Narsis dikit ah...awal minggu ini, tepatnya 24 April ini...tepat setahun gw punya SE K500i, yg gw beli untuk menggantikan Nokia 6510 yg mendadak error dan tidak bisa digunakan karena matot (mati total). Sempet bingung juga awalnya, mesti beli hp apa...yg tidak terlalu mahal, namun cukup memadai.

Well...bukannya ga ada duit buat beli hp yg mahal...namun, gw pernah kecopetan hp pas masih di Bdg, so sejak itu gw prefer hp yg biasa2 aza... Nah, kebetulan, 2minggu sebelumnya, temen gw cerita kalo dia kecopetan O2 di metromini, so, makin yakin untuk ndak beli hape mahal :D

Beberapa hp sempat gw incer...seperti Nokia 6610i, 6230, Motorola...namun akhirnya dg menganggarkan bujet 1.75jeti, gw ambil K500i, karena kala itu dg harganya 1.65jeti fasilitas yg ditawarkan cukup banyak dibanding hape lain dg harga yg berkisar sama (eh, gw dapat diskon sehingga dapat dg harga 1.6jeti saja). :D Fasilitas2 'lebih tersebut' adanya kamera, pemutar mp3, pemutar film (.3gp), dan memori yg cukup besar (12mb). Dan setelah gw beli, ternyata bentuk SE K500i ini tidak mengecewakan..cukup enak digunakan. :)

Setahun telah berlalu...saatnya gw review produk ini. Secara fungsional dan kinerja...K500i ini cukup baik...terbukti walau pernah jatuh beberapa kali (lebih dari 5kali, beberapa diantaranya gara2 gw simpen di kantung baju), K500i masih berfungsi normal...tidak ada masalah yg berarti, bahkan kameranya masih bisa digunakan untuk jepret2 peristiwa dadakan.

Hanya saja, ada beberapa KELEMAHAN K500i yang kadang bikin gw sebel:

1. Datanya susah ditransfer ke komputer.
Untuk memindahkan data, seperti sms, gw dah cari, gada sopwer yang bisa digunakan untuk transfer. Padahal, kadang ada sms2 penting yg mesti gw save. Solusi: gw pindahin sms2nya ke Nokia 6510gw, baru transfer.

2. Transfer gambar yg SAK2DEMAK!!!
Kenapa sak? Karena gw mesti pilih satu persatu gambar/foto yg hendak gw transfer ke komputer (dg infra red). Ada fasilitas mark some files, namun pas gw mau pilih transfer, pilihan itu tidak ada. Yang ada hanya move (to other folder) atau hapus. Hanjrit...gw pernah mindahin 35 foto, satu per satu...gempor bow...!! :(

3. Tidak ada memori tambahan.
Masa cuma 12mb?? Bah..kurang banget deh..:(

4. Untuk menulis sms, kekurangannya dibandingkan Nokia, tidak bisa insert phone number.
Jadi, misalnya gw mau kirim beberapa no hape, maka gw mesti tulis dulu di kertas, baru gw ketikin di sms. Bah...Nokia jauh lebih baik...dia ada fasilitas insert phone number. Di K500i ini ada pilihan add items, tapi tidak ada insert phone number. HUH!!!

5. Jumlah notes yg terbatas.
Kenapa masih dibatasi? Mestinya gunakan saja sisa memori hp yg tersedia...toh, lumayan masih bisa dipake...

6. Penyimpanan tanggal2 penting yang buruk.
Misalnya gw set 17 Agustus sebagai HUT RI. Gw set di tahun 2006, maka pas gw pindahin tgl ke 17 Agustus 2007 tidak ada tanda khusus...!! Nokia 6510 masih lebih oke. Sekali set tanggal2 penting (terutama ulang tahun), tahun depannya akan tetap muncul, kecuali beberapa tgl2 penting yg diset selain ulang tahun (meeting, dst).

NAMUN, DARI SEMUA KELEMAHAN DI ATAS, BERIKUT INI ADALAH KELEMAHAN SE K500i YANG PALING MENJENGKELKAN.... 7. FASILITAS LOCK KEY TIDAK BERFUNGSI 100% SEMPURNA...PALING CUMA 68%!!! Kenapa begitu? Terkadang K500i gw suka kirim sms sendiri (sms blank) dan dial sendiri...terutama kalo pas gw simpen di tas pinggang...kadang2 pas gw cek, lhooo...ada sms2 kosong yg gw kirim ke satu nomor tertentu. Well...walau tidak sering terjadi, namun cukup menjengkelkan...karena kirim2 sms (kosong) jelas ngurangi pulsa donk...!! :(

Awalnya gw bingung...apa yg salah ya?? Ternyata setelah gw coba dan perhatikan dg seksama...ternyata kejadian ini bisa terjadi jika ada sms masuk dan/atau miskol. Walau tombol hp dalam keadaan locked, namun ternyata ada tombol2 yg aktif. Tombol2 ini diaktifkan dg memberi pilihan kepada kita apakah hendak melihat sms/miskol yg masuk. Nah, celakanya, jika hape ini ada di dalam tas pinggang, kadang kepencet2 gitu...nah, bisa jadi yg kepencet adalah fungsi reply (jika sms yg masuk) atau fungsi dial (jika ada miskol masuk). Kejadian yg parah terjadi kemarin...hp gw berinisiatif untuk menelpon orang selama 5 menit...gwakakaka...dan 'sialnya', yg ditelpon juga tidak ngerti...malah dibiarkan selama 5 menit, si hape gw ini ngirim info2 'tak jelas'...ahahaha...asem....habis pulsa gw dah..:D :))

Well...selain kelemahan2 di atas...SE K500i ini cukup oke kok...malah gw liat di iklan baris, harganya setelah setahun ini tidak drop terlalu jauh...bedanya 50rebu - 100rebu lebih rendah dari tahun lalu. Hmmm..nampaknya produk sukses dari SE ini...!! :)

