Free Image Hosting at www.ImageShack.usBeberapa hari lalu, Wify menyerahkan sebuah buku, berjudul "MESTAKUNG - Rahasia Sukses Juara Dunia Olimpiade Fisika", karangan Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Hmmm...semula gw ga terlalu tertarik..karena meski gw lulusan Fisika, cuman sekarang gw berkecimpung di dunia IT. Jadi...cuma diliat sekilas...tongue *sorry, fotonya agak2 burem...untuk bisa melihat lebih jelas, beli saja bukunya ya? hihihi..*

Tapi akhirnya gw jadi penasaran juga pengen baca...so, akhirnya gw pinjem tu buku dari Wify. Hmm...ga pake lama, sekitar 2jam, gw selesai baca tu buku. big grin

Ternyata jika kita telaah secara menyeluruh, buku itu berguna juga buat kalangan non Fisika. Memang lebih dari 68% isi buku itu berkaitan dengan dunia Fisika, namun esensi2 yg ada sebenarnya bersifat umum, cenderung ke arah membangkitkan motivasi dan semangat tidak mudah menyerah. Istilah Mestakung ternyata berasal dari kata seMESTA menduKUNG.

Sebagai contoh, gw kutip beberapa di antaranya:
1. Manusia mempunyai POTENSI YG SANGAT BESAR, namun seringkali tidak menyadarinya. Potensi yg besar ini seringkali muncul di SAAT KRITIS, dan senantiasa MENYELAMATKAN DIRINYA DARI KONDISI YG MENGANCAM.

2. Mestakung membutuhkan kesabaran dan waktu. Dengan kata lain, KEBERHASILAN TIDAK BERSIFAT INSTAN/SEKETIKA.

3. Jangan mudah menyerah dan jangan mudah tergoda untuk mengambil jalan pintas (lihat poin 2).

Dan masih lagi kalimat2 bersifat motivasi lainnya.smug

Well...buku ini masih tidak sempurna...masih ada kesalahan cetak, seperti pada halaman 67, tertulis "Tahun 1994, Bung Karno, bla bla bla..." Masa Bung Karno hidup tahun 1994? Mestinya 1944 tuh...big grin

Di penghujung buku, terdapat cerita pak Yohanes mengenai sambutan yg diterima peserta + perwakilan Indonesia di acara TOFI 2006 lalu. Gw pernah muat cerita ini, silakan baca lagi di sini. *kredit diberikan ke Jack Sumpit, untuk koreksinya*

So, tidak ada salahnya beli buku ini, selain untuk menambah wawasan mengenai sepak terjang tim TOFI, kalimat2 motivasinya LEBIH REAL dibandingkan dengan kalimat2 'bersayap' para pengecer MLM.laughingfeeling beat up