r*baru dapat infonya...harap maklum...*

Jumat, 15 Desember 2006
Sudirman-Thamrin Bebas Sepeda Motor

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera melakukan rapat khusus dengan Dewan Transportasi Kota, Polda Metro Jaya, para pakar transportasi dan elemen-elemen masyarakat untuk membahas rencana menjadi Jalan Sudirman-Thamrin bebas sepeda motor.

"Kita rencanakan untuk membebaskan Jalan Sudirman-Thamrin dari sepeda motor untuk menekan angka kemacetan yang tinggi di jalan itu. Program itu jadi bagian dari Pola Transportasi Makro yang komprehensif," ujar Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso usai menutup final Piala Emas Bang Yos di Stadion Lebakbulus Jakarta Selatan, Jumat (15/12) malam.

Gubernur yang akrab disapa Bang Yos itu menjelaskan, jalan protokol seperti Sudirman-Thamrin memang seharusnya bebas dari sepeda motor. Ia mencontohkan, jalan-jalan protokol yang ada di kota-kota besar dunia seperti Shanghai maupun Beijing, tidak pernah dilalui sepeda motor.

"Biasanya jalan protokol itu dilalui kendaraan pribadi dan angkutan massal. Jadi memang dimungkinkan untuk adanya larangan sepeda motor melintas di Jalan Sudirman-Thamrin," kata Bang Yos.

Meski begitu, lanjut Bang Yos, pelarangan sepeda motor itu masih dalam perencanaan yang sedang disosialisasikan dengan instansi terkait. Pihaknya, papar Bang Yos, tidak akan tergesa-gesa untuk mewujudkan rencana tersebut.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terlebih dahulu akan menyiapkan infrastruktur. Terutama penyiapan angkutan massal yang memadai sesuai dengan Pola Transportasi Makro yang sudah disiapkan.

"Sebenarnya bukan hanya sepeda motor saja sasaran kita. Kalau kita sudah optimal dengan Pola Transportasi Makro yang menyediakan sarana angkutan massal yang nyaman, kemungkinan besar juga akan mengurangi minat warga untuk menggunakan kendaraan pribadi pada hari-hari kantor," katanya. Pembahasan soal rencana membebaskan jalan protokol itu dari sepeda motor kemungkinan besar dilakukan minggu depan. "Secepatnya kita akan membahas itu," tandas Bang Yos.

http://www.bangyos.com/id_berita-isi.php?cid=1&id=526