Gw mudik ke Bandung hari Sabtu tgl 21 Oktober lalu, pake motor. Well...selain menjajal motor baru, gw pengen merasakan sensasi mudik yg berbeda, yg biasanya kalo ga pake mobil (tebengan, xixixi...hee hee) yaa pake kereta atau travel. So, gw + Wify merencanakan matang2 persiapan mudik sebagai motoris.

Hmmm...yg pertama musti disiapin adalah PERLENGKAPAN OBAT-OBATAN. Beberapa obat2an ringan gw bawa, seperti minyak kayu putih, obat anti masuk angin, lalu bet*dine, dan sejenisnya. TIDAK PERLU BANYAK, tapi cukup BAWA YG PENTING2 SAJA.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usSelanjutnya yg mesti dibawa adalah yaaa...perlengkapan mudik. Gw sendiri pake pelindung angin, lalu pake sweater, dan terakhir pake jaket. Tebel ya? Ember...tapi setidaknya gw mendingan mencegah kalo ada apa2 (terutama masuk angin). Sedikit aneh emang ber-tebal-tebal-ria, soalnya badan jadi sedikit sulit bergerak.big grin

Semula gw mau join konvoi mudik motor yg dipandu polisi. Selama seminggu terakhir ini, gw sering banget liat di email2 di inbox, adanya pengumuman bahwa polisi akan mengawal, bla bla bla. Poskonya, di email tertulis di monas. Sayangnya, ga ada keterangan lain tentang konvoi ini. Meski gitu, gw nekad ke monas, biar asik kalo barengan.big grin

Sesampainya di monas, sekitar jam 8.15an (gw berangkat dari kost jam 8.00 teng, en karena jalanan lancar banget, gw bisa ngebut sampe 80an di jalan, jadi jangan heran gw bisa sampe ke monas dalam waktu 15 menit, padahal kalo normal, gw sampe sekitar 30 menit) gw+Wify celingukan, nyari kelompok konvoi mudik. Tapi kok ga ada gelagat penampakan para kelompok konvoi itu ya?thinking

Free Image Hosting at www.ImageShack.usAh, akhirnya gw putusin untuk mudik sendirian aza deh...daripada puyeng2 nyari. So, akhirnya kembali balik arah, menuju selatan. Sebelumnya, gw isi bensin full...habis 15rebu. Gw lirik odometer, 010134. Ok, gw mo cek aza berapa jarak Jkt-Bdg. Jalanan di Kuningan sepi banget...sayangnya skrinsutnya ga cukup memadai. Tapi yaa mayan deh..

Baca doa, dan wusszzz...mulailah gw+Wify mudik ke Bandung. Dari info yg gw dapat, jalur yg disarankan melalui Mampang - Ciputat - Parung - Bogor - Puncak - Cianjur - Bandung. Hmmm...oke deh, gw coba ikuti jalur itu.

Begitu same Ciputat...alamaaakkk...jalannya amburadul banget. Ternyata pasar Ciputat masih buka. Kepaksa sedikit 'jaipongan' untuk menghindari senggolan dg angkot2 yg beroperasi seenaknya.tongue Belum lagi jalannya yg cukup rusak, bikin duduk menjadi tidak nyaman. Pantat jadi agak panas euy...whew!tongue

Oya, gw nemu kampungnya si Ardho, kampung Pamulang...wakakak...nama kok bawa2 kampung, Ardho Pamulang. Bah...xixixi...bener2 nama yg kampungan (harfiah banget deh...xixixi..)hee hee *tendang Ardho* Beli beberapa perlengkapan tambahan, seperti minuman dan cemilan ringan. Eh, gw kan jadi musafir, jadi ga mesti puasa toh?? big grin

Keluar dari Ciputat, saat menuju Parung, lho...gw kok melihat papan petunjuk Depok. Halah...kalo tau gitu, mendingan gw lewat Depok...selain lebih deket dari kost, kondisi jalannya juga lebih mendingan dari Ciputat. Ok...Ciputat langsung gw coret dari jalur mudik.tongue

Jalan menuju Bogor cukup lama juga...berhenti sejenak di jalan, liat2 sikon. Hmmm...kayanya ga banyak yg mudik pake motor di hari Sabtu ini. Mungkin udah pada mudik kemaren2 kali ya? Terutama yg tujuannya jauh, kaya di Jawa Tengah atau Jawa Timur, gw yakin dah mudik (pake motor) beberapa hari sebelumnya.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usLanjutin perjalanan, sampe di Bogor. Pas lewat IPB, mejeng sejenak di depan kampus IPB, ITB cabang Bogor...xixixi... Lupa ga buka tutup helm...big grin Untuk sampe di Bogor, kalo gw ga salah hitung, butuh hampir 2,5jam dari Jakarta (pake motor tentunya). Gw sendiri ga tau, apakah 2,5 jam itu waktu tempuh yg normal, atau karena sepi...gw sendiri lebih yakin karena kondisi jalan yg sepi, maka bisa nempuh jarak 2,5 jam.tongue