Oya...ada SATU KELEBIHAN K500i dibanding produk mid-level lainnya. Jika kita set silent, maka pada saat memoto, tidak ada suara "JEPREETTTT..." yg kencang :p Berbeda dg produk lainnya yg serupa...K300i, K700i, K508i, ataupun K750i. Meskipun mode silent, tapi kalo dipake moto, tetap... suara "JEPREETTT...."masih cukup keras terdengar. Asik nih...bisa dipake moto 'diam2' kalo lagi di angkot, huaahahahahha..:))

Tapi, duh...kok jadi pengen ganti hape nih...:p

Posted on Sunday, April 30, 2006 by M Fahmi Aulia

9 comments

(sambungan dari Yogya Trip-1)
Setelah siangnya bersuka ria dengan jalan2, malamnya gw dateng ke acaranya Ronceh. Oya, sebelumnya gw dan Godril nganterin Devy dan adiknya, karena mereka mesti pulang malam itu diakibatkan tidak ada tiket pulang untuk hari Minggu. So, setelah nganter mereka, kami kembali ke kostnya Godril (apa ya istilahnya?? lupa...), untuk ganti baju dan bersiap menuju acara Ronceh.

Saat datang, loh...Wesley lagi tidur nyenyak banged... Berbagai cara diupayakan, namun ternyata Wesley masih sulit bangun... Namun, akhirnya bangun juga, setelah JEMPOL KAKI KANAN WESLEY DIPENCET GODRIL...!!! xixixix..:p

So, ber-4, ditambah Billy, masing2 berdua dg bersepeda motor menuju rumah Ron..eh, Fitria, untuk mengikuti upacara adat midodaren, berasal dari kata Widodari (Bidadari) --> si co pertama kali melihat si ce yang dirias secantik bidadari. Dan saat itulah dia merasa jatuh cinta pada si ce.

Namun, untuk Ronceh, kayanya ungkapan HOMOMIDAREN lebih cocok, karena di acara ini Ronceh mesti berpisah dg Godril, yang telah setia menemaninya selama ini...xixixi.. *kabuuurrrr sebelum disambit Ronceh...*

Ada sedikit 'keganjilan' pada acara midodaren ini...(calon) pengantin ce, Fitria, tampil begitu anggun, luwes, cantik, dst dst (susah ngungkapinnya...takut digebuk ama Ronceh...si pembenci militer). Kami sempat foto2 dg calon mempelai perempuan ini. Hwaduuhhh...jeng Fitria dandan, xixixix... Kalo menurut Godril, melihat Fitria dandan seperti ini termasuk dalam keajaiban alam yang belum tentu akan terulang, gyakakakak...:))

Sedikit mengherankan, calon pengantin pria-nya...masih nampak kucel...gwakakaka..:)) Emang sedikit rapi...rambut dicukur, kumis dan jenggot dipapas abis, namun kok sering cengengesan ya...?? :)) Akhirnya gw kontak beberapa petinggi kampung...diantaranya Endhoot dan pak eRTe, untuk ngobrol dg Ronceh...barangkali mau ngucapin sesuatu. Ronceh tampak bahagia malam itu...nyengir teroooossszzz...:D

Eh, saat acara midodaren ini, kok ada kodok kawin...?? APAKAH INI PERTANDA HERRY SUDAH TERLEBIH DAHULU RESMI MENJADI SUAMI ISTRI?? Berikut skrinsut Herry sedang gendong2an, gwekekekek..:)) *keliatan isengnya, kodok kawin aza dipotret...gyakakakak...*

Akhirnya acara malam itu selesai.

Keesokan paginya, gw ma Billy datang duluan ke rumah duka pengantin perempuan. Di situ akan dilaksanakan ijab kabul. Sebelum acara ijab kabul, gw foto dulu dg pengantin pria..eh, calon pengantin pria...sapa tau nasib baik jadi suami nular ke gw.. ;;) Tak lama foto ama gw...Ronceh nampak termenung...apa yg dia pikirkan saat itu? BARANGKALI SAAT ITU DIA BERPIKIR POSISI YG TEPAT...gwakakaka...*kabooorrr...*

Akhirnya, acara yg dinanti tiba...ijab kabul. Untuk menghormati privacy Ronceh-Fitria, gw pasang beberapa saja...dan tidak dikomentari....selain bahwa mereka berdua begitu tenang, khusyu' dan yakin menjalani acara ijab kabul ini. Setelah selesai ijab kabul, mereka dg 'sombongnya' memperlihatkan buku nikah masing2...:D

Ronceh dg bangganya menyalami para hadirin yg telah cukup sabar mengikuti acara ijab kabul. Senyum tak lepas dari wajah Ronceh. Cieeeee.... Bahkan, sebagai kenang2an, Ronceh minta gw ikut berfoto...ya sudah...sebagai teman yg baik, gw kabulkan keinginan Ronceh...berfoto bertiga dg Fitria...istri (sah) Ronceh :)

Selesai acara ijab kabul, dilanjutkan dengan resepsi. Cieeee....Ronceh-Fitria berpose dengan mesra sekaleeeeee....so suiiiiittttt....:D :)) Acara resepsinya dilangsungkan di sebuah tempat bernama something yg ada Sewu2nya gitu...lupa gw.. Waahh...banyak banged dosen UGM yg hadir...fyi, bapaknya Fitria adalah dosen UGM. Sempat khawatir ada Roy Suryo hadir, namun ternyata diyakinkan bahwa RS BUKAN dosen UGM yg sah untuk hadir di resepsi Ronceh...gyaakkaka..:))

Selesai seremonial, akhirnya acara bebas...alias sudah selesai... Setelah si pengantin ini makan, gw + Wesley foto2 ama sang pengantin baru...ahahhha...Ronceh emang edan!!! Posenya sangat homo sekaleee..peluk2 gw...yaiikkkss...gyaakkakak...:))

Selamat ya Ronceh...semoga menjadi keluarga sakinah ma waddah wa rahmah, aamiin... :)

Posted on Sunday, April 30, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments

4/26/2006

Kemaren sore, gw cek mail di yahoo...eh, ada nama yg 'asing' mampir di inbox, Daru D. Saat dibaca...oww... ternyata GM Affair dari Edward Forrer...

