Sejak hari Jum'at lalu, kampung id gmail disemarakkan dengan gerakan stop komentar di blog seleb. Gerakan (ga penting, menurut gw) ini diikuti dengan gerakan menghapus link (tautan) blog seleb yg ada (ini nich provokatornya).oh go on

Gerakan ini kian dikukuhkan dengan dibuatnya beberapa 'banner' untuk mendukung dan menyebarkan semangat 'anti komentar di blog seleb' ini. Selain banner, beberapa blog warga juga ikut menyemarakkan gerakan ini...kecuali blog ini.whistling *untuk melihat banner dan pendukung aksi ini, bisa click di sini...*

Gw sendiri tidak mendukung dan cenderung kagak peduli dengan gerakan/aksi ini. Pertama, gw bukan seleb, jadi otomatis blog ini bukan blog seleb. Kedua, gw merasa blog ini tidak termasuk blog seleb...soalnya ada yg mendefinisikan blog seleb = blog yg banyak komentarnya (baca definisi blog seleb versi Jay). Sementara, kalo ente2 pada liat di blog ini, komentarnya ga banyak2 amat...masih berkutat di sekitaran (max) 10 komentar, kecuali untuk artikel2 yg lagi 'rame' dan bikin heboh. Ketiga, salah satu alasan munculnya aksi ini adalah karena ada yg kecewa karena dia komentar di blog orang (seleb, katanya), tapi si seleb tidak berkunjung balik ke blognya dan berkomentar di sana.

Untuk alasan ketiga ini, gw terus terang rada2 geli dan ngakak, meski (berusaha) bisa mengerti juga... Duh, butuh dikomentar...penting gitu??oh go on

Ya ya ya...mestinya kita liat lagi APA SIH ALASAN KITA BIKIN BLOG? CUMAN PENGEN DIKOMENTARI? ATAU MEMANG BERNIAT MENULISKAN APA YG ADA DI PIKIRAN KITA? ATAU EMANG CUMA NARSIS DOANK? ATAU BARANGKALI EMANG CUMA IKUT2AN, KARENA (KATANYA) BLOG LAGI NGETREND?I don't know!

Kalo gw sendiri, alasan gw bikin blog B ini, yaaa...seperti tag-nya...nulis kegiatan sehari-hari gw (meski ga semua gw tulis seeeh...). Selain itu, untuk ajang corat coret kalo lagi ga ada kerjaan di client..gw bisa nulis sesuatu....belum lagi untuk nulis opini terhadap satu peristiwa yg sedang hangat (kecuali yg menjurus ke ghibah...xixixi..). Lalu, dengan blog ini gw bisa ngasi tau orang2 yg berkunjung ke sini tentang info2 yg gw dapat....dan gw usahain ga basbang, xixixi...hee hee

Jadi, buat gw, KOMENTAR BUKAN HAL PENTING...!!! Memang, bagi beberapa orang, komentar dibutuhkan agar mereka jadi kian semangat untuk nulis. Tapi buat gw, yg lebih penting adalah ETIKA BERKOMENTAR itu sendiri. Kalo untuk urusan penting, komennya yaaa sebaiknya seserius dan senyambung mungkin dg artikel tersebut. Kalo untuk urusan orang celaka (tabrakan, sakit, atau musibah) yaaa...komentarnya 'sebaiknya' berisi simpati dan empati..kecuali emang orang yg 'sakit', dia malah ngetawain orang yg terkena musibah...silly

Kecuali kita emang bener2 akrab dg pemilik blog, yaaa...MUNGKIN diantara kita yg ngasih komen 'ngasal'...tapi apakah pemilik blog itu merasa akrab juga dg penulis komen? Jangan2 pemilik blognya malah merasa si penulis komen SKSD pula...whistling

Gw sendiri, kalo blog walking ke temen2 yg tautannya ada di gw, ga selalu nulis/ninggalin komen. Alasannya, yaaa...seperti gw tulis di atas...gw berusaha untuk LEBIH BERETIKA DALAM BERKOMENTAR. Selain itu, adakalanya gw melihat suatu artikel sebagai info saja...bukan sesuatu yg 'mesti' dikomentari. Jadi, buat para tamu yg berkunjung ke blog ini, jangan kuatir....gw suka berkunjung juga ke blog anda2 semua kok...meski ga bisa sering dan ga selalu berkomentar...tapi minimal seminggu sekali, gw sempatin untuk blog walking ke blog2 anda...big grin

Terakhir, hal yg (menurut gw paradoks) adalah MENGHILANGKAN LINK/TAUTAN SELEB BLOG. Paradoks karena, kalo misalnya gw seleb blog yg jarang komentar ke blog si fulan...lalu si fulan ngehapus link/tautan ke blog gw...padahal tautan blog si fulan masih ada di blog gw...maka si fulan ini 'lebih kaco' dari gw. Lah yg 'dipermasalahkan' adalah komentar...kok tautan/link jadi korban penghapusan?

So....BENER2 AKSI/GERAKAN GA PENTING DEH NEEEEEKKKKK....!!!whistlingshame on you
PADA PAKE AAN NI YEEEEE........!!!