Selepas Bogor, gw tancap gas terus, ga berhenti2 lagi. Wah, ternyata bermotor jauh itu asyik ya? Bukan masalah bisa ngebut, karena gw bawa motornya berkisar di 60-80 km/jam, tapi karena bisa ngerasain 'angin perjalanan'-nya itu lho.cool

Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usSekitar jam 11an, gw dah masuk ke daerah Puncak. Wah, lagi ada yg maen paralayang, so ambil skrinsutnya. Jepret...jepret... Halah, kok jadi pengen nyobain ya...terbang2 kaya gitu, di daerah puncak, kayanya asik juga. Kebayang betapa segar+dingin angin yg kerasa...hiiiihh...asiikk...hypnotized

Beberapa skrinsut juga gw ambil, foto ttg daerah (desa) di Puncak. Hmm...nampaknya menyenangkan juga ya tinggal di daerah Puncak...mungkin sama ademnya dg Bandung tempo doeloe. Bandung sekarang mah panasnya amit2 banget lah..tongue
Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us





Saat lewat Cianjur, mampir sejenak, beli oleh2. Kue moci, tauco ama beberapa gorengan keripik. Halah, makin banyak bawaan deh...repot banget ngatur2 barang di motor. Untung ga terlalu berat, jadinya motor tetep stabil. Oya, HATI2 BELI KUE MOCI DI CIANJUR...ISINYA (KUE MOCI) KECIL2 BANGET...!!! 1 KUE MOCI CUMA SEUKURAN 3KACANG POLONG.not talking Sayangnya gw ga sempet skrinsut tuh kue moci, keburu pada ludes, xixixi...tonguehee hee Pantesan, pedagangnya berani banting harga banget...dari semula 20rebu (untuk 3 kantong) menjadi 10rebu...ternyata isinya memang bukan moci 'beneran'.not talking

Ternyata ada jalan di Cianjur yg wokeh banged dah. Lurus, mulus, dan sepi....gw bisa dg santai memacu motor di kisaran 80 km/jam dg stabil. Tapi, mendadak...WUUSSZZZZZZ....gw merasakan tiupan angin yg cukup kencang datang dari sebelah kanan gw. Lirik spion, sebuah bus MGI datang dari sebelah kanan dan sudah tepat di belakang gw. Belum sempat gw mikir banyak, itu bus sudah ada di samping gw. ANGINNYA BOWWW....KENCENG BANGEEDDDD....!!! Motor gw kena efeknya, 'tertiup' angin dari bus, sampe masuk ke bahu jalan di sebelah kiri!!! Untunglah, walau bahu jalannya penuh dg kerikil dan pasir, gw masih tetap tenang, jadinya ga sampe ngejogrok masuk sawah.laughingbig grin

Satu lagi pelajaran yg bisa gw ambil dari perjalanan mudik ini: HATI2 TERHADAP BUS YG LEWAT!!! ANGINNYA BISA JADI CUKUP KENCANG UNTUK BIKIN MOTOR 'TERLEMPAR' DARI JALANAN...!!!big grin

'Kasus' berkendara lainnya adalah, banyaknya mobil2 dari arah berlawanan (menuju Cianjur), yg SERINGKALI menyusul namun TERLALU BANYAK MENGAMBIL JALAN. Di suatu tempat, sebuah Suzuki APV dg plat nomor E xxxx YY (dirahasiakan) mengambil jalan terlalu banyak saat nyusul. Akibatnya gw yg sedang di pinggir jalan sampai mesti lebih meminggirkan motor. Saat mendekat...saking keselnya, gw kirim 'oleh2' ke sopir APV itu, ACUNGAN JARI TENGAH!!!laughing Sehubungan gw ga puasa, jadinya ga mengurangi pahala puasa gw.big grintongue

Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us Jam 1.30 siang, akhirnya sampe juga di daerah Cipatat, beberapa kilometer sebelum masuk Bandung. Di sana ada banyak gunung kapur yg sudah banyak digerus. Skrinsutnya lupa gw simpen di mana nich...jadi kalo pengen tau, yaa..silakan aza ke Cipatat deh. Istirahat sejenak di saung2 pinggir jalan, tapi ga lama, soalnya saung2nya kotor...penuh debu.

Akhirnya sampe rumah tepat jam 14.00 WIB. So, Bdg-Jkt pake motor 6 jam PAS! Pas gw liat odometer...tertera angka 012034. Lah, berarti total jarak tempuh 012034-010134 = 190 km PAS juga...halah, kok semuanya serba pas ya? Heheheh...egepe ah...laughing Oya, bensin habisnya sekitar 3 liter...walhasil, 190/3 = 63.333 km/liter, lebih hemat dari itungan gw kemaren ternyata, hehehe...money eyes