Berikut cuplikan emailnya
Kepada Yth :
Bapak Fahmi
di tempat

Selamat siang Pak Fahmi, pertama - tama saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu.
Nama saya Daru Dananjoyo, saya adalah karyawan PT Edward Forrer yang bertugas di General Affairs Departemen. Kebetulan saya membaca blogs bapak , sebelumnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya atas kritik membangun yang bapak berikan pada surat tersebut.
Intinya kami ingin kenal lebih dekat dengan Bapak dan ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada Bapak, oleh karena itu apabila Bapak berkenan kami ingin meminta no telepon agar dapat menghubungi Bapak minimal untuk tahap awal melalui komunikasi via telepon.
Demikian kiranya informasi awal dari kami atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,



Daru Dananjoyo
General Affair Manager
Wah...ternyata ada sepai yg lapor ke Edward Forrer...hehehe..tapi gw salut ama pak Daru...ngemail gw dan berniat membantu gw...SEEPPP...ADA POINT (+) DARI EDWARD FORRER..!! Responsif...meski lama amiirrrr....:p

Pak Daru, gw tunggu telponnya ya??
Asiik...kayanya bisa dapat sepatu gratis nich..xixixix..:p

Artikel tentang Edward Forrer:
- Pengelaman Buruk Beli Sepatu (Hati2 Membeli Sepatu di EF)
- Sepatu Produk EF Berkualitas RENDAH!!!

*artikel lain tentang Edward Forrer di blog ini*

Posted on Wednesday, April 26, 2006 by M Fahmi Aulia

13 comments

Kenapa gw bilang bisa serius? Karena ternyata ada yg masukin blog ini sebagai blog yg menulis lingkungan. Hwadah...ga percaya kan? Iseng2 ngecek artikel dari Tika, iseng2 gw cari nama blog ini di blog yg memuat daftar tersebut.

Habis search..ketemu artikel ini, yg membuat blog ini masuk daftar blog lingkungan...xixixi. Berada di peringkat bontot, hmmm...tidak buruk lah untuk ukuran blog 'ndagel' kaya gini...:p Setidaknya masuk peringkat...xixixi...

Aduuhh..makasih banged loohhh... :-)

Posted on Wednesday, April 26, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments

Inget lagu Rolling Stones ini..awal 70an...doh...asik boww...
Lirik dapat dari sini.

JUMPING JACK FLASH
(Jagger/Richards)

Watch it

I was born in a cross-fire hurricane

And I howled at my ma in the driving rain,
But it's all right now, in fact, it's a gas!
But it's all right. I'm Jumpin' Jack Flash,
It's a Gas! Gas! Gas!

I was raised by a toothless, bearded hag,
I was schooled with a strap right across my back,
But it's all right now, in fact, it's a gas!
But it's all right, I'm Jumpin' Jack Flash,
It's a Gas! Gas! Gas!

I was drowned, I was washed up and left for dead.
I fell down to my feet and I saw they bled.
I frowned at the crumbs of a crust of bread.
Yeah, yeah, yeah
I was crowned with a spike right thru my head.
But it's all right now, in fact, it's a gas!
But it's all right, I'm Jumpin' Jack Flash,
It's a Gas! Gas! Gas!

Jumping Jack Flash, its a gas
Jumping Jack Flash, its a gas
Jumping Jack Flash, its a gas
Jumping Jack Flash, its a gas

Posted on Wednesday, April 26, 2006 by M Fahmi Aulia

No comments

Buat para penggemar makanan, terutama makan bakmie/baso...ada satu warung/tempat makan yg u u pade kudu harus coba... Sore ini gw diajak boss makan di sebuah tempat di daerah Benhil.. Sayangnya gw lupa nama lengkapnya, yg jelas ada kata Sedap...

Nah, rumah makan ini menyediakan menu bakmi/baso sebagai menu utamanya. Sebenarnya tidak ada yg aneh, namun saat disajikan..huiiiwww....MIENYA BERWARNA HIJAU. Lalu, pas gw liat sekeliling, kayanya si pemilik agak2 'maniak' dg lidah buaya. Haiyah...pikiran gw langsung membayangkan mie ijo ini dibuat dg campuran lidah buaya. Gawat...bisa2 lidah gw ada rambutnya nich...xixixi..:p

Tapi, pas suapan pertama masuk...hoaaaa...uenaaaakkk.... :-)'
Kapan2 ke sana lagi aaahhh....

SARAN: JANGAN PAKE SAUS TOMAT. ASEEEEEEMMM BANGEEEDDD...!!!!

Posted on Wednesday, April 26, 2006 by M Fahmi Aulia

3 comments

4/25/2006

Hari Jum'at kemarin, gw donor darah lagi, untuk yg ketiga kalinya dalam hidup gw. Berbeda dg 2 kegiatan donor darah yg gw ikuti, kali ini sepiiiiii banged!! Hingga jam 10an, pihak PMI baru dapat 30an ampul (labu untuk menyimpan darah), padahal biasanya hingga jam 11-an, sudah didapat 100an ampul. Selidik punya selidik, ternyata banyak staf yg semalam begadang, sehingga pada takut kalo mereka nyumbang darah malah akan membuat mereka pusing.

Ah...lesyan kata gw:p Selidik punya selidik, gw perhatikan tgl donor...21...owww...akhirnya gw ngerti, alasan utama kenapa mereka tidak donor. BELUM GAJIAN!!! :D Jadi, jika belum gajian namun malah donor darah, jelas...tingkat kepusingan mereka akan bertambah, xixixi...:D Ah...dasar alasan yg garing!!! :D :))

Ternyata asik donor darah yg pertama...:p

Posted on Tuesday, April 25, 2006 by M Fahmi Aulia

No comments

Jawabannya: Karena enggak ada waktu untuk belajar.

