Hahaha...sialan si Tub dan Eka...jebakan betmen gw di artikel ke-4 gagal deh...padahal gw yakin dah hampir pada kejebak tuh...*giles Tub ama Eka pake Suzuki Smash*

Well...gw memang memilih nyicil utk membeli motor, namun sebelum gw mutusin beli kredit, pilihan antara membeli kontan dan kredit (mencicil) agak bikin ruwet. HEY...GW MUSTI MEMPERHITUNGKAN DENGAN TELITI...KARENA MOTOR MERUPAKAN INVESTASI...!!! *meski emang sih, investasi yg harganya akan kian turun dari waktu ke waktu...* Justru karena motor ~ investasi yg kian berkurang nilainya, gw mesti lebih spesifik menghitung segala keuntungan&kerugian.big grin

Errrr....tak disangka, gw teringat dg pengalaman Dony (xdonie), tentang sepeda motornya (Mio), yg hilang dicuri. Dony menjelaskan bahwa dia membeli motor secara kredit, sehingga saat hilang dapat asuransi...sehingga dia dapat uang kerugian, yg dia gunakan lagi untuk membeli sepeda motor. Hmmm....menarik kan?thinking Jaminan penggantian kerugian, merupakan NILAI PLUS dari pembelian KREDIT.

Saat gw konfirmasi ke beberapa dealer sepeda motor (Suzuki), mereka menyatakan bahwa asuransi memang hanya diberikan pada tiap pembelian kredit. Sedangkan, bagi yg membeli cash (kontan), tidak ada jaminan asuransi ini. Sebagai gantinya, pihak dealer akan menyarankan pemilik motor untuk ikut asuransi.

Bah, merepotkan sekali ya?! Soalnya, bayangan gw, males banget mesti mbayar premi untuk sepeda motor. Memang, jangka waktunya bisa disesuaikan, tapi siapa yg peduli dg tetek bengek kaya gitu? Gw sih ga mau lagi ngurus kaya gitutongue.

Pertimbangan yg cukup penting sebelum memutuskan membeli mencicil (kredit) adalah PENGGUNAAN UANG KONTAN. Maksud gw, uang kontan lebih baik digunakan untuk keperluan yg mendesak, daripada dipakai untuk membeli motor. Misalnya jika ada yg sakit, atau hal2 penting lainnya. *di belakang hari, ternyata 'alasan' gw ini sangat tepat...karena pada satu ketika ternyata gw butuh duit kontan...*

So, akhirnya gw beli sepeda motor dg MENCICIL...!!big grin

berikutnya: bagaimana mencari tempat cicilan sepeda motor...tentunya di bagian 6, hehhe...big grin