Sekitar 2 hari lalu, gw beli aqua di sebuah koperasi. Harganya 'miring' banget, yakni cuma Rp 1300. Semula gw pikir aqua sedang 'banting' harga, kok bisa sampe jualan semurah itu...soalnya di beberapa tempat (pedagang kaki 5), harga aqua malah sekarang sudah naek, dari semula Rp 2000 menjadi Rp 2500.

Gw minum, hmmm...'rasa' airnya sih sama aza dg air aqua 'asli' lainnya. So, gw pikir aqua yg gw beli itu 'asli' hingga ada temen gw yg datang membawa botol aqua juga. Sekelabat gw lihat, botol aqua yg gw beli sedikit berbeda bentuknya dg yg dibeli temen gw.

Berikut ini perbedaan yg berhasil gw 'tangkap':
Free Image Hosting at   www.ImageShack.us1. Tinggi botol. Botol aqua yg gw beli sedikit lebih tinggi dari punya temen gw. (gambar-01)
2. Botol aqua yg gw beli lebih tipis dibandingkan dg punya temen gw. Ini gw buktikan dg sedikit menekan ujung botol (di dekat tutup botol). Terasa sekali botol aqua 'palsu' lebih ringkih...dan lebih mudah berubah bentuk (meski saat dilepas dia kembali lagi ke bentuk semula). (yg ini ga ada skrinsutnya, sorry)
Free Image Hosting at   www.ImageShack.usFree Image Hosting at   www.ImageShack.us3. Tutup botol berbeda. Tutup botol yg 2500 (kanan) mempunyai garis2 vertikal yg lebih tebal dan lebih sedikit..sedangkan yg 1300 (kiri) garis2 vertikalnya lebih tipis dan lebih banyak.
Free Image Hosting at   www.ImageShack.us4. Bentuk label yg dipasang di bagian tengah botol juga berbeda. Bentuk label 1300 (kanan) 'berukir' mengikuti permukaan botolnya, sementara yg 2500 (kiri) di bagian tengahnya rata.

Well...setidaknya ada 4 perbedaan dari 2 botol aqua yg gw temui. Perbedaan yg paling mencolok adalah sumber mata airnya. Yg 1300 mengambil Mata Air Cipondoh, Subang sebagai sumber mata air untuk penjualan produk. Sedangkan yg 2500 mengambil mata air dari Gunung Salak, Bogor. Untuk perbedaan sumber mata air, gw maklum, karena jelas, perusahaan air minum tidak bisa mengandalkan 1 mata air untuk memenuhi kebutuhan produksinya.

Jadi, dengan adanya 4 perbedaan kemasan aqua, apakah:
1. Ada 2 jenis produksi aqua? Katakanlah, aqua 'mahal' dan aqua 'ekonomis'. Jika memang ada penggolongan aqua seperti ini, apa maksud dari Danone, selaku produsen aqua?thinking
2. Apakah ada 'friksi' di dalam aqua antar pabrik? Apakah memang boleh masing2 pabrik menjual dg kemasan dan harga yg berbeda?thinking
3. Ada sabotase dari pesaing aqua?thinking
4. ... (auk ah...puyeng... gw sebenarnya lagi sibuk kerja...lagi mentok kerjaan, nulis ginian..malah ikut mentok juga...xixixi..silly)

ps: sorry kalo fotonya ga jelas, gw pake kamera di hape, jadinya yaa...seadanya aza deh..tongue