Enggak percaya???
Kalau dilihat dari logika. Ini, sebenarnya bukan salah sang siswa bila ia tidak lulus ujian, belajar pun tidak sempat. Tahukah Anda, setahun itu hanya terdapat 365 hari yang kita tahu sebagai tahun akademik siswa?

Mari kita hitung hari efektif siswa belajar dalam satu tahun!

Hari Minggu; 52 hari dalam setahun, Anda pasti tahu kalau hari minggu adalah untuk istirahat.

Hari Belajar tersisa tinggal 313.
Hari Libur (Nasional maupun Internasional); tak kurang dari 13 hari Libur setahun.

Hari Belajar tersisa tinggal 300.
Liburan sekolah; Jelas semua siswa akan berlibur dan tidak akan belajar. Biasanya sekitar 2 bulan lebih, anggaplah sekitar 60 hari.

Hari Belajar tersisa tinggal 240.
TIDUR 8 Jam sehari untuk kesehatan; berarti 120 hari terpakai untuk tidur.

Hari Belajar tersisa tinggal 120.
Tentu kita beribadah? Paling tidak 1-2 jam kita beribadah, kita alokasikan 25 hari dalam setahun.

Hari Belajar tersisa tinggal 95.
BERMAIN yang juga baik untuk kesegaran dan kesehatan, paling tidak memerlukan 1 jam sehari. Terpakai lagi 15 hari.

Hari Belajar tersisa tinggal 80.
MAKAN! paling tidak selama satu hari kita habiskan 2 jam untuk makan/minum, hilang lagi 30 hari.

Hari Belajar tersisa tinggal 50.
Jangan lupakan, manusia adalah makhluk sosial, butuh berinteraksi dengan orang lain, kita ambil 1 jam per hari untuk berbicara. 15 hari terpakai lagi.

Hari Belajar tersisa tinggal 35.
Kita pun bisa sakit; paling tidak 5 hari dalam setahun, sudah cukup mewakili.

Hari Belajar tersisa tinggal 30.
Ujian itu sendiri biasanya dilaksanakan selama 2 minggu per semester, berarti, 24 hari sudah teralokasi untuk ujian. Hari belajar tersisa tinggal 6. Nonton dan jalan-jalan paling tidak 5 hari dalam setahun.

Hari Belajar tersisa tinggal 1 hari.
Satu hari yang sisa itu kan HARI ULANG TAHUN, masa' untuk belajar sih???????

Posted on Tuesday, April 25, 2006 by M Fahmi Aulia

No comments

Dapat dari Kampung...
Cek nama elo2 pade di sini.

Functional Artificial Humanoid Manufactured for Infiltration




Journeying Upgraded Neohuman Keen on Efficient Repair and Zoology

Posted on Tuesday, April 25, 2006 by M Fahmi Aulia

1 comment

4/23/2006

Pekerjaan Pendekar Photoshop, hahaha...
makasih Pendekar... :D

Posted on Sunday, April 23, 2006 by M Fahmi Aulia

3 comments

Dapat dari temen...
btw, the original is from here....thx 2 Marek :)

Recently on the way back from my holidays in Bali I took a flight from
Denpasar to Jakarta with Adam Air. I've heard about these relatively new
airlines from several friends who all mentioned that they have a brand new
aircrafts and are authorized to fly to Singapore. It sounded extremely good
especially considering the one way tickets price of Rp. 295.000,- which was
just a bit higher than offer from the cheapest "metro-mini" style
none-budget carrier Lion Air. The offer seem to be so good that base on my
experience of living in Indonesia for several years, I immediately started
thinking that this is just too good and there must be something wrong.

Anyway, I decided to try my luck and fly with Adam Air and apparently many
other passengers thought the same, as the flight was totally booked ?
Comparable to Garuda flight which had almost no passengers.

When boarding Adam Air, I immediately noticed that the Boeing 737-400
aircraft had engine cover scratched everywhere, wings were all dirty and had
broken paint in several places, door also looked very old and far from my
expectations of the brand new airplane. Nevertheless, I decided to test the
level of my fear of flying and get on the plane. Just for the record I noted
the airplane registration code PK-KKI (see Table of Adam Air as follows below).
When arrived in Jakarta I looked up the airplane code in the database
and the "brand new" aircraft that I was flying apparently had its first
flight on 10th December 1988, thus being 17 years old age aircraft, which if
compared humans, the airplane would be in its late forties. In its long life
the mentioned airplane also traveled a lot as it was previously
used by Sahara India Airlines, Sierra National Airlines and Air Belgium
(first owner), thus having pretty much interesting life as an aircraft.

Now a question arises if I had a bad lack to fly with the only old airplane
in Adam Air's fleet or actually the fleet is not as new as I've expected.

Following my curiosity I prepared a Table of Adam Air owned aircrafts
providing the age of each aircraft :

Registration Aircraft First flight date Aircraft Age
(Danger !)
PK-KKF 737-200 12-02-1980 26
PK-KKN 737-200 21-03-1980 25
PK-KKQ 737-200 16-01-1981 25
PK-KKJ 737-200 03-02-1982 24
PK-KKL 737-200 12-04-1984 21
PK-KKE 737-300 31-08-1987 18
PK-KKP 737-200 31-05-1988 17
PK-KKH 737-400 11-07-1988 17
PK-KKU 737-300 04-08-1988 17
PK-KKI 737-400 10-12-1988 17
PK-KKD 737-400 22-12-1988 17
PK-KKR 737-300 09-01-1989 17
PK-KKS 737-400 28-01-1989 17
PK-KKT 737-400 05-09-1989 16
PK-KKG 737-400 07-01-1991 15
PK-KKC 737-400 09-01-1992 14
PK-KKA 737-500 10-06-1997 08 [only 1 (one) aircraft rather safe ?]

the other aircraft above "safety" are questioned ?

