Hmmm...pernah dengar konro kan? Hah, masa belum pernah tahu sih?tongue Konro itu adalah masakan khas Makassar, tepatnya masakan khas Sulawesi Selatan. Silakan cek di sini untuk lebih lengkapnya.

Nah, bagi yg tinggal di Jakarta, mungkin pernah makan konro di Daeng Tata, daerah Tebet. Gw pernah tulis ttg konro di DT di beberapa artikel. Diantaranya di sini, kemudian di sini, lalu saat kopdar warga id-gmail. Puasa2 gini emang enak kan mbahas makanan? xixixi...*siap2 ditonjok*feeling beat uphee hee

Lalu, apa hubungannya dg judul di atas?

Oww....judul di atas itu maksudnya konro Daeng Tata vs konro Daeng Rena Rate. Rena Rate? Rena Rate who? Emangnya ada Daeng Rena Rate? Ada di mana? Berapa duit??

Sabar...sabar...gw jelasin dulu...

Jadi begini, hari Rabu lalu, Deni, tukang kiridit di id-gmail, tugas ke Jakarta. Dia ngontak gw, ngajak kopdar, disertai pesan untuk menghubungi warga2 lain. Gw masih di sunter pas nerima pesan Deni ini. So, gw kontak warga lain untuk nyebarin berita ini.

Gw tanya Deni, lokasinya di mana. Dari sms yg masuk, dia bilang ada di daerah Senen, Atrium. Hmmm...warung makan di deket2 situ apa yg enak ya? Ah, gw inget, di jl Sabang ada rumah makan Makassar. Ya sudah, gw 'request' Deni untuk ketemuan di sana.

Sesampainya di kantor, gw segera beritahu warga lain yg sedang online. Segera setelah buka puasa en sholat magrib, gw segera menuju jl Sabang. Hmmm...tidak terlalu lama perjalanan dari Benhil-Sabang, meski gw sempat muter2 di Bunderan HI.

Setelah sampai di jl Sabang, gw segera ke rumah makan Makassar. Sekilas gw baca nama rumah makannya DAENG RENA RATE. Hmmm....gw pernah diberitahu teman, konronya 'saingan' dg konro Daeng Tata...nah, ini saat yg tepat untuk mengujinya, apakah emang konronya emang enak??drooling

Ketemu Deni dan his partners (adiknya? + teman kerjanya). Ngobrol sana sini, ternyata mereka sudah menyikat beberapa porsi makanan + minuman. Duh, lupa skrinsut, jadi ga ada bukti deh.tongue

Tak lama, gw pesen konro bakar. Seraya menunggu konro bakarnya datang (YG TERNYATA LAMA BANGET NUNGGUNYA...JAUH LEBIH LAMA DARIPADA PESAN DI DAENG TATA), gw ngobrol ngalor ngidul dg Deni, termasuk tes penerimaan di Pertamina.

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya datang juga konro bakar pesanan gw. Hmmm...sekilas, tampilan konronya DR memang menjanjikan jika dibandingkan dg tampilan konro DT.drooling Foto di sebelah kanan adalah konro DR, sedangkan di kiri adalah konro DT. Ngiler ga seehhh?? xixixi...drooling

Pertama-tama, gw cicipi kuahnya. Hmmm...uhuk...uhuk...kok aneh ya? Tidak seperti kuah konro di Daeng Tata. Memang, dari segi tampilan, kuah konro DT tidak menjanjikan...tapi, ternyata dari segi rasa, KUAH KONRO di DT LEBIH MANTAP, REMPAH-REMPAHNYA TERASA SEKALI DI LIDAH.love struck

Ok...ternyata skor 1-0 untuk DT. Hmmm....kita beralih ke dagingnya. Gw lihat daging konro DR sudah 'terlepas' dari tulangnya yg segede gaban itu.laughing Jadi, MUSTINYA, dagingnya lebih mudah untuk disantap. Perlahan-lahan gw tusukkan garpu ke daging konro DR. Nyesssss....KENYAL+EMPUK BANGET!!! Wah, mantap nich...!!! Kayanya mudah untuk disantap!!! Ndak nunggu lama, gw langsung ambil pisau dan gw iris tuh daging. DAGING KONRO DR BENAR2 KENYAL+EMPUK SERTA MUDAH DIPOTONG!!!

Setelah dapat 1 irisan, gw serta merta memakan daging konro itu. NYAAMMMMM....WAH, UENAAAKKK BUANGEETTTTT...!!! Benar2 TOP DAGINGNYA...!!!Gilee...gw sampe ngiler saking enaknya nich daging...!!! drooling Ga mau nunggu lama, gw segera potong lagi daging konronya, lalu santapp...!! UENAKEEEEEE BOWWW...!!! Skor 1-1!!

Seraya makan, gw sempetin ngobrol...tapi, meski ngobrol, lidah gw masih konsen dg daging konro ini. Yap yap yap...mantapski...!! Hmmm...coba ambil bumbu daging konronya...!! Gw campur daging konro dg bumbunya yg warna coklat. Santappp....!! Uhuk...uhuk...KOK JADI ANEH RASANYA??confused Barusan daging konronya terasa enak, tapi kok sekarang jadi aneh?

Tata's RibsSegera gw ambil bumbu konronya doank....lalu gw cobain. HALAH...!!! TERNYATA BUMBU KONRO-NYA INI KURANG ENAK...!!! Bah....2-1 untuk konro DT. Sebagai gambaran....bumbu konro DR ternyata rasanya SEDIKIT ASAM...setidaknya yg lidah gw yg 'bicara'. Sementara untuk bumbu konro DT, meski warnanya lebih 'hitam', tapi ok...karena rempah2nya cukup terasa.drooling (foto kanan adalah konro DT)

Akhirnya makan diakhiri dg menyantap potongan terakhir daging konro DR. Nyam...nyam.... dagingnya emang tob dah...!!! Benar2 membangkitkan selera untuk makan, makan dan makan terus dagingnya....drooling

Terima kasih untuk Deni untuk jamuan makannya...semoga kali lain tidak kapok ya?? xixixix...hee hee

MORAL STORY:
- mesen konro bakar di DR itu LAMA tongue
- kuah daging konro lebih enak di Daeng Tata, hal yg sama untuk bumbu daging konro, lebih oke di DT
- untuk dagingnya, gw boleh beri nilai plus untuk daging konro di DR, karena lebih kenyal dan empuk, serta tidak repot 'mencopot' daging dari tulangnya

So, daging konro DR bisa dijadikan alternatif untuk menu buka puasa, lho...xixixi...tongue