Bermula dari sms 'sepam' dari IA ITB Jakarta, yg mengajak gw untuk menghadiri halal bi halal serta diskusi (obrolan) mengenai Nasionalisme Indonesia oleh Prof MT Zen dan Prof Syafii Maarif. Hmmm...Kamis ya? Lokasinya di Dephub...hmmm...tidak terlalu jauh dari client gw di daerah Thamrin, so gw putuskan untuk datang. Sebelumnya, gw kontak Wify, ngasi tau, kalo2 saja doski pengen ikut datang.

Ternyata Wify berniat datang juga, so, kami ketemuan dulu di jl Sabang. Selesai makan soto mie, karena dah lapar banget, kami berdua berangkat ke lokasi halal bi halal.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usSaat tiba, gw celingukan...hmm....halah...yg datang angkatan2 jadul kabeh bow. Sekelabatan gw liat angkatan 80-an yg mendominasi ruang tempat berkumpulnya para alumni ITB. Ah, egepe...pede aza lagi....so, gw ama Wify masuk.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usKetemu temen gw, ngobrol en haha hehe, nanya kabar masing2. Tak lama gw ngobrol ama temen gw, datanglah para sesepuh ITB. Dimulai dari pak MT Zen, diikuti menteri perhubungan Hatta Radjasa, lalu gw liat pak Syafii Maarif juga masuk. Terus ada Umar Juoro, Sudjiwo Tedjo....wah wah wah...bener2 banyak alumni 'berkelas' yg hadir nih.
Free Image Hosting at www.ImageShack.us
Free Image Hosting at www.ImageShack.usSetelah itu, acara makan malam...drooling Selesai makan, barulah acara dimulai. Bang MC (sorry, gw ga tau namanya...xixixi...tongue) membawa acara ini, lalu diikuti dg sambutan dari bung HR selaku host.


Free Image Hosting at www.ImageShack.usSebelum acara diskusi dimulai, ada hiburan dari band alumni ITB. Lagu2nya sih asik2, slow...cuman gw ga ngerti itu lagu apaan...xixixi..feeling beat up

Free Image Hosting at www.ImageShack.us Dalam paparannya, pak MT Zen menjelaskan apa itu nasionalisme, lalu mengapa nasionalisme itu penting, bla bla bla. Setelah sekitar 40 menit - 1 jam menyampaikan materi, beliau digantikan oleh 'buya' Syafii Maarif. Beliau menyampaikan kepemimpinan serta perjalanan nasionalisme, bla bla bla. *rangkuman isi diskusi mungkin akan gw muat kapan2...kalo inget, xixixi...*

Free Image Hosting at www.ImageShack.usSelesai membawakan materi, dilakukan tanya jawab. Setidaknya ada 5 penanya, dari Informatika 81, Sipil 87, Geodesi 87, lalu 2 terakhir gw lagi ga fokus, jadi ga tau dari jur apa dan angkatan berapa. *isi pertanyaan ini gw muat di artikel 'kapan2' deh...xixixi...*

Hmmm....menarik sekali ternyata mbahas ttg nasionalisme, di saat kita sudah bekerja (kenal dg 'dunia nyata'). Menariknya, hal2 'bullshit' seperti itu ternyata (setidaknya buat gw) meningkatkan motivasi serta membangkitkan keinginan untuk (lebih) berguna bagi masyarakat sekitar. Terlebih lagi, materi dibawakan oleh pak MT Zen dan pak Syafii dg 'ringan' namun tidak melupakan esensinya.

Sayangnya, saat presentasi dilakukan, BANYAK ALUMNI ITB YG BIKIN ACARA SENDIRI DI BELAKANG. Mereka ngobrol, ketaw2, berusaha 'mengalahkan' suara para pembawa materi di depan. AH, TIDAK HERAN BANYAK ORANG TIDAK SIMPATIK DG ALUMNI ITB, KARENA MEREKA TIDAK BISA MENGHARGAI ORANG YG SEDANG BICARA. Gw yakin, jika mereka sedang bicara, pasti mereka ingin didengarkan. AH, KASIAN KALIAN, PARA ALUMNI ITB YG TIDAK BERETIKA....TIDAK BISA MENGHARGAI ORANG BERBICARA...not talkingshame on you

Jam 10 malam, acara selesai...pulang dah....cape bow...xixixi..hee hee