Looking at that I feel I was actually lucky as the 17 years old aircraft I
had a pleasure to fly with is actually very new if compared to another
Aircraft used by Adam Air registered as PK-KKN (KKN is actually one of the
most popular acronyms in Indonesia originated from Korupsi-Kolusi-Nepotisme)
which at a current date is 25 years old.

Comparable to human age this aircraft would be in its late seventies and
probably already having one spot booked at the graveyard.

Base on the table above we can also calculate an average age of the Adam
Air's fleet, which is 18 years. Actually, there was only one airplane that
was less than 10 years old and if I'm not mistaken that must be the Adam Air
aircraft authorized to land in Singapore.

Clearly, many passengers chose Adam Air airlines thinking about the new
airplanes, when actually the fleet is full of refurbished aircrafts with
only one relatively new aircraft which is used by Adam Air marketing team to
create an image or rather mirage (khayalan belaka), of having fleet of new
aircrafts.

Maybe Adam's Air definition of "new" is somehow only for local Indonesian
definition, thus I might have wrong perspective. To verify that I compared
age of major Indonesian airlines and came up with the following statistics
of Indonesian aircraft carriers average age of the fleet :

Garuda Indonesia - Age 10.0 years
Lion Air - Age 17.3 years
Adam Air - Age 18.1 years
Awair - Age 18.8 years
Merpati - Age 21.6 years
Batavia - Age 23.4 years
Sriwijaya Air - Age 23.5 years
Mandala Airlines - Age 23.9 years
Bouraq Indonesia Airlines - Age 25.1 years

Shocking ! With 18 years old fleet of elderly aircrafts Adam Air comes on
the third position of the newest aircraft fleet in Indonesia. Garuda
Indonesia leads with 10 years old fleet.

Another great surprise is that none-budget carried Lion Air comes second
with just a little over 17 years old fleet ? that is almost half older fleet
than Garuda Indonesia.

The list is closed by Bouraq Indonesian Airlines which with 25 years old
fleet gives me an idea of a Fear Factor stunt-man "Flight with Bouraq" for
trial & error-test of flying phobia (penyakit ketakutan / gamang).

Mandala Airlines comes second from the end.

Having Mandala Airlines so low in the list reminds me about the Mandala's
Boeing 737- 200 crash on 05th September 2005 which resulted in total body
count almost 150. At the date of incident the PK-RIM aircraft was almost 24
years in service.

For comparison the Lion Air's McDonnell-Douglas MD-82 airplane that crashed
in Solo Airport on 30th November 2004 at the date of incident that resulted
in 25 fatalities was 20 years in service. At last report, it had accumulated
56,674 flight hours and 43,940 landings !
I somehow think that it's not just a coincidence that the aircraft that
crashed were at least 20 years old.

To compare that to the foreign airlines, I checked the average age of fleet
of pervious owners of the Adam Air's PK-KKI aircraft I was flying with.
Blue Panorama Airlines : Age of the fleet - 11.6 years
Sahara India Airlines : Age of the fleet - 10.5 years

Interesting, 11.6 years and 10.5 years which I think proves that both
airlines found this plane too old to operate, while Adam Air management
thinks operating 17 years old aircraft is perfectly fine ?. --> SNOBBISH ! But
FOOLISH ?

Browsing through recent newspapers I've found several articles that will be
a good conclusion for this post.

The first one comes from The Jakarta Post (dated 11th February 2006) :

An Adam Air Boeing 737-300 plane serving the Jakarta-Makassar route was
forced to make an emergency landing Saturday at the small Tambulaka Airport
in Sumba, East Nusa Tenggara, a spokesperson for Adam Air said.

The plane took off from Jakarta's Soekarno-Hatta International Airport at
6:20 a.m. with 145 passengers on board. It was scheduled to land at
Hasanuddin Airport in Makassar at 9:25 a.m. local time, Suwandi, Adam Air
supervisor for Makassar, said. There is a one hour time difference between
Jakarta and Makassar.

However, navigational problems caused pilot Tri Tuniogo to lose contact with
the destination airport, he said. The plane was later found to have landed
at Tambolaka at 9:45 a.m. local time.

"No one was hurt in the incident," Didik, Adam Air's public relations
officer for Jakarta, said, adding that the emergency landing was made due to
bad weather. "As to whether it was a storm or heavy rain that forced the
pilot to land - we remain uninformed," he said.
Ok, so there was a bad weather and airplane had to land. Nothing unusual,
right ? Until you read the follow-up published on the Valentine's day.

The Ministry of Transportation considers that Adam Air committed a serious
violation when operating a plane still required for "evidence" following a
serious incident affecting the navigation system of the plane. "That is a
serious violation and the first ever committed by an airline in
Indonesia.
The Adam Air management needs to be examined in connection with it," the
Ministry's Director General of Air Transportation, Iksan Tatang, said replying
a reporter's question here on Monday.
Adam Air's Boeing 737-300 aircraft with flight number DHI728 had made an
emergency landing at Tambolaka airstrip in West Sumba, East Nusa Tenggara,
after wandering for three hours due to a navigation system failure on its
way from Jakarta to East Nusa Tenggara with The Director General said the
plane should not have been flown pending an examination by the National
Committee of Transportation Safety (KNKT) and the Directorate of
Airworthiness Certification.

That's interesting. Previously it was a bad weather and now it is a
navigation system failure. Huh ?

I think the real story came up only because of the serious violation
committed by Adam Air.

FYI two of my friends flight with Lion Air from Manado and airplane had
serious malfunction to the extent that stewardess ordered everyone to wear a
life vest.

Fortunately flight finished without fatalities and nothing appeared in
news --> Probably thanks to the KKN acronym I've mentioned before.

You probably wonder how old was that Boeing 737-300 which got navigation
system failure
acka landed because of bad weather ? Looking at the age of
Adam Air's 737- 300 fleet, the plane must be at least 17 years in service.

That is probably 3 years too short to have this small incident resulting in
fatalities and adding another Indonesian airplane crash to the list.

Looking at the whole picture, I predict there will be at least one
Indonesian aircraft crash before the end of this year 2006
. Thus, have a
nice flight everyone !

