Judulnya mungkin sedikit berbau Inggris, tapi harap dimaklum ya?

Hari Jum'at lalu, juru bicara (jubir) Presiden SBY, yakni Andi Malarangeng, bersepeda dari rumah menuju kantornya. Dia bersama sekitar 100 orang anggota B2W (Bike to Work), bersepeda bersama. Jarak yg ditempuh, lebih kurang 30km.

Dalam tayangan sebuah televisi swasta, terlihat bung Andi begitu (mudah2an) menikmati perjalanan, meski gw melihat ada 'keganjilan' dalam perjalanan bersepeda bung Andi, yakni MASUK KE JALUR CEPAT (terutama yg terlihat di sepanjang jalan Kuningan, kalo gw ga salah)!!!d'oh

Hmmm...terus terang, gw ga pernah tau kalo sepeda diperbolehkan 'ngeloyor' di jalur cepat, padahal selama ini, di sepanjang jl Kuningan, sepeda motor tidak boleh masuk ke jalur cepat (kecuali untuk mutar).

Ok...ok...kita lupakan sejenak masalah jalur...kita kembali ke bung Andi.big grin

Di ujung berita, bung Andi diwawancarai reporter televisi swasta. Salah satu pernyataannya yg menarik adalah komentarnya tentang sepeda. Lebih kurangnya, beliau berkata,"Wah, ternyata sepeda masih belum dianggap. Kami masih harus sering zig zag, lewat trotoar, bla bla bla...."

Halah, bung Andi, anda baru nyadar toh bahwa selama ini sepeda diabaikan?? Kemana aza anda selama ini??tongue

So, setelah anda tahu bahwa keberadaan sepeda selama ini tidak menguntungkan, apa tindakan anda? Gw sih berharap anda (melalui pak SBY tentunya, selaku pemilik kebijakan tertnggi) bisa memberikan masukan2 yg berguna, seperti:
1. Penggalakan penghijauan di Jakarta. Alih2 penghijauan, pemda DKI malah menebangi pohon sepanjang Thamrin-Sudirman.d'oh
2. Sosialisasi dan PEMBERIAN CONTOH (yg bukan trend sesaat™) oleh para pejabat. Hal ini mungkin perlu dilakukan, karena biasanya bawahan akan lebih gampang nurut jika pejabat di atasnya memberikan contoh.
3. Membenahi transportasi di Jakarta. Selama sumber polutan masih tinggi, orang2 mungkin akan berpikir ratusan bahkan ribuan kali untuk bersepeda, karena bakal ngisep asap item pekat.

Jadi, bung Andi....gw tunggu lho langkah anda berikutnya...happy
*ps: mungkin bung Andi bisa nyontoh temen gw, Arie RZ, yg demen ber-b2w...sayangnya masih ga langsing2...xixixi..*