Well...gw liat kalender, sudah di penghujung Oktober 2006, besok sudah memasuki bulan November 2006. Namun, sudah hampir 3 bulan ini Jakarta masih kering kerontang. Hujan hanya turun sesekali, tidak seperti 'seharusnya', yg sudah turun dg lebatnya, bahkan cenderung membikin banjir sejak bulan berakhiran -ber.I don't know!

Di Bandung sendiri, pas gw mudik, sempat 2-3x hujan selama seminggu. Lumayan lah, membuat udara sedikit lebih sejuk. Tapi, toh, tetep saja...Bandung mengalami hal yg sama dg Jakarta, kekeringan.

Gw rasa kemarau tahun sekarang memang cukup parah, lebih parah dari biasanya. Hal ini terbukti dari KERINGNYA SUMUR POMPA DI RUMAH GW...!!! Mungkin bukan hal yg aneh, buat sebagian orang. Tapi buat gw, ini salah satu indikasi bahwa kemarau panjang emang sedang berlangsung, karena SELAMA 18 TAHUN, SUMUR POMPA DI RUMAH GA PERNAH KERING, sekering apapun kemarau yg melanda Bandung.big grin

Namun, tentu saja bukan kemarau panjang yg gw 'salahin'.tongue Gw 'salahin' juga kondisi Bandung Utara yg kian gundul, akibat bertambahnya jumlah rumah2 + villa2 yg dibangun di daerah resapan air bagi penduduk Bandung. Ujung2nya, pemkot Bandung yg salah, memberikan ijin membangun bangunan di kawasan Bandung Utara, tanpa peduli dg masa depan kota Bandung.

Dg kondisi Bandung Utara yg ada saja, sebenarnya sudah 2 macam bahaya yg mengancam kota Bandung:
1. Di musim kemarau = sumur2 mengalami kekeringan...akibatnya banyak penduduk kota Bandung mengalami kesulitan mendapatkan air.
2. Di musim hujan = penduduk Bandung Timur (terutama daerah Dayeuhkolot ke sono) mengalami kebanjiran yg tiada akhir.

Oke, kembali ke masalah kemarau...

Kemarau panjang ini tidak saja melanda Jakarta dan Bandung. Di banyak daerah di Indonesia, kemarau ini membikin susah juga. not talkingat wits' end! Pemerintah bukannya berdiam diri. Sudah banyak bantuan pengiriman air dilakukan..namun itu tidak cukup. Yg dibutuhkan adalah HUJAN...!!! Sementara untuk membuat hujan buatan, Pemerintah menyatakan tidak sanggup, karena kondisi awan yg tidak memungkinkan sehingga ditakutkan malah buang2 duit percuma.

Kemarau panjang ini, di Kalimantan dan Sumatera mengakibatkan kebakaran hutan, dan lagi2 asap membuat penduduk setempat mengalami kesusahan dobel (kemarau + asap).

So? Bagi yg beragama Islam, tidak ada salahnya melakukan sholat minta hujan. Di samping berusaha (ikhtiar) lainnya.

*sekedar corat coret...seraya menunggu hujan turun di Jakarta yg mendung*