Posted on Sunday, April 23, 2006 by M Fahmi Aulia

8 comments

Kepolisian Perancis, mobilnya Peugeot Sport, bisa melaju hingga 320km/jam.Biasanya digunakan untuk mencegat para tukang ngebut dan penjahat2 yg menggunakan kendaraan yg kencang.


Kepolisian Inggris, mobilnya Porsche...kecepatan? Jangan tanya deh...!! Bisa sampe 340km/jam! TOB!! :D Penjahat2 yg diangkut selain penjahat biasa, juga napi2 kelas kakap, seperti koruptor, politik, dsb dsb.


Kepolisian India, Jeep...bisa menempuh segala medan...!! Kecepatan tidak terlalu oke, mungkin sekitar 120km/jam, karena penduduknya padat!! :p Sapa aza yg diangkut? Lihat saja film2 Bollywood...hehehe..


Kepolisian Jepang, Mitsubishi ... dg top speed bisa mencapai 280km/jam!! Nah, kalo ini biasanya dipake buat ngangkut yakuza2...juga dipake buat ngejer yg suka drag car.


Kepolisian Jerman, Lamborghini...kecepatan cukup bersaing dg Porsche deh..:D Yaa...sekitar 300km/jam atau lebih dikit lah...Para Skinhead dikejer2 pake mobil ini.


Kepolisian Spanyol, Audi TT, max speed, sekitar 280 km/jam. Dipake ngebut buat ngejer para raja jalanan.




TOP OF THE TOP

Kepolisian Indonesia...BISA MELAJU KENCANG DI DALAM SUNGAI, BISA DIPAKE NGEJAR+NGANGKUT NARAPIDANA, BENCONG, PEDAGANG KAKI LIMA DG JUMLAH (nyaris) TAK TERBATAS...

KECEPATAN TIDAK DIUMUMKAN, UNTUK ALASAN KEAMANAN...
*xixixi....*

Posted on Sunday, April 23, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments

4/22/2006

Salah satu pemeo (dan rahasia umum) yg sudah 'diterapkan' dg baik dan benar oleh (kebanyakan) bangsa Indonesia adalah "JIKA BISA SULIT, MENGAPA DIPERMUDAH?". Pemeo ini 'dengan pas' menjadi iklan sebuah rokok...dan gw yakin bisa membuat banyak pihak terkait panas kupingnya. :p

Sebenarnya gw sendiri menganggap bahwa ini hanya terjadi di kalangan birokrat saja, masih ga percaya bahwa orang2 yg sudah mengenal internet (dg asumsi bahwa tingkat pendidikan mereka lebih baik) juga melakukan yang sama. :p

Tapi akhirnya...uhuk...gw mesti ngakui, bahwa memang banyak orang Indonesia yg lebih suka memilih jalan yg sulit, walaupun secara 'default' telah disediakan pula jalan yg lebih mudah. Penilaian gw ini berdasarkan pengalaman gw ketika menulis artikel hoax ttg anak durhaka. Sila cari di google, dg keyword "anak durhaka menjadi ikan", lalu masuk ke side A. Di artikel itu, saat awal penulisan, gw memang menulis untuk yg berminat dg file .3gp agar ngontak pemilik blog. Namun, jika diperhatikan, anda2 semua akan ngeliat bahwa isi komentar dari artikel tersebut adalah request. Jadi, REQUEST FILE DILAKUKAN DI KOMENTAR, bukan mengirimkan email untuk request tersebut. Huh...!!

Selang 4hari, gw akhirnya gw mutusin untuk nyimpen file itu di sebuah server. Request file via email gw coret, dan sebagai gantinya gw kasih link untuk download file. Apa artinya ini? Artinya GW PERMUDAH PARA PENGUNJUNG UNTUK MENDAPATKAN FILE. Mereka yg tertarik tinggal click link yg gw kasih, tunggu filenya didownload, dan akhirnya ditonton. :)

MESTINYA...MESTINYA NIH....gw ga akan diganggu lagi oleh request2 file. Liat inbox....oke... dah ga ada yg request file via email lagi. Tapi saat melihat komentar, lho...MASIH BANYAK ORANG2 YG REQUEST!!! Hwadoooohh...ini orang2 kok kebangetan ya? Padahal dah gw kasih link, masih pada request file di bagian komentar. Malah ada yg komentar bahwa gw sabar banget...memahami orang Indonesia yg lebih mengutamakan ngomong baru bertindak. Hahahha...:D Gw ngakak abis...tapi bener juga...soalnya sudah ada juga yg di komentarnya dia ikut menambahkan (menuliskan) link ke server lain, kasian ama gw kali ya...mesti balesin request2 file yg masuk...:p

'Sialnya', meski sudah dikasih link, ternyata masih ada yg request file via komentar di artikel blog. Gustiiiii......ampun dah...tobaaattttt.....ya sudah, akhirnya gw kirim email lagi...kirim email lagi...xixixix...:p

JADI, SEBENARNYA POINTNYA APA SIH?
ENGGA...CUMA PENGEN CURHAT AZA, CAPE TERNYATA NGIRIMIN FILE...hehehe...:p
*ngeloyor...*

Posted on Saturday, April 22, 2006 by M Fahmi Aulia

3 comments

4/18/2006

Koran Tempo (sepam), hari Kamis lalu, di halaman 3 menampilkan iklan kartu pra bayar yang menyajikan fitur tarif per detik. Ada bagian iklan yg membuat gw berpikir, yakni mau nelpon murah? pake kartu *s! Di bagian bawahnya disajikan tabel perbandingan tarif yang mesti dibayar antara kartu pb ini dg kartu operator lain.

Well...gw lihat ada 'kecurangan' penyajian perbandingan tarif. Gw katakan curang, karena waktu bicara yg digunakan, secara matematis, memang menguntungkan kartu pb ini. Gw ambil contoh, dia mengambil lama bicara 5 detik, 39 detik, dan 62 detik. Jelas, jika menggunakan kartu prabayar lain, maka biaya yg dikeluarkan adalah untuk 30 detik, 60 detik, dan 90 detik. Dari sini kartu pb *s jelas 'menang'.

Tapi, KITA JANGAN TERKECOH. Kita simak+oprek lagi berapa sih sebenarnya biaya yg mesti keluar? Gw ambil perbandingan dg proXL, operator yg gw pake ;-) *huss...ini bukan sepam, ini serius!!!* Dari produk XL yang ada, gw ambil sample produk Jempol, produk yang 'serupa' dengan produk *s.

Jempol XL menawarkan tarif Rp 500/60detik ~ Rp250/30detik(utk sesama XL, sebagaimana kartu *s yg tarif Rp20/detik utk sesama operatornya). Dari pembagiannya, untuk mendapatkan tarif per-detik, kita dapatkan tarif Rp 8,33/detik. JAUH LEBIH MURAH 41,67%!!! Maka bisa dibayangkan, jika kita hitung biaya percakapan 5 detik, 39 detik, dan 62 detik, pelanggan pro XL akan mengeluarkan biaya Rp 250, Rp 500, dan Rp 750. Sedangkan utk kartu *s, biaya yg dikeluarkan Rp 100, Rp 780, dan Rp 1240.

Nampak sekali terjadi 'penyesatan' dan 'pengibulan' informasi/iklan!!!

Sekarang kita bisa bayangkan, berapa tarif yg mesti dibayar untuk biaya pembicaraan 29 detik, 59 detik, dan 89 detik?? JELAS LEBIH MAHAL...!!!

Hehehe...gw melihat, operator ini menggunakan trik psikologi LAMA PEMBICARAAN, sehingga pemakai akan 'tidak mempedulikan' biaya yg mesti dia keluarkan, karena pemakai mengira dia cukup hemat.

Ah...benar2 aksi 'penipuan' dan 'pengibulan' tingkat tinggi nich...xixixi...!!!:p
*achtung: semua artikel ini dibuat dg hati nurani, tanpa ada kecondongan pada satu operator tertentu*

Posted on Tuesday, April 18, 2006 by M Fahmi Aulia

8 comments

4/17/2006

Hehehe...akhirnya gw pergi juga ke yogya, sehubungan dengan 'intimidasi' yang dilakukan Ronceh kepada gw. Dia mengancam gw kalo gw ga dateng ke nikahannya, something bad akan dia lakukan terhadap gw...*yg terakhir ini boong, sih..xixixix..* Tapi yaa..emang gw juga pengen datang ke nikahan Ronceh...gw yakin ada sesuatu yg berbeda dg resepsi nikahannya Ronceh, hehehe..:)

So, gw tanya ke kampung, sapa aza yang mau ke yogya. Ternyata hanya Wesley yang confirm, sementara yang lain ga jelas...ahh..payah kalian...ga jelas banged nentuin dateng ato ga ke yogya. Padahal utk bilang dateng ato ga, ga susah toh?? huh...!!! *tendangin warga kampung yg ga jelas*

Ya sudah, egepe...emangnya gw egepe...so, Jum'at sore gw ama Wesley barengan ke Yogya...tapi beda gerbong. Yowiss...toh, ntar ketemu juga di Yogya. Sementara itu, gw kontak bolak balik om Godril, kok ga reply...ternyata dia belum bayar tagihan, hehehe...:p *injek2 Godril* Godril cerita bahwa sudah ada 2 orang yang juga dah stay di kos-nya. Ternyata...Devyku, donlennya Jesie.

Akhirnya setelah sekian jam menunggu dg bosan, sampe juga di Yogya. Gw kontak Godril, setelah sekian saat, dia datang dengan Billy...bawa 2 motor. Mejeng duluuwww....xixixi... So, akhirnya setelah menempuh perjalanan 10 menit, sampe juga di kostnya Godril. Ternyata bener...sudah ada Devykoe dan adiknya, Dini. Potrat potret..haha hehe...akhirnya pada ngobrol ngalor ngidul...:p

Tak lama kemudian, tuan rumah menyajikan nasi gudeg. Waaahhh...uenake puooollll...dalam sekejap 1 porsi nasi gudeg telah berpindah alam...:D

Beberapa saat kemudian, oom Godril selaku tuan rumah menawarkan paket jalan2 untuk dinikmati tamunya :p Setelah rembukan beberapa saat, akhirnya para tamu request paket jalan2 Borobudur-Parang Tritis. Ya sudah ... selaku tuan rumah yang baik, oom Godril menyanggupinya...tak lama kemudian, sebuah mobil Isuzu sudah nangkring, siap membawa kita2 jalan2.

CIHUUUIIIIIIIIIIII......... :)
Karena kecapekan...gw tidur selama perjalanan...soalnya, jaraknya ga jelas...pas bangun, lho, sudah sampe borobudur?? Hehhehe..Hoaaa....lama tak ke borobudur...kereeennn...alhamdulillah, ternyata gw masih bisa menikmati keindahan ini. Ya sudah, qt ber-6 langsung mendaki dan (sok) menikmati keindahan alam ini. Tiketnya seharga Rp 9000, hmmm...murah ya? xixixi..:p

Sebelum melangkah lebih jauh, kita foto2 dulu di dekat pintu masuk. Waahhh...ternyata candi borobudur masih keren ya, walo dah lama ga liat...xixixi.. (mode kampungan)


As always...sudah menjadi trade mark gajahers, dimanapun berada suka bikin onar...demikian pula halnya di Borobudur. Foto2 dg pose2 yg menantang kembali dipertunjukkan oleh para gajaher yang hadir. Gwahahaha...kocak2 dah...:) Yang lebih kocak, gw dan Godril difoto dari 'seberang' lubang stupa. Keren juga hasilnya...kalo kata Billy, Godril seperti keturunan Syailendra dan gw keturunan SyaLELEndra, hawakakak..sialan...:D

Banyak orang yang masih penasaran untuk bisa merogoh tangan stupa yang ada di dalam arca. (sorry, gw lupa namanya) Sampe pada nonggeng2 segala. Bwahahha... Gw sih males lah..ngapain co ngeraba2 co..emangnya homo?? xixixi..:p

Karena kondisi yang kian panas...dan gw juga dah ga tahan ama panas+lapar, akhirnya sepakat untuk pada turun, pulang...melanjutkan perjalanan. Busyeedddd....ternyata untuk pulang, repotnya bukan main. Repotnya, kita tidak bisa langsung menuju tempat parkir mobil, tapi mesti melalui 'LABIRIN' (istilahnya Godril sih MAZE) pedagang. Jadi kita akan 'diajak' keliling melewati kios2 para pedagang, yang jumlahnya bujubune banyaknya...kalo gw ga salah hitung, sekitar 4-5 blok kios pedagang yg mesti kita lalui. Banyak barang2 (bagus) yang ditawarkan...namun, kalo ngikuti rikuwes para pedagang, dijamin, duit sebanyak apapun ga cukup...JEBOL TUH DOMPET, gyakakaka...:D

Keadaan candi Borobudur cukup memprihatinkan, karena banyak candi yg kondisinya tidak lengkap lagi. Banyak candi yg kepalanya hilang. Gw sempat ambil beberapa skrinsut dari candi2 yg rusak tersebut. Sayang sekali, peninggalan nenek moyang, yang nilainya begitu tinggi, rusak karena ulah tangan2 jahil. Untunglah ada beberapa pekerja yang ditugaskan untuk melakukan restorasi, meski hasilnya (gw yakin) tidak sebagus dan seindah aslinya. Tapi setidaknya cukup mayan dah :)

Setelah break sejenak, kita rembukan lagi...kemana tujuan pariwisata berikutnya. Seperti yg telah direncanakan, Parangtritis adalah tujuan berikutnya. Namun, Billy usul, gimana kalo ke Merapi saja? Soalnya, kalo ke Parangtritis, kita akan ketemu lagi dg 'panas'...apa ga tambah teler panas2an terus? Well..make sense juga, so akhirnya qt putuskan untuk pergi ke Merapi. Emang sih, sempat dengar berita bahwa status Merapi ditingkatkan menjadi SIAGA, namun, ehm...ehm...kami2 BUKANLAH CIKEN...xixixi..:p Endhoot juga sempet manas2in dg smsnya. Hahaha...sirik tuh, gara2 ga diajak ke Merapi, xixixi..:p

Dan seperti sebelumnya, gw tidur sepanjang perjalanan ke Merapi dan bangun setelah tiba, xixixi...

Waaaahhh...Merapi kereeeeennn bangeeddddd....:) Walo statusnya siaga, karena aktivitasnya sedang 'naik', tapi syukurlah, pas kami datang, suasananya sedang adem. So...kami bisa menikmati pemandangan yang cukup indah serta suasana yang sejuuuukkk...:)

Bener kata Billy, emang asikan datang ke Merapi. Waaahh...hawa sejuknya bikin ngantuk:p Tapi, jangan salah, sejuk2 gini, banyak pasangan yg lagi indehoy...beberapa sempat salah fokus oleh Billy, xixixi...:D Setelah 'disalah fokus', kemudian kami2 beramai-ramai ribut di dekat situ, so,akhirnya mereka2 pada pindah :D Enak aza..emangnya itu bangku kalian, sampe dimonopoli kaya gitu? KAMI-KAMI JUGA BAYAR LHOO...GA GRATISAN...!!! xixixi..

Ternyata, tidak mudah melihat puncak Merapi. Banyak awan yang menutupi...sehingga musti bersabar beberapa saat untuk bisa melihat puncak Merapi. Tapi, ternyata setelah awan bergerak, puncak masih ditutupi awan2 putih. Kalo menurut Wesley dan Godril, nampaknya nenek Lampir sedang latihan...gyakakakak..:)) Untuk bisa melihat dengan jelas, ada beberapa anak yang menawarkan sewa teropong...namun, gw sempat lihat ada teropong seperti di Boscha, ada di situ. Saat didekati, ternyata mesti menggunakan koin khusus...tidak bisa sembarang uang logam/koin bisa digunakan. Dan ternyata, sudah ada anak2 yg standby nawarin koin. Tapi, males ah...puncaknya masih ketutup awan...akhirnya semua tidak terlalu minat melihat puncak Merapi.

Bosen dg ketidakjelasaan ini, akhirnya qt2 pada bpose dan bfoto lagi. Bah...kali ini malah posenya seperti boysband. :))

Oya...posenya Wesley sempat membuat qt berpikir bahwa kita berada di Brazil, seperti di gunung ... apa ya?? Pokoknya yang ada gunung dg patung Yesus di atasnya itu lho...xixixi..:D

Sebelum pulang, kita poto2 lagi...hehehe..:)) *tendangin orang2 yg ikut2 foto...klean curi2 kesempatan foto bareng orang2 terkenal ya? huh...!!!* :p

Setelah itu, perjalanan masih dilanjutkan ke Dagadu, tempat penjualan kaos yang cukup terkenal di Yogya. Hmmm...lihat kiri kanan, pegang kiri kanan...hmmm...ga ada kaos warnah merah yang oke...malas beli :p

Oya, dalam perjalanan ke Dagadu, sodara Wesley sudah teler berat...sampe tidur dg posisi sudah ndak jelas...xixixi...

Selesai dari Dagadu, kita anterin Devy+Dini beli oleh2...bakpia. Sorry, ga ada skrinsut, hehehe..:p

Malamnya...bujubune...KULIT GW GOSONG BOWWW....!!gyakakakak...:))
*Yogya Trip sesi 1, berakhir*




Berikut foto2 lainnya






Miniatur2 yg dijual di sekitar Borobudur






Para pekerja yg memperbaiki candi Borobudur...dan lokasi kerja mereka, yang hanya ditutupi selembar penutup

Posted on Monday, April 17, 2006 by M Fahmi Aulia

2 comments